ADVERTISEMENT

Cara Mendapatkan Centang Hijau WA (Verified Badge) Lengkap

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Jumat, 23 Sep 2022 15:31 WIB
Ilustrasi cara mendapat centang hijau di whatsapp (WA).
Foto: Dima Solomin/Unsplash
Jakarta -

Mendapatkan tanda centang hijau di WA merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh setiap pelaku bisnis yang menggunakan WA sebagai platform untuk bisnis online. Tanda centang hijau ini akan meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Cara mengaktifkan fitur centang hijau di Wa pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan saja untuk bisa mengaktifkan fitur ini dalam akun bisnismu.

Supaya lebih jelas, yuk simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa Itu Centang Hijau WA (Verified Badge)

Centang hijau di Wa atau verified badge adalah simbol yang menandakan bahwa suatu akun bisnis di WhatsApp sudah terverifikasi oleh pihak pengelola WhatsApp. Dilansir dari laman resmi WhatsApp, lencana hijau di samping nama kontak mengonfirmasi bahwa akun ini merupakan akun bisnis yang autentik dan dikenal.

Dengan mendapatkan tanda centang hijau di WA, pengguna akan mengetahui bahwa akun bisnis kamu adalah akun yang terpercaya. Dengan begitu, tingkat kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnismu akan naik yang akan memberikan banyak sekali dampak baik bagi keberlangsungan bisnis yang kamu jalankan.

Keuntungan Mendapatkan Centang Hijau di WA

1. Meningkatkan Kepercayaan

Suatu akan bisnis dengan centang hijau di WA akan mendapatkan keuntungan untuk lebih dipercaya oleh orang-orang. Ketika pengguna WA mendapatkan pesan dari akun bisnis yang memiliki tanda centang hijau, mereka tidak akan menganggapnya sebagai penipuan, tetapi sebagai bisnis yang terpercaya.

2. Menaikkan Value Bisnis

Dengan tingginya tingkat kepercayaan dari orang-orang, secara langsung hal ini pun akan meningkatkan value bisnis. Tanda centang hijau di WA akan menjadi faktor pembeda dengan bisnis yang dimiliki oleh kompetitor.

3. Mengurangi Potensi Diabaikan Pelanggan

Coba bayangkan posisi dirimu sebagai pelanggan ketika mendapatkan pesan bisnis dari akun yang tidak jelas identitasnya, pasti kebanyakan pelanggan akan mengabaikan pesan tersebut, bahkan ada potensi untuk diblok. Dengan centang hijau di WA bisnis, kita bisa mengurangi potensi tersebut.

4. Meningkatkan Penjualan Bisnis

Centang hijau di Wa akan mengurangi keraguan pelanggan untuk melakukan transaksi online dengan bisnis kamu. Dengan begitu, proses transaksi bisa lebih lancar dan berpotensi untuk meningkatkan angka penjualan.

5. Mampu Menjangkau Pelanggan Secara Luas

Tanda centang hijau di Wa bisa membantumu untuk mengirim pesan blast WhatsApp ke banyak pengguna sekaligus. Dengan fitur tersebut, kamu bisa menjangkau banyak pelanggan dalam waktu yang singkat.

6. Sarana Branding

Dengan kemampuan untuk mengirim pesan kepada banyak orang sekaligus, maka banyak orang juga yang akan mengetahui brand kamu. Maka dari itu, cara ini bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness.

7. Menghindarkan Pelanggan Dari Penipuan

Mungkin saja terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan brand tertentu dan berusaha menipu pelanggan. Dengan centang hijau di WA, kamu akan membantu pelanggan untuk membedakan yang mana akun asli dan yang mana akun penipu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA

Berikut ini adalah penjelasan untuk mendapatkan centang hijau untuk akun bisnis di aplikasi WhatsApp.

1. Siapkan Nomor untuk Digunakan Sebagai Akun WhatsAPP Business API

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan nomor serta nama bisnis yang akan kamu gunakan pada akun WhatsApp Business API. Nomor tersebut bisa berupa nomor baru atau nomor yang sudah pernah dipakai sebelumnya.

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan untuk pengajuan centang hijau di WA. Dilansir dari situs Meta Business Help Center, berikut adalah dokumen yang harus dipersiapkan untuk pengguna dari Indonesia:

  • Business bank statement
  • Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Utility bill

3. Daftarkan Akun Kamu ke WhatsApp Business Solution Provider yang Resmi

Langkah ketiga adalah dengan mendaftarkan akun ke Business Solution Provider (BSP) yang resmi. Pihak BSP nantinya akan mendaftarkan nomor kamu sebagai akun Business API.

4. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Kemudian, lakukan proses verifikasi akun Facebook Business Manager. Dalam hal ini, pihak BSP akan membantumu untuk melakukan proses verifikasi. Kamu hanya perlu menyiapkan berbagai dokumen persyaratan yang diperlukan.

5. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu hanya menunggu proses verifikasi sampai selesai. Ketika proses verifikasi sudah selesai, secara otomatis akun WA bisnismu sudah dilengkapi dengan centang hijau di sebelah profilnya.

Berapa Besarnya Biaya Agar Bisa Centang Hijau di WA

Untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Ini berarti kamu bisa mendapatkan centang hijau WhatsApp secara gratis.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyiapkan nomor, dokumen, serta mendaftarkan diri ke WhatsApp Business Solution Provider yang resmi dan sudah bekerja sama dengan WhatsApp. Setelah itu, kamu tinggal menunggu akun bisnis kamu mendapatkan centang hijau yang terverifikasi oleh pihak WhatsApp.

Berapa Lama Proses Verifikasi Centang Hijau di WA

Setelah menyelesaikan beberapa langkah awal, biasanya proses verifikasi centang hijau di WA membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja. Namun, terkadang proses ini juga bisa memakan waktu hingga satu minggu lebih.

Jika Centang Hijau Whatsapp Ditolak, Apa Tandanya?

Ketika pengajuan centang hijau ditolak oleh pihak WA, maka akun tersebut tidak memenuhi kualifikasi dan persyaratan untuk mendapatkan verified badge. Berikut adalah beberapa kemungkinan alasan ditolaknya pengajuan centang hijau di wa.

1. Akun yang Diajukan Adalah Akun Pribadi

Pihak WhatsApp hanya memberikan centang hijau pada akun bisnis. Jadi, pastikan nomor tersebut hanya digunakan untuk akun bisnis dan tidak digunakan untuk akun pribadi.

2. Masuk dalam Kategori Bisnis yang Dilarang

Kemungkinan alasan selanjutnya adalah bisnis tersebut masuk dalam kategori bisnis yang dilarang. Berikut adalah jenis bisnis yang tidak akan diverifikasi oleh pihak WhatsApp:

  • Bisnis senjata dan amunisi
  • Alkohol atau minuman keras
  • Layanan kencan
  • Perjudian
  • Obat-obatan terlarang/narkoba
  • Penjualan hewan hidup
  • Produk medis dan perawatan kesehatan
  • Bisnis terkait cryptocurrency
  • Barang tembakau
  • Produk atau layanan dewasa

3. Dokumen Tidak Lengkap

Kemungkinan lainnya mengenai alasan pengajuan kamu ditolak adalah kurangnya kelengkapan dokumen. Persyaratan dokumen ini menandakan bahwa suatu bisnis merupakan bisnis yang legal dan pihak WhatsApp akan menganggap bisnis tersebut bukan bisnis penipuan yang tidak berbadan hukum.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mendapatkan centang hijau di WA. Proses mendapatkan verified badge ini cukup sederhana, jadi segera daftarkan bisnismu supaya kepercayaan masyarakat kepada bisnismu akan meningkat.



Simak Video "Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT