ADVERTISEMENT

Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan: Pengertian dan Perbedaannya

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 10:27 WIB
Ilustrasi strategi marketing
Ilustrasi marketing atau pemasaran. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dalam bisnis konsep penjualan dan konsep pemasaran bentuk panduan untuk memasarkan produk ke konsumen. Kedua konsep ini memiliki perbedaan yang cukup bertolak belakang.

Konsep pemasaran fokus pada nilai pelanggan, sedangkan konsep penjualan fokus pada transaksi penjualan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini ya!

Pengertian Konsep Pemasaran

Mengutip Philip Kotler dan Gary Amstrong menyatakan konsep pemasaran adalah filosofi 'merasakan dan merespons' yang berpusat pada pelanggan. Pada konsep ini pencapaian tujuan organisasi tergantung pada pengetahuan akan kebutuhan dan keinginan target pasar dan memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik daripada pesaingnya.

Hal senada juga disampaikan Farida Yulianti, Lamsah dan Periyadi dalam buku Manajemen Pemasaran. Konsep pemasaran merupakan kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Secara ringkas, konsep pemasaran berfokus pada pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Fungsi Konsep Pemasaran

Berdasarkan pengertian di atas, konsep pemasaran memegang kunci untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemahaman pada nilai pelanggan. Berikut fungsi konsep pemasaran:

1. Mengetahui Target Konsumen

Dengan mengetahui target konsumen perusahaan bisa mempelajari dan memahami keinginan/kebutuhan pelanggan, yang di masa kini bisa dilakukan lewat interaksi online maupun survei tren pasar dan selera konsumen yang selalu berubah.

2. Perumusan Produk

Setelah memahami keinginan atau kebutuhan pelanggan, perusahaan bisa menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan target konsumen. Dalam hal ini memungkinkan perusahaan menjadi pemimpin persaingan dalam pemuasan kebutuhan pelanggan.

3. Mengintegrasikan Operasi Bisnis

Konsep pemasaran juga berfungsi untuk mengintegrasikan operasi bisnis, dalam hal ini kolaborasi antar tim atau organisasi perusahaan untuk memahami tujuan utama yaitu kepuasan konsumen. Setelah mengetahui tujuan utama itu, memastikan upaya bisnis menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Pengertian Konsep Penjualan

Mengutip Cambridge dictionary, konsep penjualan didefinisikan sebagai ide tentang cara menjual sebuah produk. Sementara itu, Philip Kotler bukunya Marketing Management (2000), mendefinisikan konsep penjualan sebagai orientasi bisnis pada umumnya.

Konsep penjualan mengasumsikan bahwa konsumen biasanya menunjukkan resistensi pembelian dan harus dibujuk untuk membeli. Konsep penjualan ini juga mengasumsikan bahwa perusahaan memiliki seluruh tenaga untuk penjualan yang efektif dan metode promosi untuk merangsang lebih banyak pembelian.

Fungsi Konsep Penjualan

Mengutip Indeed fungsi konsep penjualan adalah untuk menganalisis efek pembelian dan penjualan dengan menempatkan fokus utama untuk menghasilkan transaksi penjualan. Konsep penjualan menekankan pada barang yang biasanya tidak dibeli atau dibutuhkan konsumen.

Konsep penjualan mengasumsikan pelanggan yang terbujuk untuk membeli produk akan menyukainya atau jika pelanggan tidak menyukai produk itu mereka akan melupakan kekecewaan mereka dan membelinya lagi nanti. Sebab, tujuan konsep penjualan adalah cara menjual produk dan bukan membuat yang diinginkan pasar.

Berikut fungsi konsep penjualan:

1. Panduan untuk Konten Iklan

Iklan mengarahkan pelanggan untuk mengetahui manfaat produk dan alasan pelanggan harus membeli produk tersebut. Konsep penjualan menjadi panduan konten iklan dengan memberikan gambaran jelas bagaimana cara menjual produk tersebut atau meningkatkan paparan produk kepada konsumen potensial.

2. Menghabiskan Stok

Perusahaan menggunakan konsep pemasaran untuk menghabiskan stok atau mengurangi stok barang. Diskon akhir tahun merupakan salah satu konsep penjualan umum di industri automobil.

3. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Konsep penjualan adalah memamerkan produk yang mungkin tidak dipertimbangkan dibeli kepada pelanggan. Menarik pelanggan baru merupakan salah satu jenis konsep penjualan dan sangat mungkin akan meningkatkan penjualan perusahaan.

Perbedaan Konsep Penjualan dan Pemasaran

Mengutip Key Differences, berikut perbedaan konsep penjualan dan pemasaran:

1. Makna

  • Konsep penjualan: merupakan gagasan bisnis yang menyatakan jika konsumen dan bisnis tidak dijaga maka tidak akan ada penjualan produk yang cukup.
  • Konsep Pemasaran: adalah orientasi bisnis yang berbicara tentang pencapaian tujuan organisasi dengan menjadi lebih baik dari yang lain dalam memberikan kepuasan pelanggan.

2. Keterikatan

  • Konsep penjualan: memikat pikiran konsumen terhadap barang dan jasa.
  • Konsep pemasaran: mengarahkan barang dan jasa ke pikiran konsumen.

3. Titik Awal

  • Konsep penjualan: pabrik
  • Konsep pemasaran: pangsa pasar

4. Fokus

  • Konsep penjualan: menjual produk
  • Konsep pemasaran: kebutuhan konsumen

5. Perspektif

  • Konsep penjualan: dari dalam ke luar
  • Konsep pemasaran: dari luar ke dalam

6. Esensi Utama

  • Konsep penjualan: perpindahan hak dan kepemilikan
  • Konsep pemasaran: kepuasan konsumen

7. Perencanaan Bisnis

  • Konsep penjualan: jangka pendek
  • Konsep pemasaran: jangka panjang

8. Orientasi Bisnis

  • Konsep penjualan: berorientasi pada volume atau kuantitas
  • Konsep pemasaran: berorientasi pada keuntungan

9. Strategi yang Digunakan

  • Konsep penjualan: penjualan dan promosi
  • Konsep pemasaran: pemasaran yang terintegrasi

10. Harga

  • Konsep penjualan: tergantung biaya produksi
  • Konsep pemasaran: ditentukan pasar.

Contoh Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan

1. Konsep Pemasaran

Jenis usaha yang menerapkan konsep pemasaran yaitu restoran dan start-up. Kedua usaha ini mencoba memahami pelanggan dan memberikan produk atau jasa terbaiknya, yang baik dalam persaingan bisnis.

Contoh lain di antaranya bisnis jasa desain interior, perusahaan fashion dan butik, perusahaan hiburan, dan bisnis perumahan. Jenis-jenis bisnis tersebut fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

2. Konsep Penjualan

Perusahaan yang menerapkan konsep penjualan yaitu situs-situs e-commerce yang sering memberikan diskon setiap tanggal cantik. Perusahaan ini memberikan diskon dan iklan besar-besaran untuk menarik pelanggan.

Contoh lain di antaranya perusahaan peralatan rumah tangga, perusahaan pakaian dalam, perusahaan telekomunikasi. Jenis usaha dengan konsep penjualan ini berorientasi pada volume penjualan dan biasanya memberikan promosi untuk menarik minat konsumen.

Nah itulah perbedaan konsep pemasaran dan penjualan. Semoga membantu memberikan gambaran yang jelas ya detikers!



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT