ADVERTISEMENT

20 Usaha Jangka Panjang di Desa yang Menguntungkan

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 06:15 WIB
Hama ulat hijau menyerang lahan pertanian bawang merah di Srikayangan, Sentolo, Kulon Progo, DIY, Senin (19/9/2022).
Pertanian, salah satu usaha jangka panjang di desa yang menguntungkan. Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng
Jakarta -

Indonesia merupakan wilayah yang mampu menyediakan potensi usaha. Lapangan pekerjaan di perkotaan semakin menipis, ditambah dengan memadatnya jumlah penduduk. Kini, masyarakat Indonesia memilih untuk memulai usaha di desa. Berikut ini rekomendasi ide usaha yang bisa bertahan dalam jangka panjang di desa, dilansir dari beberapa laman pemerintahan.

Ide Usaha Jangka Panjang di Desa

1. Budidaya Pertanian Organik

Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Cobalah untuk mengolah produk pertanian kamu, untuk didistribusikan di pasar-pasar hingga ke daerah lainnya yang lebih luas lagi.

Selain itu juga bisa menggunakan hidroponik, atau cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi. Caranya juga mudah dipahami, cukup belajar dari berbagai kanal di Youtube yang menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik.

2. Membangun Usaha Peternakan

Usaha peternakan memang menjanjikan, bahkan bisa dikatakan menjadi peluang yang besar jika dilakukan di daerah pedesaan. Banyak orang membutuhkan daging hewan ternak untuk dikonsumsi, membajak sawah, dan aktivitas lainnya yang membuat usaha ini semakin mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang banyak tersedia secara alami sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

3. Penyewaan Alat dan Penjualan Produk Pertanian

Mayoritas penduduk desa berprofesi sebagai petani, maka ide untuk menyewakan dan menjual alat hingga produk pertanian menjadi peluang cuan yang cukup besar. Selain mendapatkan pendapatan, kamu juga bisa mengambil peran dalam membantu masyarakat di desa.

4. Jasa Pangkas Rambut

Untuk menjaga penampilannya, jasa pangkas rambut diperlukan di desa. Terlebih kini kursus barber sudah menjamur dan harganya terjangkau. Usaha pangkas rambut pun dapat dijalankan secara fleksibel. Selain membantu para warga desa, kamu juga bisa belajar dan berkreasi sesuai dengan keahlianmu.

5. Mengembangkan Kerajinan Lokal

Setiap daerah tentu memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, kamu bisa memanfaatkan hal ini. Cukup cermati keunikan yang paling menonjol dan pilih salah satu yang paling potensial untuk dijadikan peluang bisnis. Distribusi produk kerajinan lokal ini juga tidak hanya bisa dilakukan di dalam daerah saja, namun juga bisa memasarkannya ke luar daerah maupun kepada para pengunjung yang datang ke desa kamu.

6. Jualan Kue Tradisional

Setiap desa juga memiliki makanan khas dengan cita rasa tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan potensi kue tradisional di desa dengan modal yang cukup terjangkau. Untuk memperoleh cuan yang semakin moncer, kamu bisa memasarkan hingga ke luar daerah.

7. Usaha Jahit

Usaha jahit merupakan bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan. Kamu tak hanya bisa membantu orang desa membetulkan pakaiannya, namun juga berkreasi agar pakaian mereka lebih fashionable. Peluang usaha di pedesaan cukup dinamis perkembangannya, bahkan jika memang hasil jahitanmu menarik, kamu bisa menjual hingga luar desa.

8. Bisnis Makanan Kekinian

Berkembangnya industri kuliner di daerah perkotaan dapat kita jadikan potensi untuk peluang usaha di desa. Selain jarang ditemukan sehingga minim persaingan, bahan bakunya juga pasti lebih murah daripada di perkotaan. Kamu juga memiliki beragam pilihan ide makanan kekinian apa yang sesuai dengan daerahmu.

9. Jasa Servis Motor

Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu sebab kebanyakan orang di desa pasti sudah menggunakan peralatan bermotor. Jika kamu mempunyai usaha ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor bisa menguntungkan.

10. Penginapan

Daerah pedesaanmu punya tempat wisata yang indah? Kamu bisa menyulap beberapa kamar kosong untuk menjadi penginapan. Tak harus selengkap dan senyaman hotel atau penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang menjual. Selain itu, manfaatkan berbagai layanan media sosial untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

11. Membuka Pom Bensin Mini

Berbicara tentang desa pasti tidak terlepas dengan jalur distribusi yang panjang. Kamu bisa berperan membuka pom bensin mini yang punya fungsi sama dengan pom bensin biasa namun dengan modal yang terjangkau. Kamu dapat menentukan tempat usaha di beberapa lokasi strategis di desa yang dilalui banyak orang setiap harinya.

12. Usaha Galon

Peluang bisnis di kampung beraneka ragam. Usaha isi ulang galon bisa jadi usaha yang menjanjikan, banyak usaha maupun penduduk desa membutuhkan pasokan galon dengan skala yang cukup besar.

13. Ternak Ayam Kampung

Siapa yang tak suka masak ayam kampung? Usaha ternak ayam kampung menjadi usaha ang menguntungkan karena desa memiliki lahan yang luas dan juga memiliki lingkungan yang kondusif untuk beternak ayam sehingga pasti beternak ayam kampung punya modal yang kecil.

14. Jual Bibit Tanaman

Menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan usaha menjanjikan di desa maupun hingga ke luar daerah. Mulai dari bibit tanaman hias, sayur mayur, sampai dengan bibit tanaman buah-buahan.

15. Agen Elpiji

Berjualan gas elpiji juga menjanjikan, terutama elpiji 3kg yang banyak digunakan warga desa. Menjadi sub agen untuk elpiji 3kg tak rumit, namun memang perlu persyaratan administrasi yang harus dilengkapi.

16. Menjadi Reseller Suatu Produk

Tak semua produk di kota ada di desa, jadi kamu bisa menjadi reseller untuk beberapa produk yang sekiranya dibutuhkan di desamu. Seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Sebelum itu, cobalah untuk riset terlebih dahulu, kira-kira produk apa yang dibutuhkan oleh warga di daerahmu?

17. Ternak Lele

Ternak ikan masih jadi usaha primadona. Walaupun jenis usaha ini sudah cukup banyak yang menjalankannya, ternak lele masih menjanjikan karena permintaannya tinggi. Selain caranya mudah, juga lele menjadi konsumsi sehari-hari warga di desa.

18. Usaha Pewangi Pakaian

Pewangi pakaian literan cukup digandrungi karena harganya terjangkau. Biasanya toko pewangi pakaian punya bau yang wangi sehingga akan menarik perhatian. Terlebih jika ada yang membuka usaha laundry, kamu bisa menjadi pemasok tetap.

19. Rental PlayStation

Anak-anak di desa tak banyak yang punya PlayStation di rumahnya. Jika jaringan listrik di desa kamu cukup stabil dan desa kamu mempunyai jumlah anak-anak dan remaja yang cukup banyak, rental PlayStation dapat menjadi bisnis yang cocok. Tak perlu TV atau tempat yang mewah, kamu cukup sediakan 2 TV dan 2 PS dengan tempat yang cukup untuk mereka bermain.

20. Jasa Bimbingan Belajar

Bisnis ini selain berjasa juga bisa membawa cuan yang menjanjikan. Bagaimana tidak, jasa bimbingan belajar bisa membantu anak-anak dengan pelajaran agar memperoleh nilai yang bagus. Jika kamu cukup menguasai pelajaran di bangku sekolah, pasti bisnis ini tidaklah sulit dan menjanjikan.

Nah detikers, itulah tadi 20 rekomendasi bisnis di desa yang bisa bertahan jangka panjang. Kira-kira adakah salah satu bisnis yang kamu tertarik? Semoga rekomendasi ini membantu, ya!



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT