ADVERTISEMENT

10 Cara Dapatkan Uang di Instagram Tanpa Modal untuk Pemula

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 06:00 WIB
Ilustrasi merdeka finansial
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Mengutip hootsuite.com, CEO Meta Mark Zuckerberg yang membawa Instagram pun bertekad membuat platform ini menjadi platform terbaik untuk berbagai hal, termasuk mencari uang.

Tidak heran jika kemudian banyak orang mengandalkan Instagram untuk berbisnis atau mencari nafkah, termasuk pelaku usaha pemula. Instagram sendiri kini menjadi aplikasi kedua yang paling banyak diunduh, nomor 7 yang paling sering dikunjungi, dan nomor 4 yang paling sering digunakan. Bayangkan berapa banyak calon konsumen yang mungkin kita dapatkan melalui media sosial ini saja.

Sebagai gambaran dari hootsuite.com, influencer kelas menengah di Instagram bisa mendapatkan rata-rata USD 2.970 atau setara Rp 44 juta per bulan. Sementara influencer kecil memperoleh setengahnya.

Agar semakin sukses dalam membangun bisnis lewat Instagram, ada sederet tips dan cara mendapatkan uang di aplikasi tersebut tanpa modal banyak.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap bagaimana caranya dan apa keuntungannya promosi serta berbisnis melalui Instagram. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Uang di Instagram

Dilansir situs hootsuite.com, berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan baik sebagai kreator maupun pebisnis agar bisa mendapatkan uang di Instagram.

1. Manfaatkan Instagram Shop

Mark Zuckerberg sudah menyampaikan agar Instagram bisa menjadi sarana pengguna mencari uang. Karena itu, Instagram menyediakan fitur Instagram Shop yang bisa kamu gunakan untuk berjualan secara langsung.

Sifatnya seperti online marketplace pada umumnya, tapi dengan tampilan foto-foto yang lebih jelas dan estetik khas Instagram. Kamu bisa memanfaatkan Instagram Shop ini untuk menjual produk-produkmu.

2. Promosikan Penawaran Spesial

Jangan lupa promosikan produkmu dengan penawaran spesial melalui Instagram. Karena merupakan media sosial, promosi melalui Instagram akan lebih mudah menjangkau banyak audiens sekaligus. Pengguna bisa memberikan tag kepada teman-temannya untuk melihat penawaran spesial yang kita promosikan di akun Instagram usaha kita.

3. Pasang Penghitung Waktu Mundur untuk Launching

Saat hendak meluncurkan atau launching produk baru, berikan efek excitement kepada pengguna dengan mengaktifkan penghitung waktu mundur atau countdown pada Instagram. Sudah tersedia, lho.

Kita tinggal mengatur kapan waktu peluncuran, kemudian bagikan ke postingan atau story. Pengguna yang melihat postingan atau story tersebut bisa mengeklik 'Ingatkan Saya' supaya mereka mendapat notifikasi ketika peluncuran dimulai.

4. Jadwalkan Unggahan Instagram

Salah satu faktor yang mendukung promosi usaha di Instagram adalah waktu postingan yang rutin. Nah, untuk menjaga agar postingan tetap konsisten, kita bisa mengaktifkan jadwal unggahan Instagram. Jadi kita tidak harus standby selama 24/7 di aplikasi itu, tetapi postingan promosi produk kita tetap terunggah sesuai waktu yang diinginkan.

5. Aktifkan Chatbot atau Chat Otomatis

Instagram juga telah dilengkapi fitur chatbot atau mesin pembalas chat otomatis. Ini sangat berguna untuk bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu media komunikasi dengan pelanggan atau customer.

Kita bisa memasang chatbot supaya setiap ada warganet yang mengirim pesan ke kita, ada pesan otomatis yang muncul sehingga pengguna Instagram tidak perlu menunggu terlalu lama balasan dari kita.

6. Kerja Sama antara Pebisnis dan Kreator

Di Instagram ada pebisnis, ada kreator. Pebisnis adalah pihak yang memiliki produk yang dipromosikan dalam Instagram, sedangkan kreator adalah pebisnis yang produknya adalah konten itu sendiri.

Jika ingin mendapatkan keuntungan, pebisnis maupun kreator bisa saling bekerja sama. Pebisnis bisa meminta tolong kreator untuk turut mempromosikan produk mereka, sementara kreator bisa mendapatkan bahan konten dari produk yang ditawarkan pebisnis.

7. Mengikuti Program Afiliasi

Kerja sama di atas juga bisa dilakukan dalam program afiliasi atau kemitraan. Jadi kreator bergabung dalam program afiliasi dengan pebisnis atau perusahaan, di mana kreator harus menghubungkan diri dengan produk atau pengalaman yang ditawarkan pebisnis tersebut.

Keuntungannya, jika pembelian dilakukan pengguna Instagram melalui kita sebagai kreator, maka kita juga mendapat tambahan penghasilan.

8. Aktifkan Live Badges

Live Badges adalah fitur yang disediakan Instagram yang memungkinkan kreator atau influencer Instagram mendapatkan penghasilan langsung dari aplikasi selama siaran live. Penonton live bisa memberikan lencana sebagai bentuk dukungan yang bisa diuangkan oleh kreator atau influencer.

9. Hubungkan dengan Website atau Blog

Perusahaan biasanya memiliki website khusus atau blog berisi informasi tentang produk yang ditawarkan. Sambungkan link tersebut dengan akun Instagram perusahaan atau brand supaya pengguna yang mampir ke akun kita bisa diarahkan ke website tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Hal ini bisa mendorong peningkatan penjualan.

10. Promosikan Merchandise

Hal lain yang bisa dipromosikan melalui Instagram adalah merchandise. Ini biasanya dilakukan oleh kreator yang memang produk utamanya adalah konten video. Selain konten video, mereka juga membuat merchandise untuk mendukung bisnis mereka dan menambah pemasukan. Instagram dapat dimanfaatkan sebagai media mempromosikan merchandise tersebut.

Apa Keuntungan Promosi di Instagram?

Setelah mengetahui berbagai cara mendapatkan uang melalui Instagram tanpa modal banyak di atas, sekarang kita membahas keuntungan promosi di Instagram. Salah satu keuntungannya adalah, kita tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk berpromosi di Instagram.

Berikut sederet keuntungan lainnya, dilansir situs nealschaffer.com.

1. Komunitas yang Terus Berkembang

Jumlah pengguna Instagram saat ini sudah mencapai miliaran dan diperkirakan akan terus berkembang. Komunitas yang masih terus berkembang ini membuka kesempatan lebih lebar bagi usaha kita untuk bertumbuh dan sukses.

2. Terkoneksi dengan Media Sosial Lain

Instagram merupakan salah satu medsos di bawah Meta, yang juga punya Facebook dan WhatsApp. Ekosistem media sosial ini menguntungkan bagi pelaku bisnis karena bisa dengan mudah terhubung dengan konsumen di berbagai platform. Jika kita sudah memiliki basis yang kuat di Facebook, misalnya, maka tidak sulit mengembangkan promosi bisnis di Instagram.

3. Engagement Rate yang Lebih Tinggi

Dibandingkan media sosial lain, engagement rate di Instagram termasuk paling tinggi. Artinya jumlah pengguna yang bisa kita jangkau sangat besar.

4. Bersifat Non-Intrusif

Iklan yang tampil di Instagram bersifat non-intrusif alias tidak mengganggu, karena umumnya muncul sesuai dengan algoritma yang tercatat dari pengguna atau audiens yang sesuai. Jika audiens itu menyukai kosmetik, maka biasanya lebih banyak iklan kosmetik atau skin care yang muncul daripada iklan mobil atau motor.

5. Memiliki Data Terukur

Instagram juga mampu menghitung dan menyajikan data tentang seberapa berhasilnya promosi dan campaign yang kita lakukan di Instagram. Hal ini tidak hanya dilihat dari seberapa banyak pengguna yang meninggalkan komentar, like, atau jumlah follower, tetapi juga berapa klik dan berapa transaksi yang terjadi dari kunjungan ke akun.

6. Lebih Praktis dan Cepat Balik Modal

Dilihat dari ROI dan biaya yang dibutuhkan untuk promosi, marketing melalui Instagram dinilai paling efektif dan tidak memakan waktu lama dibandingkan channel lainnya untuk online marketing.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara mendapatkan uang dengan mudah di Instagram tanpa modal banyak. Tertarik untuk berbisnis melalui Instagram? Semoga berhasil, detikers!



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT