25 Ide Usaha yang Jarang Rugi, Cocok untuk Pemula!

ADVERTISEMENT

25 Ide Usaha yang Jarang Rugi, Cocok untuk Pemula!

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 05:00 WIB
Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021 mendatang.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Salah satu hal yang paling dihindari oleh semua pengusaha adalah kerugian. Jika kamu juga ingin menghindarinya, maka kamu bisa mencoba berbagai usaha yang jarang rugi.

Terdapat berbagai jenis usaha yang jarang rugi karena usaha ini memiliki permintaan yang tinggi. Masyarakat akan selalu membutuhkan barang-barang ini untuk kehidupannya setiap hari.

Lalu, apa saja usaha itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Deretan Usaha yang Jarang Rugi

1. Sembako

Urutan pertama untuk jenis usaha yang jarang rugi adalah dengan berjualan sembako. Baik toko besar atau warung kecil, usaha jenis ini selalu mendatangkan keuntungan.

Sembako merupakan singkatan dari sembilan barang pokok, barang-barang ini pasti dicari oleh banyak orang. Maka dari itu, sembako bisa dibilang sebagai usaha yang minim risiko untuk mengalami kerugian.

2. Content Creator

Profesi ini merupakan profesi yang sedang nge-trend, terutama di era digital ini. Content creator merupakan profesi yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang.

Kamu tidak harus mengeluarkan modal yang banyak untuk menjadi content creator. Yang dibutuhkan hanya kreativitas dan kemampuan kamu untuk memanfaatkan alat yang kamu punya seperti handphone.

3. Dropshipper

Jenis usaha yang jarang rugi dan hanya membutuhkan modal kecil yang ketiga adalah menjadi seorang dropshipper. Usaha ini merupakan profesi yang menjual produk milik orang lain, tanpa harus menyimpan stok, mengirimkan pesanan, atau kegiatan operasional lainnya karena proses tersebut dilakukan oleh pihak lain.

4. Bisnis Gas LPG dan Galon Air Minum

Bisnis di bidang ini juga merupakan usaha yang jarang rugi. Hal ini karena gas LPG serta air minum merupakan kebutuhan dasar semua manusia, jadi permintaannya akan selalu tinggi.

5. Jasa Konsultan

Usaha yang satu ini juga merupakan usaha yang jarang rugi karena banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, untuk bisa menawarkan jasa konsultasi kepada orang lain, kamu harus menguasai skill tertentu yang bisa menjadi bahan jualanmu.

6. Warung Indomie (Warmindo)

Usaha yang satu ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang besar karena mie instan memang menjadi menu favorit banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak, maka tidak mengherankan kalau mie instan jadi kesukaan banyak orang.

Apalagi jika kamu memiliki tempat usaha di pusat keramaian seperti daerah perkantoran atau kampus, usaha ini sangat bisa dijadikan pilihan. Kamu juga tidak perlu keterampilan memasak yang khusus karena mie instan bisa dibuat dengan mudah.

7. Guru Bimbel

Usaha jasa yang satu ini juga terbilang menjanjikan karena banyak orang tua yang ingin adanya belajar tambahan bagi anaknya. Ketika kamu menawarkan jasa guru bimbel, pastikan kamu menguasai ilmu tertentu untuk diajarkan ke anak-anak.

8. Jual Aneka Camilan

Masyarakat Indonesia dikenal memang senang dengan makanan camilan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis keripik singkong, keripik pisang, kue, atau makanan ringan lainnya.

9. Jasa Laundry

Jasa laundry ini cocok untuk dilakukan di sekitar perumahan yang masyarakatnya aktif bekerja atau di area yang banyak mahasiswa. Mereka biasanya tidak memiliki waktu yang banyak untuk mencuci baju sehingga usaha ini memiliki peluang yang besar.

10. Produksi Tepung

Tepung banyak sekali digunakan sebagai bahan baku makanan seperti roti, kue, bakso, dan lain sebagainya. Melihat fakta tersebut, maka usaha produksi tepung merupakan pilihan yang baik karena usaha ini cukup menjanjikan dan minim risiko kerugian karena permintaan akan tepung selalu tinggi.

11. Produksi Minyak Kelapa

Konsumen minyak kelapa juga terhitung sangat banyak karena digunakan dalam memasak makanan sehari-hari. Bisnis ini pun terbilang jarang rugi karena minyak kelapa bisa disimpan dalam waktu yang lama.

12. Toko Fotokopi

Usaha yang jarang rugi selanjutnya adalah usaha fotokopi karena selalu dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan dunia perkantoran. Usaha ini akan mendatangkan keuntungan yang besar jika di bangun di pusat perkatoran, sekolah, atau kampus.

13. Salon dan Barber Shop

Sebagian besar orang pasti menginginkan tampilan yang maksimal pada dirinya. Salon dan barber shop menyediakan jasa untuk memotong rambut, smoothing, creambath dan jasa lainnya sehingga usaha ini bisa kamu jadikan pilihan.

14. SPBU Mini

Kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) selalu tinggi di masyarakat karena berhubungan dengan dunia transportasi. Beberapa orang malas untuk mengantri di SPBU besar sehingga usaha SPBU mini bisa dijadikan pilihan karena memiliki pasarnya tersendiri.

15. Usaha Ekspedisi

Usaha ini mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan pertumbuhan transaksi online yang membutuhkan jasa kirim barang. Usaha ini memang membutuhkan modal yang besar, tetapi dinilai minim risiko kerugian karena permintaan pengiriman barang selalu tinggi.

16. Penjahit

Seperti yang kita ketahui, pakaian merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Maka dari itu, usaha jahit bisa dijadikan pilihan yang baik. Kamu bisa menjual jasa jahit untuk masyarakat maupun untuk bisnis produksi pakaian.

17. Usaha Catering

Untuk kamu yang memiliki hobi memasak, membuka usaha catering bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan. Catering adalah usaha yang jarang rugi karena bisa dilakukan ketika baru mendapatkan pesanan.

18. Bisnis Frozen Food

Frozen food terbilang sebagai usaha yang jarang rugi karena memiliki waktu penyimpanan yang lama sehingga minim risiko kerugian makanan yang basi. Frozen food jug disenangi oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau dan mudah dalam penyajiannya.

19. Bisnis Waralaba (Franchise)

Banyak brand yang menawarkan konsep waralaba. Bisnis ini terbilang bisnis yang jarang rugi karena brand yang menawarkan konsep waralaba sudah cukup dikenal di masyarakat.

20. Penyewaan Lapangan Olahraga

Kamu bisa menyediakan berbagai lapangang olahraga seperti futsal dan bulu tangkis untuk disewakan kepada banyak orang. Bisnis ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang menyukai olahraga ini.

21. Jasa Titip (Jastip)

Untuk kamu yang punya hobi jalan-jalan, usaha jasa titip bisa jadi opsi untuk menambah penghasilan. Kamu bisa menawarkan berbagai barang dari tempat tertentu kepada orang di sekitarmu dan mengambil sedikit keuntungan dari sana.

22. Jasa Fotografi

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang fotografi, kamu bisa menjalankan usaha di bidang ini. Kamu bisa membuka studio foto sendiri atau menjual jasa sebagai fotografer freelance.

23. Jasa Kursus Online

Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang tertentu, kursus online bisa dijadikan pilihan yang tepat. Usaha ini dinilai minim risiko karena kamu hanya memerlukan materi ajar, device, dan koneksi internet.

24. Jasa Desain

Jika kamu memiliki kemampuan desain, kemampuan itu bisa dijadikan peluang usaha. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada orang-orang yang membutuhkan desain tertentu, seperti desain grafis atau desain fashion.

25. Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis yang muncul di era digital di mana seseorang memasarkan sebuah produk dan nantinya akan mendapatkan komisi dari penjualan yang didapatkan. Bisnis ini mini risiko karena tidak memerlukan modal yang besar.

Itu dia pembahasan mengenai usaha yang jarang rugi yang bisa kamu coba. Semua ide jeans di atas tentu memerlukan tekad yang kuat dan ilmu yang cukup supaya bisa sukses dalam menjalankan usaha.



Simak Video "d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT