ADVERTISEMENT

Tips Ampuh Menentukan Target Konsumen

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 04:30 WIB
Ilustrasi menentukan target konsumen.
Foto: jcomp/Freepik
Jakarta -

Target konsumen adalah salah satu faktor penting dalam strategi bisnis, khususnya dalam pemasaran produk. Sejatinya, tidak semua produk bisa dikonsumsi oleh semua pelanggan dan setiap produk juga memiliki kelompok konsumennya yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, penjual atau suatu perusahaan harus mengetahui bagaimana cara menentukan target konsumen. Simak penjelasan arti target konsumen dan cara menentukan target pasar yang tepat berikut ini.

Target Konsumen Adalah

Dikutip dari laman study.com, pengertian target konsumen adalah Individu atau kelompok orang yang menjadi fokus bisnis suatu perusahaan, dalam menjual produk atau layanannya. Target konsumen disebut juga sasaran pasar.

Definisi targeting merupakan aktivitas untuk menentukan target pasar (konsumen) yang akan dimasuki atau dijadikan sasaran penawaran produk/jasa oleh perusahaan. Nantinya, target konsumen akan dibagi lebih lanjut dan diatur dalam kelompok tertentu.

Dikutip dari iPaper laman Scrbid yang diunggah oleh Anien Andhut, tujuan dari membuat target pasar adalah supaya kita bisa lebih fokus dalam memberikan produk dan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya, strategi pemilihan target konsumen diimplementasikan oleh keputusan manajemen untuk bagaimana bersaing dalam setiap produk pasar.

Keputusan strategi pemasaran melalui sasaran konsumen adalah memilih pembeli mana, yang akan dituju dalam setiap produk pasar. Memahami target konsumen yang lebih spesifik merupakan salah satu kunci untuk menentukan target pasar yang yang lebih luas.

Kenapa Harus Menentukan Target Konsumen

Menentukan target pelanggan penting untuk mencapai efisiensi penjualan dan tingkat keberhasilan perusahaan. Dirangkum dalam laman study.com, berikut adalah alasan mengapa perlu menentukan target konsumen:

  • Menjadi kunci untuk menarik pelanggan untuk meningkatkan penjualan
  • Upaya peningkatan pengenalan merek dan kepercayaan merek
  • Bermanfaat untuk memperluas peluang bisnis
  • Membantu rencana pemasaran dan periklanan perusahaan
  • Membantu membentuk loyalitas pelanggan
  • Menghemat waktu dan biaya dalam beriklan secara luas kepada masyarakat umum
  • Membantu perusahaan untuk mempertajam pasar sasarannya.

Detikers tahu nggak, ternyata bisnis yang tidak bisa menemukan atau menentukan target konsumen mereka itu, akan sering membuang waktu dan uang yang berharganya karena sama saja beriklan tanpa tujuan. Jadi, di sinilah pentingnya penentuan target konsumen.

Perusahaan tentu perlu memahami produk mereka dan daya beli pelanggan sasaran pasar mereka. Jika produk yang dijual merupakan barang premium dan branded terkenal, tentu mereka akan menargetkan konsumen khusus. Misalnya, mereka yang punya penghasilan tinggi.

Cara Menentukan Target Konsumen

Target pemasaran akan memecah seluruh pasar, menjadi berbagai segmen. Dalam menentukan segmentasi pasar, secara umum konsumen dibagi berdasarkan usia, tingkat pendidikan hingga tingkat penghasilan.

Berdasarkan usia, golongan konsumen terdiri dari anak-anak, remaja, dewasa dan lanjut usia. Sedangkan jika dilihat dari tingkat penghasilan, konsumen terdiri dari yang berpenghasilan rendah, menengah, dan tinggi.

Lalu, target pasar meliputi apa saja? Mengutip repository Universitas Mercubuana Yogyakarta, berikut adalah beberapa cara menentukan target konsumen yang tepat:

Segmentasi Psikologi

Target pasar dalam segmentasi psikologi dibedakan berdasar kepribadian (personality) dan pola atau gaya hidup (life style). Klasifikasi gaya hidup terdiri minat, kepercayaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga akan mengenal istilah segmentasi psikografis. Nah, dalam hal ini seseorang dengan kelompok demografis yang sama, bisa juga mempunyai ciri psikografis berbeda (bisa berdasarkan pada gaya hidup maupun kelas sosial ekonomi).

Segmentasi Demografi

Menentukan target konsumen selanjutnya yaitu dengan segmentasi demografis. Pada segmentasi demografi, pasar dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan macam variabel demografis, yang terdiri dari:

  • Jenis kelamin
  • Usia konsumen
  • Jumlah keluarga
  • Pekerjaan
  • Penghasilan per bulan
  • Agama
  • Ras
  • Generasi kewarganegaraan
  • Status sosial.

Segmentasi Geografi

Segmentasi geografi adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengklasifikasikan target pasar berdasarkan lokasi. Biasanya segmentasi demografis ini akan mempengaruhi biaya operasional dan jumlah permintaan secara berbeda.

Cara menentukan target konsumen dengan segmentasi geografis, nantinya pasar dibagi menjadi beberapa unit geografis, yakni:

  • Negara
  • Provinsi
  • Kota/Kabupaten
  • Lingkungan.

Segmentasi Perilaku

Dalam segmentasi perilaku, pasar diklasifikasikan dalam kelompok-kelompok yang dibedakan berdasarkan:

  • Pengetahuan
  • Sikap
  • Penggunaan atau respon terhadap suatu produk.

Contoh Target Konsumen

Berikut merupakan contoh penjelasan poin pertimbangan dalam memilih sebuah strategi target marketing:

Contoh 1 Target Konsumen Penjualan Sandal dan Sepatu Wanita

Produk yang dijual: sandal dan sepatu wanita yang dijual secara online.

  • Target psikologis konsumen: wanita yang suka model sandal dan sepatu kekinian yang elegan, suka warna-warna yang mencolok, mereka ynag suka dengan harga yang cukup murah.
  • Target lokasi konsumen: di kota-kota besar seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan lain-lain. Kota-kotanya juga harus bisa dijangkau oleh kurir.
  • Target segmen demografi: Wanita remaja hingga dewasa dengan rentan usia dari 16-45 tahun. Berpenghasilan mulai dari Rp 2,5 juta.

Contoh 2 Target Konsumen Produk Makanan

Gambaran untuk contoh target konsumen selanjutnya yaitu dari salah satu produk jelly cup. Produk jelly cup tersebut bisa ditujukan untuk semua kalangan masyarakat. Misalnya, dari usia anak kecil, remaja hingga dewasa.

Produk jelly tersebut bisa dikonsumsi semua kalangan. Alasannya, karena kandungan yang ada di dalam jelly cup itu aman dikonsumsi dan tidak membahayakan konsumen.

Harga produk jelly per kemasan isi 20 pcs yaitu Rp 15.000-25.000. Jika dilihat dari segmen berdasarkan tingkat penghasilannya, produk jelly ini bisa ditujukan kepada masyarakat menengah sampai menengah atas.

Itu tadi penjelasan target konsumen yaitu pihak yang jadi sasaran penjual dalam memasarkan produk serta tips menentukan target konsumen pasar. Detikers jadi tahu bukan jawaban dari apa itu target pasar dan contohnya?



Simak Video "Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT