ADVERTISEMENT

Apa Artinya Garansi, Ketahui Fungsi dan Jenis-jenis Jaminan pada Produk

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 12:53 WIB
Shell Luncurkan Program Garansi Mesin Gratis
Foto ilustrasi: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Saat membeli suatu produk, sebagian besar menanyakan tentang garansi. Ada produk yang bergaransi dan ada produk tidak bergaransi. Detikers tahu nggak, apa yang dimaksud garansi?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan garansi sebagai jaminan atau tanggungan. Dalam hal ini, garansi yaitu jaminan yang didapatkan ketika pelanggan telah membeli sebuah produk.

Apakah garansi itu penting? Simak penjelasan lengkap tentang artinya garansi, fungsi dan jenis-jenisnya.

Garansi Adalah

Mengutip artikel laman Binus University yang ditulis oleh Shidarta, garansi adalah layanan berupa jaminan yang diberikan kepada pelanggan/konsumen, atas pemakaian barang yang telah dibelinya. Garansi sangat mempunyai nilai di mata pelanggan.

Handi Irawan dalam e-book 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, menuliskan maksud dari program garansi yaitu untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Secara umum, perusahaan/produsen atau pelaku usaha lainnya akan memberikan garansi kepada pelanggan, sebagai jaminan bahwa mereka akan memperoleh produk yang baik.

Jadi, ketika produk itu telah dipakai lalu ada cacat atau rusak, memungkinkan pelanggan untuk bisa mendapatkan gantinya (berupa barang yang sama maupun bentuk lain yang senilai dengan barang tersebut) atau pelayanan perbaikan. Ada perusahaan yang menggaransikan dari segi harga, ada juga yang menggaransikan kualitas produknya.

Biasanya, produk yang nggak ada garansinya itu adalah produk dari agen tak resmi atau yang seringkali diimpor oleh dealer. Di mana, akan ada perbedaan harga sekitar 5-10%.

Garansi produk pada dasarnya dikaitkan dengan Kitab Undang-undang Hukum Perdata, yang merupakan bagian dari hukum jaminan. Aturan garansi tertuang dalam Pasal 7 huruf e Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menyatakan bahwa salah satu dari kewajiban pelaku usaha yaitu memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji dan/atau mencoba barang/jasa tertentu, serta memberi jaminan/garansi atas barang yang dibuat atau yang diperdagangkan.

Garansi biasanya dibatasi dengan waktu tertentu. Arti masa garansi adalah kebijakan periode yang menjamin bahwa produk tersebut bebas dari kesalahan dan kegagalan (dalam jangka waktu tertentu).

Pada pasal 25 ayat 1 UU Perlindungan Konsumen tadi, menyebutkan bahwa batas waktu garansi adalah selama setahun. Masa 1 tahun itu bisa diartikan sebagai pemakaian barang secara berkelanjutan selama setahun, atau penyediaan suku cadang selama 1 tahun sejak barang dibeli.

Kesimpulannya, arti garansi merupakan jaminan yang ditetapkan UU dari suatu perjanjian dalam jual beli, di mana produsen/penjual akan menanggung kebaikan /keberesan produk yang dibeli untuk jangka waktu yang ditentukan.

4 Fungsi Garansi

1. Pelanggan Lebih Percaya

Fungsi garansi yaitu untuk meyakinkan pelanggan bahwa barang yang telah dibelinya itu punya kualitas baik atau tidak mengandung cacat manufaktur. Garansi sangat penting bagi pelanggan, karena dengan adanya garansi jaminan kualitas produk juga akan mempengaruhi harga jual dan minat masyarakat dalam membeli suatu produk.

Tidak hanya itu, garansi juga menjadi faktor untuk memperkuat loyalitas pelanggan ke depannya. Garansi bisa membuat produk yang sejenis akan sangat berbeda dari segi harga dalam persaingan di pasar.

Pandangan masyarakat akan berbeda apabila produk yang satu memiliki garansi dengan yang tidak. Demi keamanan dan terjaminnya kualitas dari produk, pelanggan biasanya akan memilih produk yang bergaransi.

2. Usaha untuk Perlindungan Pelanggan

Garansi berfungsi sebagai penjamin jika dalam masa-masa
garansi, ditemukan cacat atau kerusakan yang tersembunyi. Garansi memberikan hak pelanggan untuk meminta produsen/pihak penjual untuk menangani masalah (jika terjadi), sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

Jika ada keluhan tentang produk tersebut, adanya garansi akan membuat pelanggan akan lebih mudah mendapatkan haknya. Pasalnya, garansi bisa dijadikan komitmen untuk memberikan kompensasi yang sesuai.

3. Bahan Evaluasi Operasional Perusahaan

Saat pihak perusahaan membuat layanan untuk garansi kepada pelanggannya, artinya perusahaan akan berusaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan hal itu, pelanggan akan memberikan feedback yang baik pula, sehingga membantu perusahaan mencapai tujuan dan meningkatkan penjualannya.

Di sisi lain, perusahaan juga harus bisa menyiapkan antisipasi jika ada protes atau keluhan dari para pelanggannya. Adanya keluhan tersebut berarti bisa dijadikan evaluasi atas kesalahan produk yang telah dibuat.

Evaluasi dalam hal ini, akan sangat membantu untuk meminimalisir kesalahan untuk ke depannya. Dengan begitu, perusahaan akan lebih paham dan termotivasi untuk memberikan produk terbaik secara konsisten.

4. Pengikat Produsen/Penjual dan Pembeli

Garansi sebagai pengikat terhadap pihak produsen ataupun penjual, untuk memenuhi kewajiban yang telah disepakati bersama dengan pembelinya. Dalam hal ini, surat garansi merupakan surat keterangan dari suatu produk, bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu.

Jenis-jenis Garansi Pada Produk

Dikutip dari e-book Aspek Hukum bagi pelaku UMKM oleh Sentot Eko Baskoro dan Fatimah Gamariyah, berikut adalah yang termasuk jenis garansi produk, yaitu:

1. Garansi Resmi

Garansi resmi adalah jenis garansi produk yang didistribusikan perusahaan yang memegang hak distribusi. Di mana, garansi produknya dinyatakan secara tegas dan tertulis.

Masa garansi resmi umumnya cukup panjang, bisa 1 tahun. Bahkan, masa garansi bisa lebih lama untuk produk tertentu.

2. Garansi Toko

Garansi toko yaitu jaminan produk yang tidak diberikan dari agen distributor resminya. Biasanya, garansi toko ini hanya disampaikan secara lisan.

Berapa lama garansi toko? lama masa garansi toko sebentar, yakni hanya beberapa hari saja.

Itu tadi penjelasan tentang artinya garansi sebagai jaminan yang didapatkan pelanggan atas pembelian suatu produk jika cacat atau mengalami kerusakan. Detikers jadi paham kan, apa yang dimaksud garansi?



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT