ADVERTISEMENT

Cara Dropship Tanpa Modal untuk Pemula dengan Supplier Berkualitas

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Minggu, 18 Sep 2022 05:00 WIB
Ilustrasi dropship.
Foto: Mediamodifier/Unsplash
Jakarta -

Dropship tanpa modal telah menjadi cara berjualan yang diandalkan banyak orang. Meskipun begitu, tak semua orang mengerti apa itu dropshipping. Beberapa bahkan salah mengartikan esensi dari model bisnis dropship.

Dropshipping adalah jenis bisnis online yang membuat penjual tidak menyimpan stok produk. Pihak yang bertanggung jawab dalam pengiriman dan stock barang adalah produsen. Dropshipper hanya bertindak sebagai perantara yang menemukan pelanggan dan kemudian mengirimkan pesanan ke pemasok.

Baru-baru ini, banyak orang memilih untuk memulai dropshipping tanpa modal karena keunggulannya, seperti investasi berbiaya rendah dan menghemat waktu. Dengan dropshipping, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya yang cukup besar dan risiko lainnya jika produk tidak terjual semuanya.

Cara Dropship Tanpa Modal untuk Pemula

1. Tentukan Produk

Hal pertama dan terpenting yang harus kamu lakukan adalah memutuskan produk mana yang ingin ditargetkan. Produk yang tepat akan menghasilkan kesempatan emas dalam menarik pelanggan maupun mengembangkan bisnis di masa depan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi ketika mulai dropshipping gratis:

  • Pilih untuk menjual produk yang disukai
  • Cari barang dengan ulasan positif
  • Kunjungi situs terkait dropshipping lain dengan tren yang tak ada matinya

2. Temukan Pemasok Terpercaya

Karena kamu tidak mengelola dan menyimpan produk, maka kualitas produk sangat bergantung pada pemasok. Penting untuk menemukan pemasok yang terpercaya dari mulai harga yang wajar juga memastikan kualitas produk saat dikirimkan ke pelanggan.

Pertama, kamu harus memastikan bahwa produk tersebut sama kualitasnya seperti yang diiklankan. Kemudian periksa untuk melihat apakah kuantitas dan kualitas memenuhi kebutuhanmu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang disarankan yang harus tanyakan pada pemasok untuk memeriksa apakah mereka memenuhi kebutuhanmu atau tidak:

  • Bagaimana mereka menangani pengembalian atau kerusakan produk?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari penjualan hingga pengiriman dan menyelesaikan pesanan?
  • Bisakah kamu menemukan ulasan atau referensi online yang terkait dengan pemasok?

3. Pilih Platform yang Tepat

Memilih platform yang sesuai adalah salah satu faktor yang paling menentukan keberhasilan bisnis dropshipping. Ada banyak platform e-Commerce gratis yang tersedia untuk dropshipping tanpa modal di pasaran saat ini. Kamu bisa menjelajahi dan menguji platform untuk melihat apakah platform tersebut sesuai untukmu.

Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, kamu bisa meneliti terlebih dahulu.

4. Buat dan Siapkan Toko

Setelah memilih platform e-Commerce yang sesuai, kini kamu harus merancang tampilan tokomu untuk memajang produk. Pilih warna dan konsep yang memukau, sebab ini memiliki peran penting dalam menarik perhatian pelanggan.

5. Promosikan Bisnis

Sekarang saatnya mempromosikan bisnismu setelah menyiapkan semuanya. Manfaatkan semua media sosial yang kamu punya agar usahamu bisa berkembang lebih luas.

Tips Memilih Supplier untuk Para Dropshipper

Bisnis dengan cara dropship memang menjadi pilihan saat ini, selain mudah dan cepat, bisnis ini juga tidak memerlukan modal. Berikut adalah tips menemukan supplier yang tepat agar bisnis dropshipmu dipercaya banyak orang:

1. Temukan dari Website Terpercaya

Kamu bisa mencari sumber-sumber supplier dari forum jual beli, komunitas, marketplace, dan lainnya. Pantau komentar-komentar orang yang telah membeli di toko online tersebut, apakah puas atau banyak komplain.

2. Pastikan Admin Responsif

Kamu perlu memastikan admin pemasok tersebut responsif dan mampu menjawab keluhan atau pertanyaan apapun yang kamu butuhkan. Jika kamu merasa yakin, tes dahulu dengan membeli barang di toko tersebut, kemudian minta mereka mencantumkan kontak yang bisa dihubungi.

Pastikan admin bisa dihubungi setiap saat ketika kamu membutuhkan barang atau keperluan lainnya.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Banyak barang yang dijual di toko online dibanderol dengan harga murah di bawah standar, namun jangan sampai kamu terkecoh dengan ini. Kamu harus memastikan apakah dengan harga murah tersebut kualitasnya tetap bagus? Apakah mereka punya pelayanan yang baik? Jangan sampai kamu mempertaruhkan namamu sebagai seorang dropshipper.

4. Pilih Supplier Aktif

Pastikan supplier pilihanmu tampak selalu aktif dan selalu mengupdate produk baru secara berkala. Sebab ini menjadi pertanda bahwa bisnis tersebut memang terus berjalan dengan baik, kamu harus aktif memastikan kredibilitas supplier dan toko anda terjaga agar tidak mengecewakan pelanggan.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai dropship tanpa modal. Mudah bukan? Kamu bisa memulai usahamu dari rumah. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT