ADVERTISEMENT

7 Perbedaan WA Bisnis dengan WA Biasa dan Keuntungannya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 22 Sep 2022 12:29 WIB
Ilustrasi Whatsapp Bisnis.
Foto: Alexander Shatov/Unsplash
Jakarta -

WhatsApp (WA) adalah salah satu aplikasi messenger yang banyak digunakan orang. Saat ini, WhatsApp juga menambah fungsionalitas dan layanannya dengan menghadirkan WhatsApp Business (WA bisnis).

WhatsApp merilis WhatsApp Business pada tahun 2018. WhatsApp Business adalah aplikasi obrolan OTT (over-the-top) yang mampu menghadirkan fungsionalitas dan kenyamanan pesan pribadi ke pelanggan.

Kehadiran WA bisnis bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan atau para penjual yang ingin mempromosikan merek/brand mereka. Sehingga pengguna bisa melakukan aktivitas WhatsApp marketing.

Kedua platform tersebut juga bisa dioperasikan melalui WhatsApp Web juga lho. Dengan begitu, hal ini akan bermanfaat karena memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis.

Lalu, apa perbedaan WA bisnis dan biasa? Simak penjelasan dan kelebihan dari WA bisnis berikut ini.

Perbedaan WA Bisnis dan WA Biasa

Berdasarkan kemampuan operasionalnya, WA bisnis dan WA biasa tentu memiliki fitur yang berbeda. WhatsApp Messenger biasa digunakan oleh individu untuk komunikasi pribadi, sedangkan WhatsApp Business digunakan oleh pemilik perusahaan atau para pelaku usaha.

Mengutip laman verloop.io, perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp adalah sebagai berikut:

1. Perbedaan Logo Aplikasi

Tarakhir, perbedaan WhatsApp bisnis dan biasa ada pada logo aplikasinya. Tampilan logo WhatsApp Business berlatar belakang warna hijau dengan menggunakan huruf kapital "B". Sementara, logo WhatsApp biasa hanya gambar telepon berwarna hijau.

2. Profil Pengguna

Perbedaan WA bisnis dan WA biasa yang pertama yaitu pada profil penggunanya. WA bisnis bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis hingga tampilan katalog suatu produk, sedangkan WA biasa tidak.

Bagian profil aplikasi pribadi WhatsApp hanya berisi tentang bagian nama, gambar tampilan dan nomor telepon, sedangkan pada WA bisnis pengguna bisa menampilkan:

  • Nama bisnis
  • Logo
  • Kategori bisnis
  • URL situs web
  • Tampilan katalog produk
  • Memasukkan deskripsi perusahaan
  • Memperbarui lokasi dan menentukan jam kerja.

3. Label pada Kontak

Fitur messenger di WA biar tidak mendukung fitur label pada kontaknya, sedangkan WA bisnis mendukung. WA bisnis memiliki fitur untuk memberi label dengan kode warna secara kategoris pada daftar chat. Label berfungsi untuk menandai masing-masing kontak atau grup.

Melalui fitur label pada WA bisnis ini, pengguna bisa mengurutkan kontak sesuai dengan nama dan label khususnya. Pengguna bisa membuat sampai 20 label khusus.

4. Keamanan

Sebenarnya, baik WA bisnis dan WA biasa keduanya memiliki enkripsi ujung ke ujung untuk pesan. Di mana, setiap pesan sepenuhnya akan diamankan oleh suatu protokol yang tidak bisa diakses oleh pengguna pihak ketiga.

Hal ini memastikan bahwa setiap pesan yang dibagikan di kedua platform tersebut, bisa aman mencapai tujuan (penerima pesan). Di sisi lain, akun pada WA bisnis bisa mengumpulkan informasi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka melalui layanan di WA bisnis.

5. Otomatisasi Pesan

Pada WA biasa kita tidak bisa mengotomatiskan pesan di WhatsApp Messenger pribadi. Namun, pada WA bisnis kita bisa melakukan pesan otomatis yang akan terkirim.

Fitur pesan otomatis akan sangat berguna bagi orang-orang yang sibuk. Sehingga, pengguna bisa mendapatkan respons otomatis.

Ada tiga macam fungsi otomatisasi pesan di WA bisnis, yaitu:

  • Quick replies (Teks balasan cepat)
  • Away messages (pesan di luar jam kerja)
  • Greeting messages (pesan salam)

6. Statistik Pesan

WA bisnis mampu membuat laporan statistik pesan dengan rinci, sedangkan WA biasa laporan statistik pesannya terbatas. Laporan statistik ini, pengguna bisa menganalisis melalui metrik aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Statistik pesan berisi jumlah pesan yang dikirim, dibaca dan yang diterima. Fitur ini termasuk elemen penting bagi pemilik bisnis, karena mereka bisa menganalisis kinerja akun dari dasbor akunnya.

7. Konektivitas Profil

Kedua aplikasi WA ini sejatinya mendukung tautan klik untuk terhubung menggunakan kode QR atau bahkan berinteraksi melalui nomor telepon. Untuk bisa terhubung menggunakan kode QR, pengguna perlu memindai kode lalu kemudian memulai obrolan.

Setiap profil akan kode QR yang berbeda. Bedanya, hanya pemilik WA bisnis yang bisa membuat shortlink dari pengaturan akun mereka.

Shortlink itu bisa dibagikan ke pelanggan. Fitur ini digunakan untuk memulai percakapan antara calon pelanggan dengan akun WA bisnis kamu.

Keuntungan WA Bisnis

Kenapa harus pakai akun bisnis? dikutip dari laman cm.com, adapun kelebihan dari WA bisnis adalah sebagai berikut:

1. Adanya Peningkatan Layanan

Kelebihan WhatsApp Business adalah memberikan informasi tentang bisnis ke pelanggan lewat obrolan secara real-time. Dengan memberikan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan, WhatsApp Business membantu untuk menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

2. Percakapan Terverifikasi Merek

Masing-masing akun bisnis harus membuat "Profil Bisnis" mereka di WhatsApp. Sehingga, hal ini membuat profil bisnis menjadi elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp milikmu.

3. Jangkauan Pasar Global

WhatsApp merupakan aplikasi populer yang digunakan di lebih dari 100 negara. Hal ini menjadikannya sebagai sarana yang menguntungkan bagi pelaku bisnis, untuk menjangkau pelanggan mereka.

4. Adanya Fitur Pesan Otomatis

Kelebihan dari WA bisnis selanjutnya yaitu terdapat fitur pesan otomatis untuk memulai lebih banyak percakapan. Pengguna WA bisnis bisa membuat pesan template untuk menginformasikan pelanggan.

WhatsApp memiliki kebijakan ketat untuk kualitas konten dan waktu respons. WhatsApp telah memastikan bahwa pengguna tidak akan menerima komunikasi, yang berisi spam atau pesan yang tidak relevan. WhatsApp juga mewajibkan pengguna bisnis, untuk menanggapi pesan dari pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam dengan menggunakan pesan non-template.

5. Membangun Komunikasi Dua Arah yang Nyaman

WhatsApp Business telah memberi tempat bagi penggunaanya, untuk terlibat dalam pengiriman pesan dua arah dengan pelanggan mereka. Aplikasi WA mungkin menjadi aplikasi yang sudah mereka gunakan untuk obrolan sehari-hari sebelumnya, hal ini tentu membuat kedua belah pihak akan semakin nyaman dalam berkomunikasi.

Nah, itu tadi penjelasan terkait perbedaan WA bisnis dan WA biasa. Detikers jadi tahu bukan, apa kelebihan dari WA bisnis?



Simak Video "Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT