ADVERTISEMENT

25 Ide Usaha Online Minim Modal Cepat Balik Modal

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 19:11 WIB
Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menunjukan aplikasi pemasaran produk kopi arabika dan robusta gayo yang dijual secara daring (online) di Banda Aceh, Aceh, Minggu (9/8/2020). Selain memasarkan produk dengan cara tatap muka, para pelaku UMKM juga menjual berbagai hasil usaha dengan cara online sebagai salah satu upaya mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww.
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Bisnis online adalah bisnis yang dapat menjangkau beragam wilayah dengan memanfaatkan kekuatan internet yang tidak terbatas. Bisnis ini dapat membuka pintu ke segmen pemasaran yang luas dengan biaya yang tak begitu banyak.

Berikut ini penjelasan dan rekomendasi ide usaha untuk membantu membangun bisnis online yang sukses.

Ide Usaha Online

1. Coba Buat Pakaian Sendiri

Kamu punya selera fashion yang bagus dan unik? Kamu bisa menjahit? Cobalah untuk mulai riset bahan baku pakaian di pasaran, kemudian buat kreasi pakaianmu sendiri. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menciptakan produk yang akan digunakan orang setiap hari.

Laman Shopify menyarankan agar kamu mencoba menggunakan pakaianmu sendiri, melihat respon orang-orang di sekitarmu, lalu cobalah untuk menjualnya! Kamu pasti senang melihat desainmu dipakai orang lain dan mencoba mengubah kreativitas menjadi sesuatu yang nyata dan menguntungkan. Kalau sukses, cuannya pasti tak main-main!

Pelajari cara membuat dan menjual produk sendiri dengan mudah. Ada banyak platform untuk belajar, seperti ikut kursus, atau ada pula program pemerintah yang tak butuh biaya, salah satunya yakni program Prakerja.

2. Bisnis Dropship

Kamu tak punya banyak ruang untuk menyimpan stock daganganmu? Dropshipping adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis dengan anggaran dan ruang yang terbatas. Kamu dapat mulai bekerja dengan mencari produk yang sudah ada sebelumnya dari pemasok dan meminta mereka mengurus pengemasan dan pengiriman.

Proses ini memungkinkan kamu terhindar dari kerugian dan beberapa permasalahan, kemudian belajar memulai bisnis sendiri. Selain itu kamu bisa mengecek pangsa pasar, kamu juga tidak perlu menyimpan produk. Setiap kali pembelian dilakukan, kamu melakukan pemesanan dengan pihak ketiga dan mereka menangani prosesnya untuk klienmu.

Kamu pun bisa menjalankan bisnis dari mana saja. Baik itu ruang tamu, kamar, atau kafe. Jika kamu tertarik dengan dropshipping, pastikan punya supplier yang terpercaya, ya!

3. Jual Karya Seni

Kamu suka melukis? Kamu bisa berkreasi dengan clay? Atau kamu punya bakat yang tak banyak dimiliki orang lain? Kamu bisa menjual karya senimu! Jika melukis atau fotografi adalah keahlianmu, kamu dapat menjual karya sebagai cetakan, kanvas, poster berbingkai dengan pigura yang unik, dan lainnya.

Ini adalah cara yang fantastis untuk mengubah karya seni menjadi sesuatu yang nyata dan dapat dinikmati oleh orang-orang. Kamu akan menjadi bagian dari kehidupan orang-orang. Sebagai seorang seniman, menciptakan seni bukan hanya sekedar hobi namun juga jadi cara hidup. Ini adalah kesempatan untuk mengubah gairah menjadi aliran pendapatan dan berpotensi melakukan apa yang kamu sukai untuk mencari nafkah.

4. Freelance Penulis atau Desainer

Lagi-lagi softskill pun bisa dijual melalui bisnis online! Penulis dan desainer grafis dapat memulai bisnis berbiaya rendah berdasarkan bakat mereka. Sebagai freelancer, kamu akan dapat menggunakan keahlian dengan baik dan membantu orang-orang di berbagai wilayah dengan proyek mereka (sambil menghasilkan uang sendiri).

Kamu pun dapat dengan mudah mengambil tugas yang sesuai dengan jadwalmu. Kamu bisa memilih proyek mana yang ingin dikerjakan dan mengatur jadwal dan tempat kerja sendiri. Apalagi, dibayar untuk melakukan sesuatu yang kamu kuasai adalah perasaan yang menyenangkan.

Jika kamu terbilang baru dalam menulis atau mendesain, freelance cara terbaik untuk membangun portofolio dan mendapatkan pengalaman nyata di berbagai industri. Kamu mungkin menemukan bahwa kamu memiliki bakat atau hasrat untuk sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Asyik kan?

5. Mengajar Kursus Online

Mengajar kursus online adalah ide bisnis online dengan investasi rendah untuk menghasilkan pendapatan. Yang perlu kamu lakukan adalah menyusun panduan video yang menjelaskan atau mengajarkan sebuah informasi penting.

Jika kamu berhasil merancang tutorial video yang asyik dan mudah dipahami, kamu akan menghasilkan uang dengan moncer karena orang-orang terus mendaftar di kursus onlinemu.

Untuk mulai membuat kursus online pertama, cari topik yang cukup kamu ketahui dan kamu kuasai untuk mengajari seseorang cara melakukannya dari awal. Ini bisa berupa apa saja seperti makeup, produksi musik, pemasaran media sosial, pengembangan web, apa saja!

Selanjutnya, rekam layar dan suara saat memandu siswa melalui tutorialmu. Dengan kursus online, kamu benar-benar dapat mengaturnya. Kamu sudah memiliki pengetahuan, kemudian kamu hanya perlu membagikannya. Berfokuslah untuk mengajarkan sesuatu yang sudah dikuasai.

Terlebih, mengajarkan seseorang keterampilan baru adalah hadiah tersendiri. Meskipun pasti ada uang yang bisa dihasilkan dengan mengajar kursus online, membantu orang lain selalu merupakan pengalaman yang memuaskan.

6. Toko Barang Bekas

Jika kamu suka mengunjungi toko barang bekas dan mencari penawaran menggiurkan, maka satu ide bisnis online yang bagus adalah menjual barang bekas secara online. Pelanggan potensialmu ingin membeli barang-barang keren, tetapi mereka tidak ingin harga yang mahal. Manfaatkan ini dengan memposisikan diri sebagai kurator terpercaya yang dapat menjual barang-barang vintage yang bagus untuk orang lain.

Kamu akan menyisir rak-rak toko barang bekas dan menjual sesuatu yang unik. Pastikan barang yang kamu tampilkan dan pajang itu menarik perhatian dan tidak ada tempat lain.

7. Terbitkan Buku

Terasa seperti angan-angan? Bukan tidak mungkin jika kamu ingin menerbitkan buku sendiri suatu hari nanti. Meskipun melihat namamu di daftar buku terlaris mungkin tampak seperti mimpi, sebenarnya tidak terlalu jauh dari jangkauan.

Cobalah untuk mulai menulis, tak masalah apakah itu novel fiksi ilmiah, panduan pemasaran, atau buku bergambar anak-anak, sekarang ada banyak pilihan untuk menerbitkan karya sendiri dengan sukses. Kamu bisa menjadi penulis indie, sebab mulai bermunculan beberapa penerbit indie yang tak harus mencetak ribuan eksemplar.

8. Menulis di Sosial Media

Menghasilkan uang dari Twitter pasti menjanjikan! Kamu bisa membuat thread dari Twitter, hingga memperoleh banyak perhatian. Maka, brand-brand ternama pun akan berdatangan untuk beriklan di akunmu.

Kunci untuk memulai tweet yang sukses adalah fokus untuk membangun audiens yang setia dan terlibat. Ketika kamu memulai dengan pendekatan yang berpusat pada audiens, kamu akan menumbuhkan komunitas yang bisa mulai mendorong adanya iklan. Twitter memiliki potensi pertumbuhan yang tidak terbatas.

9. Influencer

Tak hanya Twitter, kini ada banyak platform yang jadi sasaran empuk untuk mencari pundi-pundi rupiah. Ada Instagram, TikTok, dan Twitter. Influencer telah meledak di kancah pemasaran.

Kamu akan belajar tentang merek baru dan menyampaikan review jujur terhadap merek yang kamu gunakan. Kamu hanya perlu mencari segmentasi audiens, gunakan bahasa dan penampilan yang menarik, dan percaya diri saat videomu mulai ditonton banyak orang.

10. Buat Podcast

Kamu suka membicarakan banyak hal? Kamu punya suara yang bagus? Cobalah untuk merekamnya di podcast. Podcast adalah ide bisnis yang bagus, kamu bisa mulai dari platform Spotify atau YouTube. Untuk mempromosikan podcast, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan comedian terkemuka sebagai tamu di acara. Jangan ragu untuk memulai, sebab kini podcast terus tumbuh dalam popularitas. Menurut Podcast Insights, setidaknya 51% orang mulai beranjak mendengarkan podcast.

11. Afiliates

Pernah dengan affiliates? Ini merupakan jenis pemasaran, afiliasi adalah ketika kamu merekomendasikan produk atau layanan dengan membagikannya di media sosialmu. Agak mirip seperti influencer, sehingga kamu akan mendapatkan komisi setiap kali seseorang mengonversi melalui tautan yang kamu berikan.

Temukan program afiliasi yang sesuai dengan minat, merek pribadi, dan audiens targetmu. Ini adalah ide bisnis yang sangat mudah. Kamu mungkin sudah pernah mempromosikan produk dan layanan yang kamu gunakan. Sekarang kamu bisa mendapatkan bayaran untuk itu!

12. Kembangkan Produk

Jika kamu mengenali adanya peluang di produk tertentu, kamu mungkin berada di ide bisnis online sukses berikutnya. Sebagai contoh, segmentasi kamu adalah konsumen yang sadar akan suatu produk dan merek vegan yang ramah lingkungan. Maka kembangkan produk vegan yang unik dan layak untuk dipasarkan.

13. Buat Barang Buatan Tangan

Sekarang, produk lokal UMKM sudah semakin maju dan dihargai, loh! Produk buatan tangan akan menjadi ide bisnis online yang bagus untuk kamu. Baik membuat perhiasan, bingkai foto, atau furniture yang lucu, estetik, dan kreatif pasti jadi satu ide bisnis yang mudah untuk dijual secara online.

Luangkan waktu sebanyak atau sesedikit yang kamu inginkan. Buat hasil kreasimu sesuai jadwal yang kamu bisa. Ubah gairah menjadi penghasilan. Seperti banyak ide bisnis online kewirausahaan yang didukung oleh hasrat, biasanya akan mengarah pada pengalaman yang lebih memuaskan.

14. Coba Buat Donat Sendiri

Semua orang suka donat! Kamu punya selera masakan yang lezat dan unik? Kamu bisa memasak? Cobalah untuk mulai riset bahan baku di pasaran, kemudian buat kreasi donatmu sendiri. Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menciptakan donat yang akan dikonsumsi orang setiap hari.

Coba cicipi donatmu sendiri, lihat respon orang-orang di sekitarmu, lalu cobalah untuk menjualnya! Kamu pasti senang melihat masakanmu dicicipi orang lain. Kalau sukses, cuannya pasti tak main-main!

Pelajari cara membuat dan menjual produk sendiri dengan mudah. Ada banyak platform untuk belajar, seperti ikut kursus, atau ada pula program pemerintah yang tak butuh biaya, salah satunya yakni program Prakerja.

15. Bisnis Properti

Mungkin terdengar menakutkan ketika kamu mendengarnya sebab terasa seperti hal yang tidak mudah. Namun sebetulnya investasi properti tidak sulit untuk dilakukan setelah melakukan riset. Rajin-rajinlah memasarkan properti, menjadi makelar yang berkelas, dan tawarkan open house lebih sering agar klien tak penasaran. Semua pemasaran tentunya bisa kamu lakukan online.

16. Jual Apapun di E-Commerce

Kini, banyak marketplace menjadi sarana untuk menjual produk, menangkap informasi kontak, dan menerima pembayaran menjadi mudah. Ditambah lagi keterampilan penjualan online yang kamu peroleh dapat diterapkan ke dalam bisnis yang berdekatan di kemudian hari.

17. Menjadi Translator

Pernah dengar jasa ini? Ternyata ini jadi jasa yang banyak dicari loh, detikers! Kalau kamu mahir dalam bahasa asing, kamu bisa menjadi penyelamat bagi para akademisi atau siapapun yang membutuhkan translator.

Tak hanya bahasa asing, menjadi translator untuk bahasa isyarat pun kini menjadi penting. Selain mendapat pundi-pundi rupiah, kamu juga bisa menolong orang lain. Pasti menyenangkan!

Sebagai penerjemah, kamu dapat menerapkan keahlian untuk menerjemahkan konten, rapat, resume, buku, atau bahkan konferensi online. Penerjemah bisa menjadi bisnis fleksibel yang tidak memerlukan pengelolaan iklan atau berurusan dengan inventaris.

18. Menjadi Pengajar Bahasa Isyarat

Kamu bisa berbahasa isyarat? Saatnya membantu orang lain dan ajarkan kepada lebih banyak orang lagi. Kini, semakin banyak orang yang ingin bisa berkomunikasi dengan teman tuli. Kamu bisa memanfaatkan permintaan ini dan menawarkan layanan kepada klien yang ingin mencobanya.

19. Menjadi Pelatih Senam Online

Sekarang baru zamannya olahraga di rumah loh! Cobalah untuk berlatih kebugaran. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial, sebab senam online juga bagian dari industri visual. Hadir di platform seperti Instagram dan TikTok bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun audiens dan dapat klien.

20. Buat dan jual NFT

Membuat dan menjual NFT adalah salah satu cara terbaru untuk memulai bisnis online. Ada pasar yang penuh gairah yang layak dimanfaatkan jika memanfaatkan pembangunan komunitas dan berhasil menjual NFT.

Jika kamu seorang seniman dan Anda sudah membuat seni fisik, menerjemahkan keterampilan tersebut ke dalam NFT yang dapat dipasarkan dapat terbukti menjadi poros yang kuat ke dalam dunia bisnis online.

21. Memulai Bisnis Pelatihan Online

Memiliki keterampilan melatih? Bergabunglah dengan industri pelatihan online dan mulailah melatih klien. Mulailah dengan memperjelas apa yang kamu tawarkan dan hasil yang dapat diharapkan klien dari upaya pembinaanmu.

22. Latih Suara

Kamu tertarik dengan musik? Kamu juga bisa buka kursus latih suara online! Untuk memulai, pertimbangkan untuk merekam demo reels Instagram, membuat situs web profesional, dan membangun kehadiran media sosial yang akan menarik calon pelanggan latih suara. Kamu juga bisa bertemu dengan banyak musisi yang hebat dari kesempatan pekerjaan ini.

23. Menjadi Konsultan Iklan

Kamu pernah belajar advertising? Iklan solusinya. Iklan ada di mana-mana. Mengapa tidak menjadi orang yang mendapatkan biaya konsultasi dari bisnis yang ingin mengoptimalkan strategi iklan mereka? Yup, itulah bisnis yang bisa kamu jalankan sepenuhnya secara online.

24. Membuat Komunitas

Siapa bilang komunitas tak akan menghasilkan uang? Kamu bisa buat komunitas seperti pecinta bunga, tanaman, untuk dapat membuat konten. Salah satu komunitas yang membuat berkumpul jadi menghasilkan uang adalah The Prediksi. Pasti kalian tahu, kan? Sehingga yang dibutuhkan dalam komunitas adalah kekompakan, kesukaan yang sama, keunikan, dan tentunya konsistensi.

25. Manfaatkan Promosi Media Sosial

Terakhir, bisnis online adalah bisnis yang membuatmu dapat mengembangkan apapun! Jadi pastikan kamu memupuk audiens yang terlibat yang berinteraksi dengan kontenmu. Apapun yang kamu promosikan pasti bisa jadi cuan di semua platform. Jadi manfaatkanlah untuk memasang iklan di media sosial. Pasti balik modal kalau strateginya matang.

Tips Sukses Usaha Online

1. Pahami Siapa Pelangganmu

Lakukan riset pasar sebelum meluncurkan usaha baru. Riset pasar ini akan membantu memahami siapa pelangganmu, di mana mereka saat ini berbelanja, dan memutuskan apa yang membuat bisnismu lebih baik daripada pesaing.

2. Selesaikan Masalah Pelanggan

Ajukan pertanyaan. Apa kebutuhan mereka? Berikan solusi dari kebutuhan atau permasalahan mereka. Tawarkan barang yang mereka butuhkan. Kalau kelihatannya bukan jadi hal yang mereka butuhkan, kamu harus bisa memasarkan barangmu dengan kreatif agar bisa menarik pembeli. Dari yang awalnya tidak minat, jadi tertarik deh!

3. Harus Mudah Dijangkau

Buatlah mudah untuk membeli dan menawarkan banyak kesempatan untuk membayar. Kamu harus memasang produkmu ke berbagai platform agar mereka mudah menjangkau. Dengan adanya kemudahan, pasti akan membuat pelanggan pun berdatangan.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai ide usaha online. Mudah bukan? Kamu bisa berdagang apapun melalui media sosial. Kuncinya hanyalah kreatif dan konsisten! Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT