ADVERTISEMENT

Cara Membuka Les Privat dengan Modal Minim yang Efektif

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 04:35 WIB
Ilustrasi les privat.
Foto: Greg Rosenke/Unsplash
Jakarta -

Salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan dalam skala kecil dan menengah adalah les privat. Untuk membuka les privat, kamu tidak harus punya modal besar. Cukup dengan modal minim pun usaha les privat sudah bisa dijalankan.

Jika kamu ingin membuka usaha les privat dengan modal minim yang efektif, maka kamu perlu mempelajari caranya dalam artikel ini sampai tuntas. Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat dan Prospek Peluang Usaha Les Privat

Mengutip buku Rahasia Sukses Berbisnis Sampingan Skala Rumahan oleh Redaksi RAS, les privat merupakan usaha yang memiliki prospek bagus seiring dengan perkembangan dunia pendidikan. Les privat adalah usaha memberikan transfer ilmu tambahan bagi siswa di luar jam sekolah atau pendidikan formal.

Manfaat dan prospek usaha les privat yakni:

  • Bisa dilakukan dari rumah secara online maupun offline.
  • Permintaan atau demand semakin tinggi seiring perkembangan dunia pendidikan.
  • Tidak terbatas hanya pada mata pelajaran sekolah, tetapi juga keterampilan lain seperti bermusik atau memasak, sehingga siswa dapat mengembangkan keahlian lain.
  • Dapat dimulai dengan modal minim, baik dengan maupun tanpa renovasi ruangan.
  • Lebih menguntungkan dari sisi operasional karena jumlah murid lebih sedikit dibandingkan les bukan privat.
  • Waktu belajar lebih efektif dan dapat disesuaikan dengan siswa.

Cara Membuka Les Privat Rumahan yang Efektif

Untuk membuka les privat skala rumahan yang efektif dengan modal minim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut cara membuka les privat rumahan mengutip buku Rahasia Sukses Berbisnis Sampingan Skala Rumahan.

1. Unggul dalam Bidang Ilmu Pengetahuan

Mula-mula, kita harus memiliki modal awal berupa pengetahuan yang baik terkait bidang ilmu tertentu yang akan diajarkan. Akan lebih baik dan memberi nilai plus jika kita memiliki prestasi bidang akademik yang sesuai dengan mata pelajaran atau subjek yang akan diajarkan.

2. Memiliki Skill Mengajar yang Baik

Selain modal pengetahuan sesuai bidang ilmu, kita juga harus mengantongi modal penting lain berupa skill mengajar yang baik. Jika kita tidak bisa mengajar dengan baik, maka proses transfer ilmu ke siswa akan terhambat dan justru merugikan bagi usaha les privat yang kita jalankan.

3. Melatih Kesabaran

Les privat biasanya dipilih oleh para orangtua yang anaknya kesulitan mengikuti pelajaran formal maupun nonformal yang beramai-ramai dan membuatnya sulit fokus. Artinya anak atau siswa di sini perlu perhatian dan pendampingan khusus. Sebagai pengajar les privat, kita harus sabar menghadapi siswa.

4. Riset Pasar

Selanjutnya, kita juga perlu melakukan riset pasar. Ketahui mata pelajaran atau subjek apa yang paling dibutuhkan untuk diajarkan secara privat. Misalnya Matematika. Mata pelajaran ini sering kali menjadi momok di sekolah, sehingga akhirnya ada tempat les populer yang khusus untuk mengajarkan Matematika. Kita bisa meniru cara tempat les tersebut untuk menjalankan usaha les privat kita sendiri.

5. Analisis Usaha

Ketika les privat mulai berjalan, jangan lupa untuk senantiasa melakukan evaluasi untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitas pengajaran kita. Apakah peserta les privat merasa nyaman dan terbantu dengan les privat ini? Jika belum, apa yang kurang?

6. Meyakini Usaha Dapat Berjalan Baik

Terakhir, kita harus yakin bahwa usaha les privat ini dapat berjalan baik. Kita perlu berkomitmen untuk memberikan layanan mengajar terbaik bagi klien. Usahakan waktu les sesuai antara kita sebagai pengajar dan siswa yang diajar.

Tips Agar Les Privat Sukses

Selain memperhatikan cara-cara di atas, kita juga perlu memperhatikan tips berikut ini agar les privat sukses.

1. Memberi Diskon

Salah satu tips yang bisa digunakan menggaet klien adalah dengan memberi diskon atau potongan harga untuk layanan les privat kita.

2. Pasang Papan Nama

Jika les privat dilakukan di rumah kita, jangan lupa pasang papan nama di depan atau minimal informasi bahwa kita membuka les privat.

3. Menjalin Kerja Sama dengan Bimbel Sekitar

Kita juga bisa menjalin kerja sama dengan bimbel sekitar dengan kesepakatan-kesepakatan tertentu. Misalnya kita juga mengajar di bimbel tersebut, tapi juga menyediakan layanan les privat sendiri untuk siswa yang masih merasa kurang dengan bimbel.

4. Pendekatan dengan Orang Tua Siswa

Klien kita biasanya adalah siswa, tetapi yang memilihkan pendidikan untuk mereka adalah orang tua mereka. Karena itu, kita juga perlu melakukan pendekatan dengan orang tua supaya mereka mau mempercayakan anaknya untuk diajar secara privat oleh kita.

Berapa Biaya Les Privat?

Berikut kisaran biaya les privat yang dibutuhkan mengutip buku Pengangguran Kaya Raya oleh Wildan Fatoni.

Modal Investasi Awal

  • Sewa tempat les Rp 5.000.000
  • Perlengkapan les (kursi, meja, papan tulis, dll) Rp 3.000.000
  • Promosi Rp 500.000

Total Rp 8.500.000

Biaya Operasional Bulanan

  • Listrik, telepon Rp 100.000
  • Biaya perlengkapan (buku, pena, dll) Rp 400.000

Total Rp 500.000

Asumsi Pendapatan per Bulan

  • 10 anak/bulan x Rp 300.000 = Rp 3.000.000
  • Keuntungan per bulan (Pendapatan - biaya operasional) Rp 2.500.000 (belum dikurangi gaji guru jika mempekerjakan guru).

Berapa Gaji Guru Les Privat?

Mengutip situs salaryexpert.com, gaji guru privat biasa dihitung per jam mengajar. Rata-rata berada pada angka Rp 74.201 per jam atau dibulatkan menjadi Rp 75.000 per jam. Namun, diperkirakan pendapatan per bulan ini bisa meningkat hingga 34 persen dalam 5 tahun atau hingga 2027.

Sementara menurut situs salaryexplorer.com, guru les privat di Indonesia digaji antara Rp 4.760.000 hingga Rp 16.500.000 per bulan. Besaran gaji ini bisa berubah dan berbeda-beda tergantung kesepakatan antara guru/pengajar dan lembaga les privat, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pengalaman guru dan kebutuhan pelanggan.

Kelebihan Usaha Les Privat

Berikut kelebihan membuka usaha les privat yang bisa menjadi motivasi bagi kamu, mengutip buku Memulai Usaha dari Awal oleh Dayat Suryana.

  • Jam operasional les privat bersifat fleksibel tergantung kesepakatan antara guru dan siswa, tidak seperti jam sekolah.
  • Les bisa dilaksanakan dengan guru yang datang ke tempat murid atau sebaliknya.
  • Guru biasanya unggul secara akademik dan menguasai materi pelajaran secara menyeluruh, sehingga bermanfaat untuk murid.
  • Penyampaian materi pelajaran dalam les privat lebih efektif sehingga murid lebih mudah memahami materi.
  • Biasanya les privat menjadi incaran dan pilihan bagi murid yang memang ingin meningkatkan prestasi akademik.

Nah, sekarang detikers sudah lebih memahami cara membuka les privat dengan modal minim dan efektif. Semoga bermanfaat dan usaha les privatmu berhasil.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT