ADVERTISEMENT

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Unik dan Menarik Untuk Bisnis

ilham fikriansyah - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 07:45 WIB
Contoh desain kemasan produk.
Foto: Designer-daily
Jakarta -

Perkembangan teknologi yang terus maju membuat sejumlah perusahaan berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru pada produknya. Namun tak hanya itu, mereka juga memikirkan kemasan produk yang unik namun tetap menjaga keutuhan produk agar sampai dengan selamat di tangan konsumen.

Yap benar sekali, saat ini desain kemasan produk menjadi salah satu daya tarik untuk memikat konsumen. Terkadang, kemasan produk yang menarik mata membuat orang ingin membelinya, meskipun ada produk yang sama dari merek lain dengan harga lebih murah.

Selain itu, desain kemasan yang unik bisa menjadi salah satu ciri khas suatu produk, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengetahui produk tersebut hanya melihat kemasannya saja. Maka dari itu, banyak perusahaan yang kini mulai memikirkan desain kemasan produk yang unik dan berbeda dari merek lain.

Lantas, apa saja sih manfaat lain yang didapat dari memiliki desain kemasan produk yang menarik? Lalu hal apa yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kemasan produk? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Apa Itu Desain Kemasan Produk?

Desain kemasan produk adalah bentuk kemasan (packaging) yang digunakan untuk membungkus suatu barang, namun dibuat unik dan semenarik mungkin agar mampu menarik calon konsumen untuk membelinya. Jadi, desain kemasan produk tak hanya sekadar untuk mengemas barang di dalamnya agar aman, namun juga sebagai ciri khas dari produk tersebut lewat desain kemasannya yang menarik mata.

Meski terlihat unik dan berbeda, namun secara fungsi kemasan produk yang unik harus memiliki berbagai faktor penting seperti melindungi, mudah dibawa, gampang dibuka, dan aman dibawa ke mana-mana. Paling penting, kemasan produk harus berhasil lolos uji kelayakan sebagai fungsi pengemas, sehingga bisa menjaga produk secara utuh.

Manfaat Memiliki Desain Kemasan Produk yang Menarik

Menggunakan desain kemasan produk yang menarik mampu memikat calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Nah tak hanya itu, ada sejumlah manfaat lain dari menggunakan kemasan produk yang menarik. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Sebagai Pembeda dengan Produk Pesaing

Menggunakan desain kemasan yang unik dan menarik dapat menjadi ciri khas dari suatu produk. Meski isi produk yang dijual memiliki kesamaan dengan merek pesaing, namun karena desain kemasan yang unik dan menjadi pembeda hal ini membuat konsumen lebih memilih produk dengan kemasan menarik.

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat selanjutnya dari penggunaan kemasan yang unik adalah mampu meningkatkan angka penjualan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan desain kemasan produk yang menarik mampu memikat konsumen untuk membelinya. Dengan begitu, produk bisa laris manis di pasaran dan perusahaan dapat meraih keuntungan yang besar.

3. Menjamin Keamanan Produk

Membuat desain kemasan yang unik tak hanya sekadar menarik mata saja, namun jangan sampai lupa soal keamanan produk. Kemasan yang baik dapat melindungi produk ketika dikirim dari produsen sampai ke tangan konsumen. Produk yang kemasannya terjamin baik bisa dilihat dari kebersihan dan kekuatannya, jadi tidak hanya sekadar menarik saja ya detikers.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Desain Produk

Membuat kemasan produk yang unik juga tidak bisa dilakukan sembarangan detikers. Walau harus dituntut memunculkan ide kreatif, namun ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan dalam merancang desain kemasan produk. Simak secara lengkap di bawah ini.

  1. Faktor keamanan, desain kemasan produk yang baik tidak hanya sekadar menarik mata namun juga terjamin keamanannya. Sehingga produk akan tetap aman setelah sampai di tangan konsumen.
  2. Faktor ergonomi, dalam hal ini kemasan harus dibuat sebaik mungkin agar mudah dibawa atau dipegang, dibuka, dan diambil oleh konsumen. Jadi, tak hanya soal desain saja namun juga memperhatikan kemudahan dalam menggunakannya.
  3. Faktor ekonomi, dalam membuat kemasan produk yang baik juga perlu memperhitungkan biayanya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya biaya yang membengkak karena salah pemilihan bahan untuk membungkus produk.
  4. Faktor estetika, karena mengusung kemasan produk yang unik maka jangan lupa desain kemasan tersebut harus menarik dan memiliki nilai estetis, sehingga dapat memikat calon konsumen.
  5. Faktor lingkungan, membuat kemasan produk yang menarik juga perlu memperhatikan faktor lingkungan lho detikers. Kamu harus paham apakah kemasan produk ini ramah lingkungan, bisa didaur ulang, atau hanya sekali pakai.
  6. Faktor identitas, kemasan produk yang menarik akan menjadi sebuah ciri khas dari merek tersebut, sehingga bisa dibedakan dari produk-produk sejenis yang dikeluarkan oleh merek lain.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik

Membuat desain kemasan produk yang menarik sebenarnya tidak bisa dibilang mudah detikers. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat membuat kemasan yang unik, dengan melakukan riset serta merancang desain kemasan yang sesuai kebutuhan konsumen, pada akhirnya kamu dapat menciptakan kemasan yang unik dan berbeda dari merek lain.

Lantas bagaimana cara membuat kemasan produk yang menarik? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tulislah permasalahan dalam sebuah kata-kata yang singkat, cari tahu kenapa kemasan produk A tidak mampu menarik calon konsumen.
  2. Lakukan riset penelitian, kamu dapat mencari data-data di internet terkait kemasan produk apa yang dapat menarik minat konsumen. Kamu juga bisa mencari contoh gambar di internet tentang produk yang menarik, tapi jangan dijiplak ya detikers.
  3. Mulai buat sketsa kemasan produk, setelah kamu melihat contoh beberapa kemasan produk yang unik di internet, kini coba mulai buat sketsa dari kemasan produk yang nantinya akan dibuat. Buatlah sketsa kemasan sebanyak-banyaknya, setelah itu diskusikan bersama tim dan pilih mana sketsa yang paling bagus.
  4. Buatlah sketsa kasar, dalam tahap ini detikers bisa memilih tiga sketsa thumbnail dan gambarlah dalam bentuk sketsa kasar. Kamu juga bisa membuat sketsa kasar dengan teknik pewarnaan.
  5. Pilih salah satu dari ketiga sketsa kasar tadi dan gambar dalam bentuk sketsa jadi (comprehensive). Sketsa jadi ini dibuat dengan tampilan yang lebih detail dan seakurat mungkin, karena desain yang dibuat tersebut akan digunakan sebagai kemasan produk yang diproduksi secara massal.

Contoh Desain Kemasan Produk Menarik

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menciptakan kemasan produk yang unik agar menarik calon konsumen. Kalau detikers kesulitan dalam mencari ide kreatif, berikut sejumlah contoh kemasan produk yang menarik. Tapi sebagai pengingat, gambar yang ditampilkan di bawah ini hanya sebagai contoh dan jangan dijiplak ya!

1. Kemasan Teh Berbentuk Origami

Contoh desain kemasan produk.Foto: Designer-daily

Contoh desain yang pertama yakni kemasan teh celup dari origami dengan bentuk burung. Kalau detikers sering menyeduh teh celup, pasti tak asing dengan bentuknya yang persegi. Namun agar menarik konsumen, perusahaan yang satu ini menciptakan kantong teh yang out of the box!

2. Kotak Kue Berbentuk Oven

Contoh desain kemasan produk.Foto: Designer-daily

Bosan membuat kemasan produk makanan yang itu-itu saja? Mungkin detikers bisa berkreasi seperti contoh kemasan produk di atas. Dari gambar tersebut bisa terlihat seolah-olah kue baru keluar dari dalam oven. Unik kan detikers?

3. Kemasan Madu

Contoh desain kemasan produk.Foto: Designer-daily

Apabila detikers membeli madu, pasti madu tersebut dikemas di dalam botol yang desainnya hampir sama dengan merek lain. Nah, perusahaan yang satu ini menciptakan kemasan madu berbentuk heksagon, cara ini dilakukan agar konsumen teringat dengan sarang madu.

Nah itu dia detikers penjelasan mengenai desain kemasan produk yang menarik beserta dengan manfaat, cara membuat, dan contohnya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers, khususnya yang sedang mencari ide untuk membuat kemasan produk menarik dan unik.



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT