ADVERTISEMENT

10 Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula Tanpa Modal

Adelaide Wreta - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 04:45 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 25:  In this photo illustration the Social networking site Facebook is displayed on a laptop screen on March 25, 2009 in London, England. The British government has made proposals which would force Social networking websites such as Facebook to pass on details of users, friends and contacts to help fight terrorism.  (Photo by Dan Kitwood/Getty Images)
Foto: Gettyimages - Dan Kitwood
Jakarta -

Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer digunakan sejak dulu. Meski secara umum hanya dikenal sebagai media sosial, Facebook dapat dimanfaatkan untuk berjualan secara online.

Penjualan barang secara online tentunya lebih menguntungkan daripada memiliki toko fisik karena tidak perlu memiliki modal untuk penyewaan toko atau gedung. Ingin mengetahui cara berjualan di Facebook tanpa modal? Yuk, baca artikel berikut ini!

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula yang Efektif

Ada 10 cara atau langkah dalam berjualan secara online di Facebook. Langkah-langkah ini mudah diterapkan oleh pemula sekalipun dan efektif dalam mendorong penjualan barang.

Berikut caranya menurut nichepursuits.com:

1. Login Akun

Login atau masuklah ke akun Facebook yang telah anda buat. Jika belum pernah mendaftar, Anda dapat mendaftarkannya terlebih dahulu.

2. Buka Marketplace

Cara selanjutnya adalah buka Marketplace Facebook. Jika Anda menggunakan Facebook versi browser, Anda akan menemukan Marketplace pada menu bagian kiri layar Anda. Sementara itu, pengguna aplikasi dapat mencari simbol tiga garis di sudut kanan atas layar. Dari sana, Anda akan melihat simbol Marketplace.

Setelah menemukan Marketplace, klik tombol "Create new listing" untuk membuat daftar baru terkait barang yang ingin dijual.

3. Buat List (Daftar)

Selanjutnya, Anda dapat membuat daftar barang yang akan dijual. Untuk memulai, pilihlah kategori untuk listing Anda. Semakin spesifik, semakin besar kemungkinan calon pelanggan akan menemukan postingan Anda.

Selain itu, saat membuat daftar barang, Anda dapat memberikan judul, harga, deskripsi, dan jumlah ketersediaan barang Anda.

Pastikan judul yang dibuat menyatakan dengan jelas apa yang dijual. Selain itu, gunakan deskripsi untuk mengklarifikasi apa pun yang diperlukan tentang item tersebut. Anda juga bisa dapat mencantumkan kondisi barang yang dijual, misalnya kondisi baru atau bekas.

Berikut adalah tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar barang jualan di Facebook:

  • Pertimbangkan jumlah permintaan untuk suatu produk.
  • Pasang harga yang wajar.
  • Sertakan kata kunci dalam judul dan deskripsi produk.

4. Upload Foto yang Berkualitas

Orang cenderung menjadi pembeli yang memperhatikan visual. Jika barang yang dijual terlihat bagus, mereka akan membayangkan produk tersebut terlihat bagus di rumah mereka. Oleh karena itu, foto berkualitas tinggi sangat membantu dalam menarik perhatian pembeli untuk membelinya.

Ambil foto dari semua sudut untuk memamerkan barang yang ingin Anda jual. Untuk barang-barang mahal seperti furnitur baiknya perlu dipertimbangkan lebih baik dari segi pementasannya agar dapat menunjukkan potensinya.

Jika barang yang dijual telah digunakan sebelumnya, sertakan sejumlah foto dari setiap potensi kerusakan, misalnya noda atau tanda tertentu, untuk menghindari kebingungan dari pihak konsumen. Pastikan produk yang difoto sesuai dengan fisik aslinya.

5. Tulis Deskripsi

Menyertakan deskripsi terkait produk yang dijual dapat membantu dan mengamankan proses penjualan. Deskripsi adalah tempat yang baik untuk memasukkan seluruh informasi yang relevan terkait suatu barang, seperti dimensi barang yang dijual, warna, detail tentang merek atau produsen, dan catatan apa pun tentang kondisi produk. Pastikan deskripsi produk dibuat sejujurnya untuk menghindari masalah dengan pembeli.

6. Gunakan Tags

Memasukkan kata kunci ke dalam judul dan deskripsi produk yang dijual akan mendorong SEO untuk membuat publikasi Anda lebih mudah ditemukan orang-orang yang mencari istilah relevan. Namun, Anda tidak akan bisa memasukkan semua kata kunci yang berkaitan dengan barang Anda di judul saja. Di sinilah tags berperan besar.

Tambahkan berbagai tag yang relevan agar memungkinkan publikasi ataupun marketplace Anda ditemukan oleh banyak orang.

7. Publikasikan List

Setelah puas dengan daftar barang yang dibuat, Anda akan memiliki opsi untuk mempublikasikan daftar tersebut ke berbagai grup Facebook yang relevan. Grup jual beli adalah bagian dari Facebook sebelum akhirnya diluncurkan Marketplace pada tahun 2016.

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penjualan barang. Semakin banyak grup yang dijadikan tempat publikasi, semakin besar pula potensi untuk menarik pembeli.

Setelah menyeleksi grup yang ingin digunakan untuk memublikasikan daftar barang jualan, Anda dapat menekan Publish untuk memublikasikan daftar tersebut.

8. Cepat dalam Merespons

Jika Anda menggunakan business page Facebook, Anda dapat menggunakan respons otomatis untuk setiap pembeli yang memberi pesan. Namun, jika hanya menjual dengan cara biasa, Anda harus memastikan notifikasi agar terus hidup agar dapat merespons calon konsumen dengan cepat.

Umumnya, pembeli yang lama menerima respons akan beralih ke penjual lain sehingga keterlambatan dalam merespons dapat merugikan diri.

Periksa Permintaan Pesan serta kotak masuk Anda. Facebook akan memasukkan pengirim pesan di luar jaringan pertemanan ke kotak masuk yang berbeda untuk menghindari spam.

Sayangnya, hal inilah yang menyebabkan banyak pertanyaan dari calon konsumen tidak terlihat.

9. Menerima Negosiasi

Lakukan riset dan tetapkan harga yang realistis untuk produk yang dijual. Anda dapat memperhatikan daerah sekitar terkait penjualan barang serupa dan membandingkannya dengan harga yang Anda pasang.

Namun, pada saat bersamaan, Anda perlu berpikiran terbuka dan menerima negosiasi dari pihak konsumen. Perhatikan kembali apakah negosiasi yang diberikan pada Anda bersifat merugikan atau masih dalam batas wajar, bukan semata-mata menerima seluruh negosiasi yang diberikan calon konsumen.

10. Menyediakan Pengantaran Lokal

Salah satu cara yang mendorong penjualan dengan cepat adalah menyediakan pengiriman lokal ke berbagai daerah. Jika Anda memiliki mobil atau cara untuk mengangkut barang yang anda jual, barang Anda mungkin lebih menarik bagi calon konsumen yang ada di sekitar Anda.

Sementara itu, pengiriman ekspedisi yang berlaku untuk banyak daerah juga mampu menarik perhatian calon konsumen lebih luas daripada penjual yang hanya menerima sistem pick-up.

Keuntungan Jualan di Facebook

1. Profil Publik dan Rating Penjual/Pembeli

Ketika menyelesaikan transaksi, baik sebagai pembeli atau penjual, Anda akan menerima rating atau feedback dari orang lain yang terlibat dalam penjualan. Rating ini kemudian dapat dilihat orang lain dan berpotensi menarik perhatian orang lain untuk bertransaksi atau justru beralih ke orang lain.

Rating sama dengan kepercayaan antara pembeli dan penjual. Hal inilah yang meyakinkan seseorang untuk bertransaksi atau tidak.

2. Alat Pemasaran yang Terintegrasi

Membuat page shop di Facebook memberikan Anda akses ke sejumlah alat yang membantu pemasaran produk Anda secara otomatis, seperti balasan otomatis untuk pertanyaan (chatbot) dan mengurangi kemungkinan adanya pembeli potensial yang terlewat. Alat pemasaran ini termasuk iklan Facebook yang dapat mendorong penjualan produk Anda.

3. Interaksi Real-Time

Ketika calon pembeli tertarik dengan barang jualan Anda, mereka dapat mengirim pertanyaan melalui Facebook messenger. Aplikasi pesan instan ini mengizinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara real-time sehingga mampu membangun kepercayaan pembeli terhadap Anda dan produk yang dijual.

4. Gratis

Keuntungan keempat dalam melakukan penjualan di Facebook adalah sistemnya yang gratis. Facebook mengizinkan Anda untuk mempublikasikan banyak barang yang ingin dijual di Marketplace secara gratis tanpa batas, kecuali jika ingin memasang iklan.

Itulah 10 cara untuk berjualan secara online di Facebook yang mudah dilakukan pemula. Cara-cara ini tidak memerlukan modal untuk sewa toko atau bangunan fisik karena penggunaan Facebook bersifat gratis.

Untuk mendorong penjualan, Anda dapat memublikasikan daftar barang di berbagai grup jualan dan Marketplace, menggunakan foto yang berkualitas tinggi, hingga rajin merespons dan mengecek pesan yang dikirimkan calon pembeli.



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT