10 Tips Usaha Laundry Kiloan agar Tetap Laris

ADVERTISEMENT

10 Tips Usaha Laundry Kiloan agar Tetap Laris

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 06:00 WIB
Pekerja memasukkan pakaian kedalam mesin pengering di Laundry Rocket Wash, Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, Rabu (11/5/2022). Pascalibur lebaran jasa cuci pakaian kiloan mengalami peningkatan permintaan hingga dua kali lipat atau mencapai 180 kilogram pakaian per hari. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Bisnis laundry adalah jenis usaha yang bergerak di bidang jasa cuci. Nantinya, pelanggan akan membayar layanan laundry yang mereka dapatkan.

Usaha jasa laundry juga disebut sebagai contoh industri rumah tangga. Industri rumah tangga termasuk industri yang cenderung tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak, modalnya pun relatif tidak besar.

Membuka usaha laundry kiloan memang bisa dijadikan peluang ide bisnis. Namun, dalam menjalankannya kita perlu tahu bagaimana cara untuk mengembangkan dan mempertahan usaha ini. Untuk itu, simak tips usaha laundry kiloan di bawah ini yuk!

Tips Usaha Laundry Kiloan

1. Mempertimbangkan Lokasi

Dalam e-book Business Model and Business Plan di Era 4.0 karya Indra Mahardika Putra, S.E., Ak., M.Ak., tips membuka usaha laundry kiloan yang pertama yaitu mempertimbangkan lokasinya. Sebab, lokasi akan berdampak signifikan pada kesuksesan usaha laundry.

Misalnya, kamu bisa pilih lokasi yang sebagian besar orang-orangnya tinggal di daerah kos-kosan atau apartemen. Mengapa? karena biasanya orang-orang di sana cenderung tidak punya mesin cuci dan pengering pakaian.

Selain itu, mereka yang bekerja juga akan sibuk dan mungkin tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Sehingga. mereka akan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

2. Lakukan Pemasaran yang Efektif

Membuka usaha laundry tidak hanya membeli peralatan atau menyewa toko/kios. Kita juga harus tahu cara untuk membuat pelanggan datang sendiri ke tempat laundry kita.

Jadi, penting untuk melakukan pemasaran atau marketing yang efektif. Salah satu caranya yaitu dengan promosi.

  • Kamu bisa buat brosur online yang di share di sosial media atau membagikan selebaran sebagai branding usaha laundry milikmu
  • Meminta bantuan kerabat untuk mempromosikan dari mulut ke mulut tentang usahamu
  • Pasang iklan lokal di sekitar tempat usaha laundry.

3. Pasang Tarif yang Sesuai dan Bersaing

Tips membuka usaha laundry kiloan selanjutnya yaitu pasang harga yang sesuai. Tarif bisa disesuaikan dengan rata-rata harga yang dipatok di daerah sekitar usaha laundry, namun harganya harus masih tetap bersaing ya.

4. Latih Keterampilan

Sebelum membuka bisnis laundry, ada baiknya pekerja perlu berlatih beberapa keterampilan dasar dalam usaha ini. Apalagi untuk laundry yang tidak menyediakan layanan self service pelanggannya.

Bukan keterampilan yang khusus banget kok. Contohnya, melatih keterampilan dalam mencuci, mengeringkan, melipat, dan menyetrika. Selain itu, penting juga untuk mempelajari atau mengetahui berbagai jenis kain dan bahan yang memerlukan perawatan khusus.

5. Tambahkan Spesialisasi Layanan

Tips memperluas bisnis laundry adalah dengan menambahkan spesialisasi layanannya. Misalkan memberikan pelayanan berupa jasa cuci khusus seperti bed cover, boneka, sepatu, helm dan lain-lain. Hal tersebut akan membantu untuk memastikan loyalitas pelanggan maupun untuk menarik minat pelanggan yang lebih banyak.

6. Memberikan Pelayanan Pelanggan dengan Baik

Pelayanan pelanggan yang baik termasuk tips jitu bisnis laundry supaya sukses. Pasalnya, feedback dan loyalitas dari pelanggan akan sangat berpengaruh dalam kelancaran usaha laundry kita.

Berikut adalah beberapa tips dan cara pelayanan yang baik terhadap pelanggan:

  • Jika ada pelanggan yang mempercayakan pakaiannya ke laundry kita, usahakanlah untuk ramah kepada mereka
  • Buat pelanggan merasa nyaman
  • Kerjakan pekerjaan dengan cepat dan usahakan tepat waktu
  • Bersedia untuk menerima komplain dari pelanggan
  • Mendengarkan dan cepat dalam menanggapi keluhan pelanggan.

7. Melakukan Analisis

Dalam melakukan suatu usaha kita pasti akan menghadapi persaingan. Tak terkecuali, antar jasa laundry yang semakin ketat. Untuk itu, kita juga perlu menganalisis dan belajar dari apa yang dilakukan pesaing kita.

Tujuannya untuk mengetahui faktor strategis apa saja yang mempengaruhi persaingan usaha laundry. Misalnya untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan mereka, yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan daya saing.

8. Jadilah Kreatif dan Inovatif

Poin ini juga nyatanya dibutuhkan untuk semua jenis bisnis, termasuk usaha laundry kiloan. Memperhatikan kebutuhan masyarakat juga bisa menjadi salah satu cara, agar kita bisa berinovasi dalam menjalankan bisnis laundry. Contoh sederhananya yaitu melakukan promosi menggunakan media sosial maupun website.

9. Buat Pengelolaan Keuangan

Tips usaha laundry yang sukses yaitu dengan melakukan pengelolaan uang yang baik. Akan menjadi percuma, jika nantinya usaha laundry milikmu laris tapi pengelolaan uangnya buruk.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dan laba yang didapatkan. Misal, pencatatan pengeluaran untuk biaya operasional per hari/bulan, biaya perawatan alat, gaji karyawan (jika ada) dan lain-lain.

10. Menyediakan Layanan Antar-Jemput

Tips usaha laundry yang terakhir adalah dengan menyediakan layanan pengiriman. Ini akan sangat membantu apalagi bagi mereka yang super sibuk.

Tak dipungkiri, saat ini juga banyak orang yang nggak mau ribet. Jadi, layanan pengiriman dalam bisnis laundry juga bisa membantu meningkatkan penghasilan usaha lho.

Keuntungan Membuka Usaha Laundry Kiloan

Dikutip dari laman Hit Business Ideas, berikut adalah beberapa keuntungan usaha laundry:

1. Kemudahan dalam Manajemen Bisnis

Keunggulan yang dimiliki usaha laundry yang pertama yaitu pengelolaan bisnis nya cukup mudah dan sederhana. Tidak perlu ada peralatan khusus dan tenaga khusus untuk menjalankan usaha ini. Selain itu, bisnis laundry juga cenderung tidak memiliki retur produk oleh pelanggannya.

2. Siklus Bisnis yang Bukan Musiman

Usaha laundry punya siklus sepanjang tahun atau non-musiman. Di mana, bisnis musiman akan cenderung tidak diminati lagi apabila hype-nya sudah habis.

Jasa laundry akan selalu dibutuhkan oleh mereka yang selalu disibukkan dengan jam kerja. Jadi, kelebihan dari bisnis laundry ini bisa memberikan keuntungan yang berkelanjutan.

3. Peminatnya Masih Tinggi

Walaupun sejatinya masyarakat sudah banyak yang punya mesin cuci, tapi masih banyak kok mereka yang masih berminat menggunakan jasa laundry.

Biasanya, target konsumen jasa laundry adalah mereka yang tidak punya cukup waktu untuk mengurus dan mencuci pakaiannya.

Contoh target pelanggan jasa laundry:

  • Mereka yang tinggal di kota-kota besar
  • Para pekerja
  • Mahasiswa
  • Ibu rumah tangga yang kewalahan.

Selain menghemat waktu, memilih jasa laundry bagi mereka akan dinilai lebih efektif dan efisien. Pasalnya, banyak waktu yang bisa digunakan untuk keperluan lain.

4. Bisa Dilakukan di Rumah

Menurut laman indeed, salah satu keunggulan yang dimiliki usaha laundry yaitu bisa dijalankan dari rumah. Kamu juga bisa buka usaha laundry kiloan kecil-kecilan di rumah.

Jadi, kamu tidak perlu bolak-balik ke etalase atau lokasi kios lagi. Hal ini tentu akan memberikan peningkatan fleksibilitas dalam jadwalmu.

5. Tidak Memerlukan Banyak Karyawan

Sebelumnya sudah disinggung kalau usaha laundry termasuk industri rumah tangga. Jadi, bisnis ini tidak membutuhkan banyak karyawan dalam satu tempat.

Idealnya sih terdiri dari beberapa orang saja, seperti orang yang menghandle bagian cucian, setrika, pengeringan dan admin. Hal ini tentu bisa menekan pengeluaran untuk biaya gaji karyawan.

6. Mudah Dijual Kembali

Namanya juga buka usaha, mungkin aja bisa gagal bukan? Jadi, jika seandainya suatu saat usaha laundry kamu keuntungannya selalu menurun atau bahkan bangkrut, maka paket usaha ini relatif bisa dengan mudah dijual kepada orang lain.

Apakah bisnis laundry menjanjikan? Laundry kiloan bisa jadi bisnis yang menjanjikan apabila dijalankan dengan konsisten dan dibarengi dengan strategi bisnis yang ciamik.

Detikers juga bisa banget mencoba beberapa tips usaha laundry tadi ya. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Saham Apple Amblas Usai Pabrik iPhone Didemo"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT