ADVERTISEMENT

25 Ide Usaha Kreatif Modal Kecil Untung Maksimal

ilham fikriansyah - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 12:04 WIB
Happy asian woman vlogging with gimbal tripod and smartphone - Influencer chinese girl having fun with new trend technology - Millennial generation activity job, youth and tech concept - Focus on face
Foto: Getty Images/iStockphoto/DisobeyArt
Jakarta -

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai membuka usaha kecil, mulai dari usaha makanan dan minuman, menjual pakaian di e-commerce, hingga penyedia jasa fotografer untuk acara tertentu. Bisnis ini mereka jalankan agar bisa meraup keuntungan maksimal, meskipun tak harus mengeluarkan modal yang besar.

Tapi, seiring berjalannya waktu kini sudah banyak masyarakat yang membuka usaha di bidang yang sama. Lantas, agar bisa menarik para konsumen kamu harus berpikir kreatif untuk menciptakan ide usaha yang berbeda. Atau menjalankan ide usaha di bidang yang sama, namun harus berinovasi untuk menghadirkan suatu produk yang baru.

Namun jangan khawatir detikers, berikut ini 25 ide usaha kreatif yang bisa kamu jalankan. Dengan modal yang tidak begitu besar, kamu dapat meraup banyak keuntungan apabila giat menjalankan sejumlah bisnis ini.

Usaha Kreatif Adalah

Sebenarnya apa sih usaha kreatif itu? Apakah berbeda dengan usaha pada umumnya? Dijelaskan dalam e-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, usaha kreatif adalah menjalankan suatu bisnis dengan mengusung inovasi dan keunikan, sehingga terbilang berbeda dari usaha lainnya. Usaha kreatif sendiri mengambil dari kata kreatif, yang pada dasarnya adalah bagaimana menghadirkan suatu benda atau hal yang sebelumnya belum ada.

Menurut John Adair (1996), ide kreatif dapat melibatkan penggabungan dua hal atau lebih untuk bisa menciptakan ide-ide secara langsung. Dengan berpikir kreatif, seorang pengusaha dapat menciptakan inovasi pada produk yang dipasarkan, sehingga dapat menambah atau menciptakan produk tertentu yang bermanfaat baik secara sosial maupun ekonomi.

Contoh Ide Usaha Kreatif

Setelah memahami apa itu usaha kreatif, kini saatnya mengetahui sejumlah contoh ide usaha kreatif yang bisa kamu coba. Sebagai pengingat, beberapa ide usaha kreatif di bawah ini tidak memerlukan modal yang sangat besar, namun dibutuhkan sejumlah skill agar kamu bisa menguasainya.

1. Menjual Makanan Berat dan Ringan

Ide usaha yang pertama adalah dengan menjual makanan. Dalam hal ini makanan bisa dikategorikan lagi menjadi makanan berat atau makanan ringan. Nah, detikers perlu paham sejumlah kelebihan dan kekurangan dari menjual makanan, lalu cari tahu juga apakah makanan yang dijual sesuai target pasar atau tidak.

Selain itu, hitung juga modal yang harus dikeluarkan serta strategi promosi agar makanan detikers bisa laku.

2. Menjual Minuman Kekinian

Apabila detikers sering memperhatikan di pinggir jalan atau di mall, saat ini sudah banyak kedai yang menjual minuman, mulai dari kopi, jus, hingga minuman kekinian yang rasanya dominan manis.

Bisnis yang satu ini bisa kamu coba detikers, namun agar berbeda dari para pesaing kamu harus menciptakan minuman yang khas, sehingga masyarakat merasa penasaran dan ingin mencobanya.

3. Jasa Fotografer dan Videografer

Apakah detikers tertarik dengan dunia fotografi? Jika iya, kamu bisa membuka usaha jasa fotografer dan videografer. Saat ini jasa fotografer memang banyak dibutuhkan seperti foto produk (makanan dan minuman, pakaian, hingga peralatan rumah tangga), foto prewedding, hingga foto kelulusan saat wisuda.

Jasa videografer juga banyak dibutuhkan saat ini seperti membuat iklan promosi di media sosial, video prewedding, dan video klip musik.

4. Desain Grafis

Contoh ide usaha kreatif selanjutnya adalah desainer grafis. Saat ini sejumlah perusahaan banyak mencari jasa desainer grafis, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki ilmu mengenai desain visual.

Desainer grafis saat ini terbagi menjadi beberapa macam seperti desain grafis untuk illustrator, marketing, advertising, dan motion graphic. Maka dari itu, sebelum terjun ke dunia desain grafis sebaiknya tentukan keahlian kamu dulu, jika merasa cocok dalam satu bidang maka kamu bisa membuka usaha desain grafis.

5. Web Designer

Pekerjaan ini sebenarnya mirip-mirip dengan desainer grafis, karena sama-sama bertugas untuk mendesain. Namun yang jadi pembeda, web designer merancang desain untuk sebuah web (situs).

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa web designer untuk mendesain situs perusahaannya agar terlihat rapi dan ciamik. Untuk itu, membuka usaha jasa web designer sangat menggiurkan.

6. Menjual Barang Preloved

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menjual barang bekas pakai atau disebut juga sebagai preloved. Biasanya, barang-barang yang dijual merupakan milik pribadi dan sudah tidak dipakai lagi namun masih memiliki kualitas yang bagus. Barang-barang preloved meliputi pakaian, barang elektronik, atau barang antik.

7. Bisnis Thrift Shop

Saat ini bisnis thrift shop sedang ngetren lho detikers. Bagi detikers yang belum tahu, thrift shop adalah tempat menjual pakaian bekas dari berbagai merek dengan harga yang murah meriah. Meski begitu, sejumlah toko thrift shop menjual pakaian bekas dalam kondisi baik dan sudah dicuci sehingga terjamin soal kebersihannya.

8. Bisnis Online Shop

Apakah detikers gemar belanja online di sejumlah e-commerce? Nah bisnis online shop bisa menjadi ide usaha kreatif selanjutnya. Contohnya, kamu bisa membuka usaha pakaian lalu dijual di sejumlah e-commerce. Karena dijual secara online, kamu nggak perlu menyewa ruko untuk membuka toko offline lagi, sehingga kamu bisa berjualan di rumah saja.

9. YouTuber

Kalau kamu ingin mendapatkan cuan lebih di rumah kamu bisa menjadi seorang YouTuber. Dengan bermodalkan kamera smartphone, kamu bisa membuat konten yang dapat mengedukasi warganet, seperti membuat video soal pelajaran matematika, sejarah, hingga tips saat sidang skripsi. Jika penonton dan subscribers kamu terus bertambah, hal ini bisa menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan.

10. Jasa Edit Foto dan Video

Dunia fotografi dan videografi terus mengalami perkembangan, maka jangan heran sudah banyak masyarakat yang mulai terjun ke dalam bisnis ini. Kalau detikers punya waktu luang dan punya keahlian dalam edit foto dan video, hal tersebut bisa dijadikan usaha lho. Tinggal sesuaikan dengan keinginan klien, kamu bisa melakukan editing di rumah dengan santai.

11. Jasa Fotokopi dan Digital Print

Usaha yang satu ini juga banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di dekat sekolah atau universitas. Membuka jasa fotokopi dan digital print sangat membantu para pelajar atau mahasiswa yang ingin mencetak tugas ataupun skripsi.

Memang harga mesin fotocopy terbilang cukup mahal. Namun bisnis ini terbilang laris manis sebab banyak masyarakat yang masih membutuhkan jasa fotocopy, print, hingga mencetak foto.

12. Laundry Kiloan

Usaha yang satu ini juga mulai menjamur di lingkungan masyarakat. Laundry kiloan hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Maka jangan heran, jasa laundry kiloan sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

13. Laundry Sepatu

Sama seperti jasa laundry kiloan pakaian, jasa laundry sepatu juga mulai beredar luas di lingkungan masyarakat. Terkadang, banyak orang yang malas mencuci sepatu sehingga membutuhkan jasa laundry sepatu. Harga laundry sepatu saat ini juga bermacam-macam, tergantung dari jenis sepatu yang dicuci.

14. Guru Privat

Guru privat juga bisa menjadi salah satu ide usaha untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa membuka jasa guru privat di rumah dan mengajari para murid sesuai materi pelajarannya, seperti guru privat bahasa Inggris, bahasa Mandarin, hingga matematika.

15. Konter Pulsa

Konter pulsa bisa menjadi ide usaha yang meraup keuntungan besar. Sebab, masyarakat pasti membutuhkan pulsa dan paket internet agar bisa menggunakan smartphone. Tak hanya fokus menjual pulsa saja, kamu juga bisa menjual berbagai aksesoris smartphone atau menyediakan jasa servis smartphone.

16. Salon dan Pangkas Rambut

Ide usaha kreatif selanjutnya adalah membuka usaha salon dan jasa pangkas rambut atau disebut barbershop. Nggak perlu harus memiliki tempat yang besar dengan fasilitas mumpuni, cukup menyediakan tempat yang nyaman serta harga yang terjangkau agar pelanggan yang datang bisa puas dan bakal kembali di kemudian hari.

17. Servis Barang Elektronik

Ide usaha berikutnya adalah membuka jasa servis barang elektronik. Sejumlah barang yang bisa diperbaiki di antaranya handphone, TV, AC, hingga mesin cuci. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih bagi mereka yang kesulitan memperbaiki barang elektronik yang rusak secara sendiri.

18. Air Isi Ulang

Bisnis air isi ulang juga bisa menjadi ide usaha kreatif selanjutnya. Sebab, air isi ulang memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga banyak masyarakat yang tertarik membeli air isi ulang untuk kebutuhan sehari-hari.

19. Desainer

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menekuni usaha desainer, mulai dari desainer pakaian hingga desainer interior. Soalnya, para desainer ini mampu merancang suatu hal yang ia kuasai dalam bidangnya.

Misalnya, ada seorang klien yang ingin membangun rumah minimalis, di sini jasa desainer rumah sangat dibutuhkan agar dapat mendesain rumah sesuai keinginan klien.

20. Bengkel Sepeda Motor

Bisnis yang satu ini juga sudah menjamur di masyarakat, maka jangan heran cukup mudah untuk menemukan bengkel sepeda motor di pinggir jalan. Kalau kamu punya keahlian dibidang otomotif, kamu bisa membuka usaha sampingan bengkel sepeda motor.

21. TikTokers

Aplikasi TikTok saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat, mulai dari remaja hingga orang tua. Buat kamu yang ingin mendapatkan cuan tambahan, kamu bisa menjadi seorang TikTokers lho.

Di sini, kamu bisa membuat konten yang bermanfaat dan seru di TikTok. Misalnya, kamu membuat konten tentang tips dan trik, fakta-fakta unik, hingga review pakaian yang dibeli secara online. Semakin rutin kamu membuat konten, alhasil followers TikTok bisa bertambah dan penghasilan yang didapat semakin besar.

22. Katering Rumahan

Ide usaha kreatif berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka usaha katering rumahan. Kamu bisa memulai dengan usaha katering kecil terlebih dahulu, seperti katering untuk anak sekolah, karyawan kantor, hingga katering untuk acara kecil (pesta ulang tahun, khitanan, dll).

23. Toko Kelontong (Warung)

Membuka toko kelontong atau warung juga bisa menjadi ide usaha kreatif yang bisa kamu coba. Saat ini usaha warung masih menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan, sebab masih banyak masyarakat yang berbelanja di warung seperti membeli bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Alasannya, sejumlah produk di toko kelontong harganya lebih murah ketimbang yang dijual di minimarket.

24. Reseller

Ide usaha kreatif yang satu ini bisa kamu lakukan juga lho detikers. Sebab, sudah banyak masyarakat yang kini menjalankan bisnis reseller terutama secara online. Jangan anggap remeh usaha ini, sejumlah reseller bisa memperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah hanya menjadi seorang reseller.

25. Streamer Game Online

Apakah detikers gemar bermain game online saat akhir pekan? Jangan salah, hobi yang kamu gemari ini bisa menjadi ladang cuan yang menguntungkan lho. Saat ini sudah banyak streamer game online yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan bermain game saja.

Biasanya, para gamers melakukan live streaming di sejumlah platform seperti YouTube hingga Twitch. Dari sini, para penonton live streaming biasanya memberi sejumlah donasi, gift, dan sebagainya. Nantinya donasi tersebut bisa dicairkan menjadi uang.

Nah, itu dia detikers 25 ide usaha kreatif dengan modal kecil namun bisa meraup keuntungan maksimal. Sebagai pengingat detikers, jangan takut gagal saat akan memulai usaha sebab semuanya butuh proses agar bisa berhasil. Selamat mencoba ya!



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT