Tugas dan Fungsi Marketing dalam Perusahaan

ADVERTISEMENT

Tugas dan Fungsi Marketing dalam Perusahaan

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Minggu, 25 Sep 2022 05:45 WIB
Young man and woman startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room.
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Marketing merupakan salah satu bagian dalam perusahaan yang punya peran sangat penting. Salah satu tugas utama marketing adalah meningkatkan penjualan produk oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap tentang tugas dan fungsi marketing dalam sebuah perusahaan. Bagi Anda yang ingin bekerja di bidang marketing atau membangun perusahaan, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Marketing

Marketing atau pemasaran adalah proses sosial yang dengan proses itu, individu atau kelompok individu mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan penawaran dan secara bebas bertukar produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Pengertian tersebut merupakan pendapat dari Kotler (2005) yang dikutip oleh Abdul Rauf dkk. dalam buku Digital Marketing: Konsep dan Strategi.

Kemudian mengutip Stanton (1978), masih dari buku yang sama, marketing adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Marketing harus menyeimbangkan antara kepuasan konsumen, kepentingan publik, dan laba perusahaan. Tujuan marketing adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan pelanggan.

Mengenai tujuan dan fungsi marketing selengkapnya akan kita bahas pada bagian berikut ini.

Fungsi Marketing dalam Perusahaan

Mengutip I Nengah Dasi Astawa dkk. dalam buku Strategi Marketing Radikal tanpa Radikalisme, fungsi marketing dalam suatu perusahaan memiliki keistimewaan dan berbeda dengan fungsi bagian perusahaan yang lain.

Bagian lain, seperti personalia, produksi, keuangan, dan administrasi umum berhubungan dengan pihak manajemen internal dan lebih mudah dikendalikan. Sedangkan bagian marketing lebih berhubungan dengan pihak eksternal sehingga lebih sulit dikendalikan oleh pihak manajemen.

Selanjutnya, mengutip situs thehartford.com, marketing juga mengemban fungsi sebagai 'wajah' dari perusahaan, karena memproduksi dan mengkoordinasi semua bahan yang merepresentasikan bisnis mereka. Dengan demikian, marketing harus dapat mencapai customer, investor, dan komunitas, serta menampilkan image atau citra yang baik terkait perusahaan.

Tugas Marketing

Berikut macam-macam tugas marketing mengutip situs thehartford.com.

1. Memproduksi Materi Marketing dan Promosi

Penjualan bisa terjadi jika audiens mengetahui tentang suatu brand atau produk. Sehingga salah satu tugas utama marketing adalah untuk mempromosikan brand melalui materi marketing dan promosi.

2. Menjelaskan dan Mengelola Brand

Marketing harus mampu menjelaskan atau mendefinisikan tentang perusahaan mereka, produk mereka, kinerja yang dilakukan oleh perusahaan, hingga bagaimana sikap perusahaan atas suatu isu yang berkaitan dengan sektor mereka. Ini merupakan tugas sesuai dengan fungsi marketing sebagai 'wajah' perusahaan.

3. Manajemen Kampanye Marketing

Kampanye marketing merupakan salah satu bentuk dari promosi yang dilakukan kepada audiens. Bagian marketing bertanggung jawab menciptakan dan mengelola kampanye marketing untuk meningkatkan penjualan serta brand awareness khalayak.

4. Menghasilkan Konten Sesuai Kaidah SEO untuk Website

Perusahaan sepatutnya memiliki website untuk memudahkan audiens atau investor mengetahui detail tentang perusahaan. Nah, bagian marketing bertanggung jawab mengelola website tersebut dan menghasilkan konten yang sesuai dengan kaidah SEO supaya website perusahaan mudah muncul di laman mesin pencarian.

5. Memonitor dan Mengelola Media Sosial

Selain website, perusahaan juga sebaiknya memanfaatkan media sosial untuk promosi dan memperkenalkan profil. Tim marketing bertugas memonitor dan mengelola media sosial tersebut bersama dengan tim yang secara khusus memegang media sosial, misalnya bagian hubungan masyarakat. Pemanfaatan media sosial juga dapat meningkatkan penjualan.

6. Mengkomunikasikan Perusahaan secara Internal

Untuk internal perusahaan, bagian marketing juga bertugas mengkomunikasikan tentang perusahaan, baik itu nilai-nilai yang diusung maupun detail brand, kepada karyawan lain. Hal ini dapat dilakukan bersama bagian internal melalui intranet atau newsletter.

7. Berhubungan dengan Media

Perusahaan juga membutuhkan publikasi agar mereka serta brand yang dikeluarkan juga dikenal oleh khalayak. Marketing bertugas menjalin hubungan dengan media bersama dengan tim hubungan masyarakat, serta membantu petinggi-petinggi atau eksekutif perusahaan jika berhadapan dengan media.

8. Melakukan Riset Pasar dan Konsumen

Riset pasar dan konsumen sangat penting dalam mendukung dan mengoptimalkan penjualan oleh perusahaan.

9. Mengawasi Vendor atau Pihak Ketiga

Perusahaan biasanya bekerja sama juga dengan pihak ketiga atau vendor, misalnya agensi PR atau percetakan untuk keperluan promosi. Kerja sama ini dilakukan oleh marketing. Marketing juga bertanggung jawab mengawasi jalannya kerja sama pihak ketiga tersebut dengan perusahaan agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan perusahaan.

Jenis Strategi dalam Marketing

Menurut situs sendpulse.com, ada 6 jenis strategi dalam marketing.

1. Strategi Email Marketing

Strategi ini dilakukan melalui email yang dikirimkan kepada pelanggan, terutama setiap ada peluncuran produk atau layanan baru atau ada inovasi pada produk dan layanan. Strategi ini juga terbilang menguntungkan karena bisa langsung menjangkau banyak pelanggan tanpa biaya besar.

2. Strategi Media Sosial

Strategi ini menggunakan media sosial, baik yang dimiliki perusahaan atau milik mitra ketiga yang bekerja sama dengan perusahaan (misalnya influencer atau brand ambassador). Media sosial diyakini efektif dalam meningkatkan brand awareness karena jangkauannya yang sangat luas. Jenis media sosial yang digunakan juga bisa sangat beragam.

3. Strategi Konten Marketing

Strategi media sosial dan email di atas hanyalah sebagian dari konten marketing. Strategi ini membangun citra perusahaan atau brand melalui beragam konten yang dihasilkan. Konten tersebut bisa berupa artikel, blog, video, podcast, laporan dalam bentuk PDF, hingga iklan media sosial.

Konten marketing biasanya bersifat terintegrasi, artinya konten di semua media yang digunakan memiliki satu tema dan saling mendukung satu sama lain.

4. Strategi SEO

Strategi ini berfokus pada tujuan untuk memunculkan brand atau perusahaan pada halaman atas mesin pencarian. Jika muncul pada bagian atas halaman pencarian, traffic website perusahaan atau brand akan meningkat dan dapat berpengaruh pada penjualan.

5. Strategi Public Relations

Strategi ini dilakukan dengan cara bagian marketing berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan masyarakat. Marketing menyampaikan nilai-nilai yang diyakini perusahaan dan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial.

Perusahaan tidak mengejar keuntungan finansial saja, meskipun pada akhirnya perusahaan juga akan diuntungkan dengan image yang positif di mata publik.

6. Strategi Marketing Communication

Hampir sama dengan strategi public relations, strategi ini juga mengutamakan komunikasi antara perusahaan dengan publik. Strategi ini dilakukan dengan cara mengembangkan komunikasi terkait nilai dan manfaat dari produk perusahaan secara spesifik serta memberikan jawaban atas masalah audiens.

Diperlukan pengetahuan yang lengkap terkait demografi audiens, target pasar, dan identifikasi kebutuhan pelanggan untuk menjalankan strategi ini.

Manfaat Marketing dalam Dunia Pemasaran

Melihat berbagai penjelasan di atas, bisa dipahami bahwa marketing memainkan peran yang sangat strategis dan vital bagi keberlangsungan perusahaan. Mengutip situs business.gov.au, marketing yang baik menceritakan kisah tentang bisnis yang dijalankan dan memberi alasan yang tepat bagi pelanggan untuk membeli dari perusahaan Anda alih-alih dari perusahaan lain.

Marketing dapat membantu perusahaan melihat bagaimana brand atau produk mereka diterima di pasaran serta memahami pelanggan dengan lebih baik. Rencana marketing yang tepat dapat membantu perusahaan menentukan aspek tertentu dalam bisnis dan fokus pada prioritas serta tujuan perusahaan.

Itulah penjelasan mengenai tugas dan fungsi marketing. Apakah detikers tertarik bekerja di bidang marketing? Semoga bermanfaat.



Simak Video "Sandiaga Uno Sebut KTT G20 Sumbang Rp 7,4 Triliun untuk PDB"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT