ADVERTISEMENT

20 Ide Usaha di Bidang Jasa yang Paling Diminati

ilham fikriansyah - detikFinance
Sabtu, 24 Sep 2022 07:35 WIB
Kisah Penyedia Jasa Kreatif di Gunungkidul, Orderan Tetap Mengalir di Tengah Pandemi
Foto: Pradito Rida Pertana
Jakarta -

Di zaman sekarang sudah banyak bisnis yang tersebar di lingkungan masyarakat, mulai dari usaha di bidang produk maupun jasa. Seiring perkembangan zaman, bisnis di bidang jasa pun juga semakin bertambah banyak dan luas.

Bagi detikers yang ingin memulai bisnis, terjun ke usaha di bidang jasa bisa menjadi salah satu pilihan. Soalnya, saat ini bisnis di bidang jasa cukup menggiurkan karena memiliki potensi yang besar sehingga dapat memperoleh banyak cuan.

Lantas, kira-kira ide usaha di bidang jasa apa yang bisa berpotensi meraup keuntungan besar? Biar nggak bingung, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini yuk detikers.

Pengertian Usaha di Bidang Jasa

Dijelaskan dalam buku Jadi Kaya Hanya dengan Modal 10 Juta oleh Anjasmara Putra, usaha di bidang jasa adalah suatu usaha yang mengandalkan pelayanan kepada pelanggan secara maksimal. Tolak ukur kesuksesan menjual jasa bisa dilihat dari kepuasan konsumennya.

Pada umumnya, usaha di bidang jasa membutuhkan kecakapan dalam berkomunikasi dengan konsumen. Selain itu, bisnis ini juga membutuhkan keterampilan atau keahlian dalam menangani sebuah pelayanan.

Secara umum, usaha di bidang jasa dilatarbelakangi oleh minat dan bakat terhadap suatu hal. Maka tak bisa dipungkiri, terkadang usaha di bidang jasa bisa memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan usaha di bidang jasa mampu menghadirkan inovasi-inovasi dalam menangani dan melayani permintaan para konsumen.

Tujuan Usaha Jasa

Mendirikan usaha jasa tak hanya sekadar meraup keuntungan saja, namun ada sejumlah tujuan dan manfaat yang didapat dari mendirikan usaha di bidang jasa. Dijelaskan dalam buku Berkebun Uang (Kiat Membangun Usaha dari Nol, Tanpa Modal Besar dengan Hasil Luar Biasa) oleh M. Pardamean, berikut tujuan usaha jasa.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
  2. Memenuhi kebutuhan hidup sejumlah masyarakat lewat jasa yang ditawarkan
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum
  4. Memberikan kesejahteraan bagi para pelaku usaha di bidang jasa
  5. Menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu yang panjang.

Ide Usaha di Bidang Jasa

Setelah memahami sejumlah tujuan dari mendirikan sebuah usaha jasa, kini saatnya mengetahui beberapa ide bisnis di bidang jasa yang bisa kamu coba. Biar nggak penasaran, simak 20 ide usaha di bidang jasa berikut ini.

1. Jasa Fotografer dan Videografer

Apakah detikers tertarik dengan dunia fotografi? Jika iya, kamu bisa membuka usaha jasa fotografer dan videografer. Saat ini jasa fotografer memang banyak dibutuhkan seperti foto produk (makanan dan minuman, pakaian, hingga peralatan rumah tangga), foto prewedding, hingga foto kelulusan saat wisuda. Jasa videografer juga banyak dibutuhkan saat ini seperti membuat iklan promosi di media sosial, video prewedding, dan video klip musik.

2. Desain Grafis

Contoh ide usaha di bidang jasa selanjutnya adalah desainer grafis. Saat ini sejumlah perusahaan banyak mencari jasa desainer grafis, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki ilmu mengenai desain visual.

Desainer grafis saat ini terbagi menjadi beberapa macam seperti desain grafis untuk illustrator, marketing, advertising, dan motion graphic. Maka dari itu, sebelum terjun ke dunia desain grafis sebaiknya tentukan keahlian kamu dulu, jika merasa cocok dalam satu bidang maka kamu bisa membuka usaha desain grafis.

3. Web Designer

Pekerjaan ini sebenarnya mirip-mirip dengan desainer grafis, karena sama-sama bertugas untuk mendesain. Namun yang jadi pembeda, web designer merancang desain untuk sebuah web (situs).

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa web designer untuk mendesain situs perusahaannya agar terlihat rapi dan ciamik. Untuk itu, membuka usaha jasa web designer sangat menggiurkan.

4. Jasa Edit Foto dan Video

Dunia fotografi dan videografi terus mengalami perkembangan, maka jangan heran sudah banyak masyarakat yang mulai terjun ke dalam bisnis ini. Kalau detikers punya waktu luang dan punya keahlian dalam edit foto dan video, hal tersebut bisa dijadikan usaha lho. Tinggal sesuaikan dengan keinginan klien, kamu bisa melakukan editing di rumah dengan santai.

5. Jasa Fotokopi dan Digital Print

Usaha yang satu ini juga banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di dekat sekolah atau universitas. Membuka jasa fotokopi dan digital print sangat membantu para pelajar atau mahasiswa yang ingin mencetak tugas ataupun skripsi.

Memang harga mesin fotocopy terbilang cukup mahal. Namun bisnis ini terbilang laris manis sebab banyak masyarakat yang masih membutuhkan jasa fotocopy, print, hingga mencetak foto.

6. Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan mulai menjamur di lingkungan masyarakat dengan menawarkan jasa cuci pakaian yang murah. Laundry kiloan hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Maka jangan heran, jasa laundry kiloan sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

7. Laundry Sepatu

Sama seperti jasa laundry kiloan pakaian, jasa laundry sepatu juga mulai beredar luas di lingkungan masyarakat. Terkadang, banyak orang yang malas mencuci sepatu sehingga membutuhkan jasa laundry sepatu. Harga laundry sepatu saat ini juga bermacam-macam, tergantung dari jenis sepatu yang dicuci.

8. Guru Privat

Guru privat juga bisa menjadi salah satu ide usaha di bidang jasa yang bisa detikers coba demi menambah penghasilan. Kamu bisa membuka jasa guru privat di rumah dan mengajari para murid sesuai materi pelajarannya, seperti guru privat bahasa Inggris, bahasa Mandarin, hingga matematika.

9. Salon dan Pangkas Rambut

Ide usaha di bidang jasa selanjutnya adalah membuka usaha salon dan jasa pangkas rambut atau disebut barbershop. Nggak perlu harus memiliki tempat yang besar dengan fasilitas mumpuni, cukup menyediakan tempat yang nyaman serta harga yang terjangkau agar pelanggan yang datang bisa puas dan bakal kembali di kemudian hari.

10. Servis Barang Elektronik

Ide usaha berikutnya adalah membuka jasa servis barang elektronik. Sejumlah barang yang bisa diperbaiki di antaranya handphone, TV, AC, hingga mesin cuci. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih bagi mereka yang kesulitan memperbaiki barang elektronik yang rusak secara sendiri.

11. Desainer

Saat ini sudah banyak masyarakat yang menekuni usaha desainer, mulai dari desainer pakaian hingga desainer interior. Soalnya, para desainer ini mampu merancang suatu hal yang ia kuasai dalam bidangnya. Misalnya, ada seorang klien yang ingin membangun rumah minimalis, di sini jasa desainer rumah sangat dibutuhkan agar dapat mendesain rumah sesuai keinginan klien.

12. Bengkel Sepeda Motor

Bisnis yang satu ini juga sudah menjamur di lingkungan masyarakat, khususnya bagi pemilik sepeda motor yang kendaraannya mengalami kerusakan. Maka jangan heran, saat ini cukup mudah untuk menemukan bengkel sepeda motor di pinggir jalan. Kalau kamu punya keahlian di bidang otomotif, kamu bisa membuka usaha sampingan bengkel sepeda motor.

13. SPBU Mini

Menjalankan bisnis SPBU mini bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba nih detikers. Sebab, kebutuhan akan bahan bakar minyak (BBM) selalu tinggi di masyarakat karena berhubungan dengan dunia transportasi. Beberapa orang ada yang malas untuk mengantri di SPBU besar sehingga usaha SPBU mini bisa dijadikan pilihan karena memiliki pasarnya tersendiri.

14. Jasa Jahit Pakaian

Ide bisnis di bidang jasa lainnya dari industri fashion adalah jasa jahit pakaian. Kamu cukup menyiapkan mesin jahit sederhana yang harganya di bawah Rp 1 jutaan, benang, dan jarum.

Pada umumnya lain biasanya disediakan sendiri oleh pemesan jasa kita. Sebagai awalan, tawarkan dulu jasa jahit pakaian kepada tetangga atau teman-teman. Jika usaha detikers mulai berkembang, kamu bisa mulai mengerjakan pesanan pakaian yang lebih banyak, misalnya untuk geng arisan.

15. Jasa Cuci Motor

Membuka jasa cuci motor bisa menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Kamu bisa membuka tempat cuci motor di depan rumah sendiri, yang penting siapkan alat-alat pembersih dan pastikan dekat dengan sumber aliran air.

Jika usaha kamu sudah mulai berkembang, detikers juga bisa mempertimbangkan penggunaan kompresor untuk kebutuhan mencuci motor. Selain dalam bentuk tempat cuci motor, kamu bisa menjalankan usaha ini dengan model home care atau datang ke rumah pelanggan.

16. Jasa Ketik atau Pengetikan

Jika detikers sudah memiliki laptop atau komputer, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis jasa pengetikan. Apalagi jika kamu masih berstatus pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari penghasilan lewat usaha sampingan. Tidak butuh modal besar untuk memulai usaha ini cukup satu unit komputer atau laptop dan mesin print untuk mencetak tulisan.

17. Jasa Pembuatan Parsel atau Hamper

Ide usaha di bidang jasa selanjutnya adalah membuat parsel atau hamper. Bisnis ini sekaligus bisa menyalurkan hobi di bidang handicraft menjadi pundi-pundi uang lho detikers.

Bahan dan alat yang dibutuhkan mulai dari keranjang atau kotak sebagai tempat untuk berbagai isi parsel atau hampers. Bisnis ini akan sangat menguntungkan terutama pada waktu tertentu, misalnya Hari Raya Idul Fitri dan Natal.

18. Bisnis Lahan Parkir Strategis

Apabila detikers memiliki tanah atau lahan kosong yang tidak terpakai di daerah strategis, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lahan parkir. Keterbatasan lahan terutama di gedung-gedung perkantoran atau mall di kota besar bisa menjadi peluang bagus untuk menyediakan lokasi parkir alternatif. Modal yang ada bisa digunakan untuk membuat portal sederhana dan membayar penjaga keamanan tempat parkir tersebut.

19. Jasa Titip

Bisnis yang satu ini juga sangat populer di kalangan masyarakat lho. Biasanya, bisnis jasa titip atau jastip dilakukan oleh orang-orang yang sedang pergi ke suatu negara, lalu di sana terdapat barang-barang yang tidak dijual di Indonesia. Alhasil, jasa titip hadir untuk membantu masyarakat yang ingin membeli barang tersebut dengan mudah dan cepat tanpa perlu pusing memikirkan tarif pengiriman.

20. Tempat Penitipan Hewan

Ide usaha di bidang jasa yang terakhir adalah mendirikan tempat penitipan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Atau dalam bahasa kerennya bisa disebut sebagai hotel hewan.

Membuka tempat penitipan hewan bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan lho detikers. Sebab, sejumlah masyarakat ada yang harus pergi meninggalkan rumah dan hewan peliharaannya selama berhari-hari, daripada hewan tersebut tidak ada yang mengurusnya akhirnya dititipkan di tempat penitipan hewan.

Nah itu dia detikers 20 ide usaha di bidang jasa yang paling diminati. Jadi, kalau detikers bingung untuk memulai bisnis di bidang produk, tak ada salahnya untuk melihat peluang usaha di bidang jasa. Selamat mencoba!



Simak Video "Alasan Direktur Unilever Indonesia Mengundurkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT