ADVERTISEMENT

Mengenal Contoh Bisnis Model Canvas Pakaian dan Fungsinya

Stefani Ditamei - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 08:33 WIB
Ilustrasi bisnis online
Ilustrasi bisnis. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Artikel ini akan membahas contoh bisnis model canvas secara umum dan penjelasannya. Bisnis model canvas memungkinkan pengusaha melihat kekuatan dan kelemahan pada bisnisnya, serta mencari solusi yang tepat.

Solusi tersebut diharapkan bekerja efektif dan efisen, hingga berdampak baik pada penjualan dan keuntungan yang diperoleh. Berikut adalah penjelasan mengenai bisnis model canvas pakaian dan fungsinya.

Apa itu Bisnis Model Canvas?

Bisnis model canvas adalah alat untuk melihat rupa usaha yang akan atau sedang dijalani secara akurat. Melalui media ini, bisnis bisa dilihat dalam gambaran besar sekaligus detail dalam tiap elemen terkait.

Gambaran ini menyediakan cukup informasi terkait kondisi bisnis saat ini, sehingga pengusaha bisa melakukan analisa dan evaluasi. Selanjutnya dapat diambil langkah yang tepat untuk perbaikan usaha.

Berikut desain bisnis model canvas dikutip dari Modul Pelatihan Business Model Canvas yang diupload konsultan bisnis manajemen dan pengajar di Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam situs Academia

Desain bisnis model canvas.Desain bisnis model canvas. Foto: Rosmha Widiyani/detik.com.

Fungsi Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas berfungsi sebagai alat untuk memvisualisasikan rancangan atau blok bangunan yang diinginkan saat memulai bisnis, termasuk konsumen, target pasar, value proposition dan keuangan.

Value proposition atau nilai unggul adalah alasan yang mendorong pelanggan beralih dari perusahaan satu ke perusahaan yang lain. Beberapa contoh elemen yang membentuk nilai unggul (value proposition) perusahaan adalah:

  • Pembaharuan
  • Kinerja
  • Kustomisasi
  • Desain
  • Harga
  • Pengurangan biaya dan risiko
  • Akses
  • Kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Poin-poin Bisnis Model Canvas

Dalam modul tersebut dijelaskan manfaat bisnis model canvas yang menjadi nilai khusus. Berikut poin bisnis model canvas:

Mempermudah Mengambil Keputusan

Model bisnis ini mempermudah pengusaha mengambil keputusan di perusahaan terkait hubungan logis antara komponen-komponen dalam bisnis. Misalnya, kecenderungan konsumen yang mengharuskan pengusaha melakukan perbaikan.

Menguji Konsistensi Hubungan Antar Komponen

Contoh sederhananya dapat kita lihat saat sebuah perusahaan mendirikan bisnis restoran dan menawarkan makanan yang lezat untuk kelas premium dengan harga lebih tinggi. Sebab, target pasarnya merujuk pada segmen pasar atas.

Hal ini tentu saja berimplikasi terhadap siapa yang menjadi juru masaknya, apakah pramusaji sudah terlatih dengan baik, dan kualitas makanan yang dijual.

Menguji Pasar dan Asumsi

Poin ini dimaksudkan untuk menguji pasar dan asumsi yang diterapkan saat mengembangkan bisnis. Contohnya, bisnis industri foto yang berpikiran bahwa setelah mengabaikan momen pasti ingin mencetak fotonya.

Namun hal tersebut belum tentu berlaku karena saat ini aplikasi handphone semakin canggih dan dapat dibagikan melalui media sosial.

Untuk Menunjukkan Efek dari Perubahan yang Dilakukan

Poin ini menjelaskan tentang model bisnis yang senantiasa berubah dan adanya perubahan dalam preferensi konsumen serta perusahaan yang mengubah nilai proporsinya, dan lain-lain.

Contoh Bisnis Model Canvas Pakaian

Bisnis model canvas dapat diidentifikasi berdasarkan key partnership, key activities, key resource, value proposition, channel, segmen konsumen, biaya yang dikeluarkan, dan revenue stream.

Berikut adalah contoh berdasarkan bisnis model canvas pakaian dikutip dari riset Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) karya Isnurrini Hidayat Susilowati dalam Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika

Desain/model bisnis canvas pakaian.Desain/model bisnis canvas pakaian. Foto: Rosmha Widiyani/detik.com.

Key Partnership

Pihak-pihak yang diajak kerjasama adalah supplier baju yang memproduksi baju sendiri dan pengiriman barang menggunakan jasa transportasi online.

Key Activities

Aktivitas wajib yang dilakukan adalah membeli baju muslim yang kekinian dari supplier dan dipajang di toko serta promosi menggunakan media sosial.

Key Resources

Sumber daya utama dimulai dari tempat usaha, karyawan, dan sumber modal. Sedangkan pengelolaan keuangan masih dicatat dan diatur oleh pemilik toko baju secara manual.

Value Proposition

Keunggulan yang ditawarkan dari menjual baju muslim adalah modelnya yang terbaru, pembeli yang dilayani dengan ramah, dan pembelian yang dapat dilakukan secara online.

Customer Relationship

Hubungan antar pelanggan dan perusahaan toko baju dilakukan dengan memberikan diskon dan informasi produk terbaru melalui media sosial.

Channel

Channel adalah saluran yang dimanfaatkan untuk menginformasikan value proposition kepada pelanggan. Channel yang digunakan adalah media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Segmen Pasar

Elemen ini adalah pelanggan atau konsumen yang menjadi sasaran dalam suatu bisnis. Info seputar calon pelanggan atau target pasar adalah bekal pengusaha untuk melakukan improvement.

Biaya Pengeluaran

Dalam elemen ini, pengusaha bisa melihat total biaya yang harus dikeluarkan yang memungkinkan bisnisnya berjalan. Pengusaha bisa melakukan efisiensi atau peningkatan biaya berdasarkan informasi dari elemen lain.

Revenue Stream

Elemen revenue stream berbicara tentang pemasukan dari suatu bisnis. Sebagai tujuan utama, revenue adalah hasil akhir dari kerja sama seluruh elemen dari bisnis model canvas. Dengan kerja yang efektif dan efisien, revenue tentu akan meningkat.

Demikian informasi tentang contoh bisnis model canvas pakaian yang dapat menjadi referensi dan ide untuk menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT