ADVERTISEMENT

10 Manfaat Pemasaran Online dan Strategi Melakukannya

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 05:00 WIB
Young Asian female freelancer using her laptop and working at home, Small business female owner or Start up small business entrepreneur working online marketing packaging box delivery
Foto: Getty Images/Six_Characters
Jakarta -

Di era teknologi yang sudah semakin maju seperti sekarang, banyak perusahaan yang mulai melakukan perubahan dalam strategi pemasarannya, dari yang tadinya pemasaran konvensional menuju pemasaran online. Perubahan ini dilakukan oleh para perusahaan karena banyak sekali manfaat pemasaran online yang bisa dirasakan.

Pemasaran online sudah cukup terbukti mampu memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Dalam artikel ini, akan dibahas manfaat dari pemasaran online serta strategi untuk melakukannya.

Apa Itu Pemasaran Online

Pemasaran online adalah cara mempromosikan produk dengan memanfaatkan platform online yang diakses melalui internet. Metode pemasaran mulai bergeser ke pemasaran online karena memanfaatkan jumlah Pengguna internet yang terus meningkat.

Saat ini, sebagian besar orang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan fakta tersebut, banyak perusahaan yang sudah menggunakan pemasaran online dengan memanfaatkan berbagai platform seperti website atau media sosial.

Manfaat Melakukan Pemasaran Online

1. Jangkauan yang Luas

Jangkauan pasar dalam pemasaran online sangat luas karena tidak terbatas oleh letak geografis. Jadi, kamu bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan memanfaatkan internet, bahkan jangkauannya sampai tingkat global, lho.

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Dengan jangkauan pasar yang sangat luas maka potensi untuk mendapatkan keuntungan pun bisa semakin besar. Tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika mampu memanfaatkan pemasaran online dengan baik.

3. Lebih Hemat Biaya

Hal ini merupakan salah satu manfaat terbesar yang dirasakan dari metode pemasaran online. Metode pemasaran konvensional seperti membuat brosur, spanduk, iklan di papan reklame, media cetak, maupun, televisi terhitung mahal jika dibandingkan dengan pemasaran online.

Kamu hanya perlu memanfaatkan media digital yang bisa digunakan secara gratis seperti Facebook tiktok Instagram. Di sana kamu bisa menciptakan berbagai konten untuk menarik perhatian konsumen.

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Membangun hubungan yang baik dengan konsumen merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menciptakan Interaksi yang baik dengan pelanggan kamu.

5. Mengetahui Perilaku Konsumen

Manfaat pemasaran online selanjutnya adalah memberikanmu kemudahan dalam mengetahui perilaku konsumen melalui interaksi yang dilakukan. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi kamu dalam menentukan strategi yang tepat untuk mendapatkan penjualan yang tinggi

6. Lebih Banyak Strategi

Pemasaran online memungkinkan kita untuk menjangkau konsumen dengan banyak sekali cara dan strategi. Beberapa strategi yang bisa kamu gunakan dalam menjangkau konsumen adalah SEO, SEM, atau Influencer Marketing.

7. Mudah untuk Mengukur Performa Bisnis

Marketing secara online memberikanmu kemudahan dalam melakukan analisis bisnis karena mampu memberikan data yang sangat akurat. Jika performa bisnis belum cukup memuaskan maka kamu bisa menggunakan data tersebut sebagai bahan evaluasi.

8. Mudah untuk Melakukan Riset

Saat ini sudah banyak sekali tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset dalam rangka menyusun strategi yang tepat untuk penjualan. Tools seperti Google Analytics akan memudahkan dalam melakukan riset sehingga bisa membuat strategi yang pas.

9. Mudah untuk Memperhatikan Kompetitor

Salah satu cara untuk bisa unggul dari kompetitor adalah dengan memperhatikan pergerakannya. Dengan pemasaran online, kamu akan dengan mudah mengecek berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kompetitor.

10. Memudahkan Pekerjaan

Manfaat selanjutnya dari pemasaran online adalah penggunaannya yang lebih memudahkan pekerjaan manusia. Misalnya, kamu lebih mudah untuk membuat postingan di media sosial dibandingkan membagikan brosur kepada banyak orang.

Strategi Pemasaran Online

Berikut adalah tahapan pembuatan strategi dalam pemasaran online.

1. Riset

Tahapan pertama dalam membuat strategi pemasaran online adalah melakukan riset. Ada banyak hal yang perlu diketahui lebih dalam seperti riset pasar, produk, dan kompetitor.

2. Tentukan Sistem dan Strategi

Setelah melakukan riset langkah selanjutnya adalah menentukan sistem atau strategi yang pas yang didasari dengan hasil riset. Dalam hal ini, diperlukan kemampuan analisis yang baik supaya bisa menentukan strategi yang tepat.

3. Ciptakan Konten

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan eksekusi yaitu pembuatan konten. Usahakan untuk membuat konten dengan menarik supaya bisa membuat konsumen tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

Konten yang dibuat tentu perlu persiapan konsep dari riset yang sebelumnya sudah dilakukan. Misalnya kamu akan membuat video marketing untuk sepasang sepatu, konsepnya harus jelas dan mampu memberikan inform rasi produk kepada konsumen.

4. Manfaatkan Platform

Konten yang sudah kamu buat tentu perlu dipublikasikan ke berbagai platform online. Website dan media sosial merupakan dua platform terbaik untuk menjangkau konsumen melalui konten.

Komponen dalam Pemasaran Online

Dilansir dari Web FX, terdapat beberapa komponen pemasaran online yang harus diketahui para pebisnis. Berikut penjelasannya.

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam pemasaran online. Dengan menerapkan SEO, kita akan mendapat traffic yang banyak dari pengunjung karena website bisnis kita akan berada di halaman terdepan pencarian Google.

2. Pay per Click Advertising (PPC)

PPC merupakan model iklan online di mana pengiklan akan membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan online mereka. Komponen ini merupakan salah satu cara tercepat untuk mendapatkan trafik yang besar ke situs bisnis kamu.

3. Desain Situs

Situs yang kamu bangun perlu didesain semenarik mungkin supaya membuat konsumen betah berlama-lama berada di situs kami. Jika situs tidak menarik,yang ada adalah pengunjung akan dengan cepat meninggalkan situs.

4. Content Marketing

Konten merupakan salah satu komponen utama dalam pemasaran online. Konten harus dibuat dengan menarik dan menyajikan informasi yang lengkap untuk konsumen sehingga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi konsumen.

5. Social Media Marketing

Media sosial adalah tempat terbaik untuk melakukan pemasaran online karena sebagian besar orang menghabiskan banyak waktunya di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang banyak digunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, atau YouTube.

6. Email Marketing

Email marketing juga merupakan salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam pemasaran online. Kamu bisa mengirim email kepada banyak orang untuk memberikan informasi dari produk yang kamu tawarkan.

7. Tools Analisis Marketing

Supaya kegiatan pemasaran online lebih efektif dan efisien, kamu perlu menggunakan berbagai tools untuk membantu kegiatanmu. Kamu bisa memanfaatkan tools untuk melakukan analisis, riset, atau membantu dalam pembuatan konten.

Platform untuk Pemasaran Online

Dilansir dari Tech Radar, ada 4 platform terbaik untuk membantumu dalam menjalankan pemasaran online. Berikut adalah penjelasannya.

1. Google Ads

Google Ads merupakan layanan yang ditawarkan oleh Google untuk membantu para pebisnis dalam menjangkau konsumen secara luas. Ketika kamu menggunakan layanan tersebut, dijamin kamu akan mendapatkan traffic yang besar karena website bisnis kamu akan ditempatkan di halaman pertama dan teratas dalam pencarian Google.

2. HubSpot

HubSpot adalah salah satu platform terbaik karena platform ini menawarkan solusi untuk Customer Relation Management (CRM). Kamu bisa mengelola berbagai data penting yang berkaitan dengan konsumen dengan menggunakan satu platform ini.

3. Ahrefs

Ahrefs adalah platform yang akan membantu kamu dalam menerapkan prinsip SEO. Ahrefs membantu kamu untuk mengetahui data secara berkala dengan melakukan crawling pada web untuk mengetahui traffic pencarian, backlinks, keywords, dan lain sebagainya .

4. Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, kita bisa memanfaatkan Facebook untuk melakukan pemasaran online.

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat pemasaran online, strategi, komponen, hingga platform yang bisa kamu gunakan. Pemasaran online sungguh memberikan manfaat yang begitu banyak, kan?



Simak Video "Gen Z Hati-hati! Ada Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT