ADVERTISEMENT

Mengenal Canvasser dari Pengertian, Tugas, dan Fungsinya

Adelaide Wreta - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 16:00 WIB
Penjual Pernak Pernik Ondel-Ondel Setu Babakan
Foto ilustrasi: Grandyos Zafna
Jakarta -

Canvasser merupakan bagian dari perusahaan yang berperan penting dalam meraih keuntungan. Keberadaannya terhitung penting dan memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih efisien. Bila dibandingkan dengan yang lain, metode satu ini tidak membutuhkan investasi yang besar untuk pelaksanaannya. Ingin mengetahui apa itu canvasser? Berikut penjelasannya!

Pengertian Canvasser

Mengutip betterteam.com, canvasser adalah orang-orang yang berorientasi pada penjualan yang mendekati publik untuk mengumpulkan informasi, melakukan penjualan, atau mempengaruhi tindakan untuk perusahaan atau organisasi.

Sementara itu, halaman Politeknik Negeri Jakarta menjelaskan canvasser sebagai seseorang yang melakukan komunikasi secara langsung kepada pelanggan untuk menawarkan produk perusahaan.

Umumnya, canvasser bekerja dari pintu ke pintu atau di mal-mal, berbicara dengan orang-orang tentang produk perusahaan atau cita-cita organisasi. Tugas mereka kemungkinan juga termasuk mengumpulkan tanda tangan atau mempengaruhi opini.

Tugas Canvasser

Canvasser memiliki sejumlah tugas yang bertujuan untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan, yaitu:

  • Menghafal dan melafalkan skrip penjualan atau pernyataan yang disiapkan oleh pemberi kerja.
  • Mengemudi ke lokasi Canvassing.
  • Mendekati dan berbicara dengan orang-orang di mal, di jalan, dan di rumah mereka tentang perusahaan atau organisasi.
  • Menampilkan pengetahuan tentang produk atau organisasi dan berusaha mempengaruhi opini.
  • Memperoleh tanda tangan dan informasi pribadi untuk partai dan bisnis pemilu.
  • Melakukan panggilan dari kantor.
  • Menjawab pertanyaan tentang produk perusahaan atau organisasinya.
  • Menghadiri rapat umum, pameran, bazar, dan acara-acara lain yang berhubungan dengan industri.
  • Menjaga penampilan profesional.
  • Memenuhi kuota yang ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi.
  • Merekrut dan melatih canvasser baru.

Fungsi Canvasser

Canvasser memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Tanpa canvasser, produk atau layanan dari suatu perusahaan mungkin tidak dapat dikenal secara luas. Menurut Politeknik Negeri Jakarta, fungsi dari canvasser adalah membantu suatu perusahaan dalam membangun citra produknya.

Hal tersebut dilakukan agar keberadaan suatu produk semakin diketahui dan dikenal. Setelah dikenal secara luas, pendapatan dari penjualan produk tersebut dapat meningkat.

Dengan melakukan canvassing, suatu produk perusahaan dapat bersaing dengan produk perusahaan lainnya. Canvassing dapat meningkatkan citra suatu produk agar produk tersebut tidak kalah dari produk lainnya.

Sementara itu, marketing91.com menyebutkan keuntungan dari penggunaan canvasser sebagai berikut ini:

Ekonomis

Penggunaan canvasser tidak mahal. Pilihan ini jauh lebih ekonomis daripada metode lain seperti iklan, pemasaran, pertemuan bisnis, dan konferensi untuk menjangkau orang atau meyakinkan orang untuk membeli produk Anda.

Metode lainnya cenderung membutuhkan investasi yang lebih besar di awal. Hal ini tentunya kurang layak untuk bisnis kecil atau baru yang memiliki anggaran ketat. Oleh karena itu, penjualan melalui canvassing dapat menjadi teknik yang baik bagi bisnis sejenis. Teknik ini tidak hanya dapat digunakan oleh bisnis kecil, tetapi juga bisnis besar sekalipun.

Tidak Pernah Kekurangan Prospek

Ada kalanya tenaga penjualan kehabisan prospek dan tidak ada metode lain yang tampaknya berhasil. Pada saat-saat itu, sales canvassing bisa digunakan. Anda dapat memilih daftar kontak dan mulai menelepon orang tanpa memiliki pengetahuan tentang mereka sebelumnya, tetapi dengan rencana dan strategi.

Anda dapat membangun daftar prospek yang tertarik berdasarkan respons mereka. Pada akhir daftar kontak, Anda akan memiliki daftar prospek yang telah menunjukkan minat dan Anda dapat mengejar mereka lebih jauh untuk mengubahnya.

Tidak Memerlukan Departemen Khusus dan Tim Besar

Beberapa metode lain memerlukan investasi besar hingga departemen khusus para ahli. Untungnya, canvassing dapat dilakukan siapapun. Namun calon canvasser tetap harus mempelajari beberapa tips dan trik untuk meningkatkan tingkat keberhasilan. Anda akan membutuhkan bantuan para ahli untuk mempelajari tips dan trik tersebut.

Waktu yang Tak Terbatas

Canvassing dapat dilakukan tanpa batasan jumlah panggilan yang jelas dalam sehari atau pada waktu tertentu. Anda bisa melakukan panggilan berapapun sepanjang hari. Hal ini tidak hanya berpotensi meningkatkan peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi juga akan meningkatkan kemahiran dan keterampilan dalam membujuk dan menjual suatu produk perusahaan.

Meskipun begitu, kurangnya kesabaran dan kemampuan seorang canvasser berpotensi menghentikan hasil canvassing yang baik. Oleh karena itu, penting untuk terus belajar dan mengusahakannya sampai menjadi seorang ahli.

Metode yang Efisien

Sales canvassing adalah metode yang cukup praktis dan efisien, tidak serumit metode-metode lainnya dalam menjangkau pelanggan. Anda hanya membutuhkan pena, kertas, telepon, daftar kontak, dan sudut ruangan yang tenang untuk bekerja.

Mempelajari Pelanggan Lebih Dalam

Melalui sales canvassing, Anda mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda dan mengamati atau mempelajarinya satu per satu. Akan ada panggilan yang menghasilkan kesuksesan dan juga kegagalan, seperti diteriaki calon konsumen. Namun, dari canvassing, Anda dapat belajar tentang orang-orang, tuntutan mereka, dan harapan mereka dari bisnis Anda.

Memperluas Bisnis

Sales canvassing tidak membatasi perusahaan untuk memperluas bisnisnya. Anda dapat melakukan panggilan lokal, nasional, dan internasional, bahkan menjangkau pelanggan yang berada ribuan mil jauhnya dari perusahaan.

Sementara itu, metode pemasaran lainnya seperti iklan memiliki daya jangkau yang terbatas. Iklan untuk bisnis umumnya hanya ditampilkan di area yang telah ditetapkan sehingga jangkauannya terbatas.

Bebas Struktur Pendukung

Sales canvassing adalah satu-satunya metode yang tidak memerlukan sistem pendukung seperti metode lainnya. Misalnya, untuk membuat iklan, Anda perlu bergantung pada biro iklan dan pemilik media.

Sementara itu, canvassing hanya menjadi pekerjaan satu orang yang nantinya bekerja tanpa bantuan atau kebutuhan teknologi yang berat. Hal yang dibutuhkan hanyalah kesabaran penelepon dan keterampilannya dalam membujuk orang.

Itulah penjelasan tentang canvasser, yaitu seseorang yang melakukan komunikasi secara langsung kepada pelanggan untuk menawarkan produk perusahaan. Metode penawaran satu ini menjadi metode yang mudah untuk dijangkau bisnis kecil sekalipun. Salah satu keuntungan dari metode canvassing adalah ekonomis, efisien, dan prospek yang tak terbatas.



Simak Video "Mengenal Bagan, Alat Tangkap Ikan Nelayan Anambas"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT