ADVERTISEMENT

50 Ide Jualan yang Paling Laris, Siap Banjir Orderan!

Adelaide Wreta - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 18:29 WIB
Saat Pandemi Wanita Ini Sukses Jualan Wedang Sehat ala Jokowi yang Laris Manis
Foto: detikcom/Rinto Heksantoro
Jakarta -

Ingin memulai usaha atau jualan dari nol, tapi bingung penjualan apa yang mampu meraih keuntungan besar? Nyatanya, ada banyak sekali ide jualan yang dapat Anda coba dan berpotensi meraih keuntungan tinggi.

Ingin tahu apa saja ide jualan yang dapat dilakukan? Berikut adalah 50 ide jualan yang laris!

Ide Jualan yang Paling Laris

1. Usaha Bimbel Rumahan

Ide pertama yang dapat dijalankan adalah usaha bimbel rumahan. Usaha satu ini memang bukan dijual dalam bentuk fisik atau barang, melainkan jasa. Mata pelajaran yang Anda kuasai dapat digunakan sebagai bahan bimbel, misalnya Matematika untuk anak Sekolah Dasar (SD) dan Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).

2. Bisnis Es Krim Rumahan

Ide jualan selanjutnya yang bisa dijalankan adalah bisnis es krim rumahan. Ide satu ini memiliki potensial laris yang tinggi karena banyaknya penggemar es krim dari seluruh kalangan. Meskipun begitu, target pasar yang paling berpotensial adalah anak-anak. Bisnis es krim rumahan dapat diandalkan karena mahalnya produk es krim di warung atau swalayan pada masa kini sehingga orang akan mencari alternatif yang lebih murah, tapi tetap enak.

3. Bisnis Sate Cokelat Buah

Sate cokelat buah merupakan cemilan yang disukai anak-anak. Rasa yang dihasilkan dari makanan satu ini adalah rasa segar buah dan manisnya cokelat. Oleh karena itu, cemilan satu ini berpotensial menghasilkan konsumen yang banyak di kalangan anak-anak. Harganya dapat dijual dengan murah dan cocok untuk uang jajan anak sekolah.

4. Bisnis Es Jus

Musim yang panas akan meningkatkan potensi dari penjualan es jus karena jus buah mampu menjadi penyegar tenggorokan yang melegakan. Rasanya yang segar dan dingin membuat banyak orang menggemari minuman ini. Selain menyegarkan, jus memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

5. Bisnis Modifikasi Sepeda Fixie

Ide selanjutnya adalah bisnis modifikasi sepeda fixie. Ide satu ini jadi suatu bisnis yang menjanjikan karena maraknya usaha masyarakat dalam melancarkan go green akibat dari pemanasan global. Secara umum, gaya hidup bersepeda memang telah membesar di perkotaan. Harga sepeda yang sedikit mahal mendorong masyarakat untuk mencari alternatif sepeda bekas dan memodifikasinya.

6. Bisnis Baju Bekas Impor

Ide selanjutnya yang dapat dijalankan adalah bisnis baju bekas impor. Masyarakat umum hingga artis sekali pun dapat meraih keuntungan dari mencari baju bekas yang unik dan berkualitas baik yang kemudian dijual murah. Biasanya, Bandung menjadi salah satu tempat yang terkenal dengan penjualan baju bekas impornya.

7. Bisnis Jamur Krispi

Jamur krispi merupakan jenis sayur yang tidak hanya dapat dijadikan sebagai sayur, tetapi juga lauk dan camilan. Jamur krispi ini menjadi camilan yang diminati banyak orang sehingga potensinya menjanjikan, terutama karena jamur juga bernutrisi baik.

8. Bisnis Toko Sepatu dan Sandal Online

Ide bisnis selanjutnya adalah toko sepatu dan sandal online. Bisnis satu ini akan berguna bagi orang-orang yang malas berkeliling ke toko dan lebih memilih duduk di depan komputer untuk berbelanja secara online hingga produk tiba dengan aman.

9. Bisnis Lollychoco

Pernah mendengar Lollychoco? Camilan satu ini merupakan cokelat berbentuk loli yang didesain dengan berbagai gambar. Rasanya yang manis dan lembut dapat meraih target konsumen anak-anak yang besar.

10. Bisnis Tulang Jambal Pedas Maknyus

Ide jualan berikutnya yang berpotensi laris manis adalah tulang jambal pedas maknyus. Tulang jambal kini tidak lagi menjadi sisa bahan yang dibuang begitu saja, tetapi dapat diolah kembali menjadi menu siap santap yang dibuat dengan modal yang minim.

11. Bisnis Nasi Pepes

Nasi pepes menjadi salah satu makanan siap makan yang disajikan lengkap dengan lauk pauk dan bersifat praktis, murah, serta bergizi. Harganya secara umum adalah Rp10.000 dan cocok dengan minat orang kantoran.

12. Bisnis Warung Kelontong

Warung kelontong layak dijadikan bisnis sampingan karena dapat memanfaatkan ruang tak terpakai dan mudah untuk diakses oleh banyak orang, baik dari segi harga maupun lokasinya.

13. Bisnis Agen Pulsa Elektrik

Bisnis agen pulsa elektrik menjadi ide jualan yang menjanjikan karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan telepon seluler dalam kehidupan sehari-harinya. Meski pembelian pulsa elektronik kini seringkali dilakukan secara langsung di HP, ada sejumlah orang yang lebih memilih pembelian pulsa elektronik secara tatap muka dan di konter.

14. Bisnis Nasi Goreng

Ide selanjutnya adalah bisnis nasi goreng. Bisnis satu ini berpotensial meraih keuntungan karena nasi goreng menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, penyajiannya tidak memerlukan waktu lama. Bisnis nasi goreng dapat dilakukan di rumah, kedai, atau gerobak.

15. Bisnis Laundry Kiloan

Laundry kiloan seringkali dibutuhkan pekerja kantoran hingga mahasiswa yang tidak sempat mencuci bajunya sendiri dan hidup sendiri. Oleh karena itu, menjadi mitra dari sebuah usaha laundry kiloan dapat membantu rekan-rekan dan menghasilkan tambahan pemasukan.

16. Bisnis Penerjemah Freelance

Ide selanjutnya adalah penerjemah freelance. Ide satu ini dapat dijalankan bila Anda menguasai bahasa asing, misalnya Inggris, Perancis, dan Korea. Umumnya, mahasiswa dan pegawai kantoran memerlukan jasa penerjemah untuk menerjemahkan tugas dan dokumen yang dibutuhkan. Tak jarang instansi pemerintah juga memerlukan jasa penerjemah.

17. Jual Beli Lensa Kontak Online

Biasanya, orang akan menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan. Namun, perkembangan masa kini menghasilkan barang lain yang mampu menggantikan peran kacamata, yaitu lensa kontak. Barang ini dapat digunakan oleh perempuan ataupun laki-laki sehingga tidak memerlukan kacamata lagi.

18. Menjual Jasa Kurir

Ide jualan berikutnya adalah penjualan jasa, yaitu jasa kurir. Ide satu ini dapat dijalankan bagi Anda yang memiliki transportasi untuk mengantarkan barang secara. Biasanya, jasa kurir dibutuhkan untuk mengirimkan suatu hal kepada orang lain, terutama ketika Anda tidak sempat mengantarnya secara pribadi.

19. Usaha Servis Gawai

Selanjutnya adalah usaha servis berbagai perangkat elektronik mulai dari ponsel, komputer, tablet, dan semacamnya. Usaha satu ini menjamur karena perkembangan teknologi komunikasi yang pesat.

20. Usaha Rumah Kost

Usaha rumah kost memberikan pemasukan pasif yang menjanjikan. Usaha ini dapat dilakukan bila memiliki banyak ruangan kosong yang bisa dijadikan tempat tinggal oleh berbagai orang. Biasanya, rumah kost dibutuhkan oleh pendatang mahasiswa atau karyawan dari luar kota.

21. Menjual Jasa Digital Printing

Digital printing menjadi usaha yang memiliki banyak pesaing, tetapi hal ini tak menjadi hambatan karena kualitas kerja menjadi bagian terpenting dari usaha digital printing. Digital printing pada akhirnya membuka peluang usaha lainnya, seperti penjualan merchandise.

22. Menjual Tulisan

Ide jualan selanjutnya adalah menjual tulisan atau menjadi penulis. Usaha ini dapat dilakukan di rumah dan berpotensi menghasilkan bila Anda serius dan produktif dalam menekuni pekerjaan penulis.

23. Menjual Jasa Pengetikan Naskah

Sejumlah pelajar dan mahasiswa seringkali merasa terlalu sibuk sehingga perlu menyerahkan urusan mengetik pada orang lain. Kelebihan dari penjualan jasa ini adalah risiko yang minim, mudah dilakukan, dan menguntungkan. Namun, bisnis satu ini mementingkan ketepatan waktu atau efeknya berimbas pada nilai pelanggan.

24. Menjual Jasa Penitipan Anak

Ide jualan selanjutnya berbentuk jasa, yaitu jasa penitipan anak. Ide jualan satu ini lebih mengandalkan kemampuan diri daripada modal sehingga keuntungannya cenderung utuh. Jasa penitipan anak diperlukan bagi orang tua yang memiliki kesibukan dan sulit mengurus anaknya.

25. Penyediaan Game Center

Peluang dari game center masih cukup besar di kalangan remaja meski memiliki kesan menjamur. Anda dapat menawarkan berbagai game online yang kekinian, Amatilah minat remaja masa kini dan banyaknya remaja yang berkeliaran berada di lingkungan Anda untuk menjalankan bisnis ini.

26. Penyediaan Sewa Buku

Ide selanjutnya adalah penyewaan buku. Ide ini memiliki potensi yang cukup baik karena sebagian orang mungkin lebih memilih membaca satu buku sekali dan tidak ingin menumpuknya di rumah. Target dari usaha ini beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa yang menyukai buku. Anda dapat menyediakan buku yang sesuai dengan masing-masing jangka usia.

27. Penjualan Bakso

Warung bakso menjadi salah satu ide jualan yang mudah dilakukan dan berpotensi besar karena mampu mencakup semua kalangan masyarakat, dari anak kecil hingga orang dewasa. Sayangnya, bisnis satu ini telah memiliki banyak kompetitor sehingga diperlukan ciri khas tersendiri.

28. Penjualan Katering

Ide jualan selanjutnya adalah katering. Ide satu ini merupakan usaha yang senantiasa dibutuhkan, terutama ketika ada acara. Anda dapat menjalankan usaha ini di tengah daerah yang banyak penduduk jika memiliki kemampuan masak yang baik.

29. Penjualan Jamu

Jamu merupakan minuman tradisional yang diminati banyak kalangan usia dan berasal dari status ekonomi manapun. Oleh karena itu, potensinya cukup besar. Anda dapat membukanya di rumah saja atau membangun kedai kecil.

30. Menjual Jasa Salon

Ide jualan satu ini merupakan penjualan jasa, yaitu jasa salon. Jasa salon dapat dibuat dengan modal yang kecil ataupun besar, tergantung dengan keinginan pebisnis. Ada berbagai jenis salon, mulai dari potong rambut, perawatan tubuh, hingga bulu mata.

31. Penjualan Makan di Warung

Bisnis satu ini merupakan salah satu ide jualan dengan modal kecil yang paling menjanjikan. Jenis usahanya bersifat jangka panjang dan tidak dibatasi zaman. Banyak orang menyukai makanan di warung, terutama ketika tidak sempat memasak.

32. Menjual Air Minum Isi Ulang

Penjualan air minum isi ulang memiliki peluang karena masyarakat menyukai hal-hal yang praktis dan tentunya lebih murah. Air minum isi ulang cenderung memiliki harga yang lebih rendah daripada membeli galon baru. Namun, pastikan di area Anda tidak memiliki toko air minum isi ulang agar mengurangi pesaing.

33. Menjual Makanan Beku

Peminat makanan beku dapat dibilang cukup banyak karena selain sifatnya yang praktis dibuat atau siap masak, makanan beku juga memiliki rasa yang enak umumnya. Oleh karena itu, peluang makanan beku cukup menjanjikan, terutama bagi orang yang gemar menyimpan stok makanan atau tidak ingin memasak dengan cara yang rumit.

34. Penyewaan Kamera

Usaha ini tidak banyak ditekuni orang karena membutuhkan modal yang besar untuk aksesori dan perlengkapan kamera. Namun, sekali penyewaan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

35. Penyewaan Studio Musik

Studio musik merupakan salah satu usaha yang berkembang karena dunia hiburan memberikan prospek yang lebih baik di masa depan. Banyak musisi kecil memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk berlatih sehingga penyewaan studio musik dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar, meski modal yang dibutuhkan pun juga sama besarnya.

36. Menjual Perlengkapan Pesta

Selama masih ada orang yang menyelenggarakan acara atau pesta, perlengkapan pesta akan selalu dibutuhkan. Usaha ini tentunya tidak bersifat musiman karena selalu ada orang yang berpesta untuk merayakan suatu hal, entah kecil atau besar, di dalam hidupnya.

37. Cetak Foto Digital

Usaha selanjutnya adalah menjual jasa cetak foto digital. Usaha ini dapat berguna bagi orang-orang yang masih menggunakan kamera fisik atau sekadar ingin mencetak fotonya meski diambil dengan smartphone.

38. Penyewaan Studio Foto

Penyewaan studio foto menjadi salah satu bisnis yang masih diminati orang karena banyak orang masih membutuhkan jasa pemotretan yang dilakukan di dalam ruangan atau studio dan diambil oleh fotografer handal.

39. Menjual Jasa Pemotretan Keliling

Jika Anda tidak memiliki dana atau tempat untuk membuat studio foto, menjual jasa pemotretan keliling dapat dilakukan. Cukup dengan perlengkapan foto dan transportasi, Anda dapat menawarkan jasa pemotretan untuk orang-orang yang mungkin ingin memiliki kenangan atau foto dengan kualitas yang baik.

40. Menjual Jasa Event Organizer (EO)

Ide penjualan selanjutnya adalah menjual jasa Event Organizer (EO). Bisnis satu ini berarti memberikan pelayanan jasa untuk menyelenggarakan acara, mulai dari pemilihan tempat, hiasannya, dan masih banyak lagi. Hal yang ditawarkan dan bernilai dari EO adalah ide dan kreativitas yang dimilikinya dan bagaimana eksekusinya.

41. Menjual Jasa Kursus Musik

Usaha selanjutnya juga menjual jasa dan bukan barang, yaitu kursus musik. Sebagian orang tua biasanya menginginkan anaknya untuk menguasai setidaknya satu alat musik atau mungkin kemampuan bernyanyi sehingga memiliki potensi yang cukup baik.

42. Menjual Jasa Penerbitan

Meski zaman telah berkembang dan banyak buku dipublikasikan secara online, penerbitan masih berperan penting dalam kehidupan. Sebagian orang tentunya lebih menyukai buku fisik daripada e-book sehingga keberadaan penerbitan masih dibutuhkan. Penerbitan ini dapat meliputi penyuntingan, desain, cetak, dan distribusi.

43. Penyediaan Taman Bermain

Penyediaan taman bermain memberi materi atau konsep pengajaran yang lebih mudah bila dibandingkan dengan taman kanak-kanak (TK). Oleh karena itu, penyediaan taman bermain dapat bersifat menguntungkan, terutama bagi para orang tua yang mengetahui hal ini.

44. Menjual Jasa Kursus Fotografi

Ide jualan selanjutnya adalah menjual jasa kursus fotografi. Hal ini dapat dijalankan bila Anda memiliki kemampuan fotografi yang memuaskan dan mampu mengajari orang lain.

45. Menjual Jasa Kursus Menulis

Sama seperti sebelumnya, kursus menulis dapat diberikan bila Anda memiliki kemampuan atau keahlian yang baik dalam menulis, seperti penggunaan tanda baca yang benar hingga penggunaan predikat.

46. Menjual Jasa Kursus Komputer

Penggunaan komputer mungkin dapat terasa sulit bagi sebagian orang, terutama untuk orang tua yang telah tertinggal jauh dari perkembangan zaman. Oleh karena itu, jasa kursus komputer menjadi salah satu ide penjualan jasa yang menarik.

47. Menjual Jasa Agen Tiket

Pembelian tiket kadang terasa menyulitkan, entah itu tiket pesawat, tiket kereta, atau tiket konser yang seringkali diperebutkan penggemar. Pada saat inilah jasa agen tiket dapat diandalkan. Usaha satu ini tidak memerlukan modal yang besar karena lebih mengandalkan kecepatan dalam pembelian tiket.

48. Bisnis Daur Ulang Sampah

Ide jualan selanjutnya adalah bisnis daur ulang sampah. Sampah sebagai masalah dalam kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai bisnis dengan pemanfaatan teknologi yang tepat dan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Contoh dari bisnis ini adalah penggunaan sampah plastik menjadi kotak pensil yang kemudian dilukis dan dijual kembali.

49. Bisnis Barang Interior

Bisnis barang interior dapat menjadi ide jualan yang berpotensial karena banyak orang ingin mempercantik isi rumah, terutama orang kelas menengah ke atas. Produk yang dijual dapat berupa karpet, sarung bantal, hiasan lampu, dan masih banyak lagi.

50. Bisnis Franchise Fitness Center

Ide jualan terakhir yang dapat dijalankan adalah bisnis franchise fitness center atau menjual penyediaan alat olahraga. Fitness center menjadi salah satu bisnis yang akan selalu ada karena setiap orang membutuhkan kesehatan tubuh yang dilatih secara rutin sehingga berpotensial menghasilkan keuntungan yang besar, meski modal yang dibutuhkan juga sama besarnya.

Itulah 50 ide jualan yang laris dan besar kemungkinan meraih jumlah pesanan yang tinggi. Anda dapat mencoba ide jualan ini dari yang paling sederhana hingga yang membutuhkan modal besar. Sejumlah ide di antaranya adalah menjual makanan beku, jasa bimbel, jamur krispi, barang interior, lensa kontak, dan baju bekas impor.



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT