ADVERTISEMENT

Mengetahui Arti SFS, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 13:25 WIB
Ilustrasi arti SFS.
Foto: KOBU Agency/Unsplash
Jakarta -

Shoutout For Shoutout (SFS) merupakan metode mengiklankan akun instagram. Dalam berbisnis, SFS menjadi penting dan berpotensi mampu menunjang pertumbuhan akun instagram sebuah usaha.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai SFS serta manfaatnya untuk bisnis.

Mengenal Apa Itu SFS?

Shoutout For Shoutout (SFS) merupakan metode mengiklankan akun instagram, ini bisa dilakukan secara personal maupun kelompok. Dalam penelitian berjudul Penerapan Aktivitas Shoutout for Shoutout Sebagai Media Iklan Online Shop @Grosirhijab_Semarang pada Jejaring Sosial Instagram oleh Afifah Nuraini Putri, dijelaskan bahwa Shoutout For Shoutout (SFS) terjadi ketika akun instagram menyebut akun instagram lain di dalam foto yang dipost.

Di sini terjadi dua langkah yakni saat pengguna mengunggah foto, unggahan tersebut mampu menarik perhatian sekaligus membuat penonton mengunjungi iklan yang terselip di dalamnya. Tujuan SFS ini adalah memperkenalkan akun instagram lain supaya mendapat tambahan follower dari akun yang memperkenalkannya.

Hal ini sering kita jumpai pada influencer, biasanya mereka dibayar untuk mengiklankan akun instagram yang berdagang usaha tertentu. Namun sebetulnya SFS ini lebih pada kerja sama antar dua online shop untuk melakukan barter promosi.

Ini bertujuan untuk memperluas segmentasi pasar satu sama lain. Biasanya SFS antar dua online shop terjadi karena keduanya memiliki jumlah followers yang setara. Akun yang menggunakan sistem Shoutout For Shoutout (SFS) sudah memiliki banyak followers di Instagram sehingga unggahan tersebut dapat dibaca oleh para followersnya.

Hal tersebut serupa dengan penjelasan pada laman Cyber Definitions, SFS berarti "Shoutout for Shoutout". Namun SFS juga bisa diartikan dua artian lainnya yakni "Snap for Snap" atau "Spam for Spam". Singkatan SFS banyak digunakan antara influencer dan pengguna media sosial dengan arti "Shoutout for Shoutout" sebagai permintaan untuk promosi.

Shoutout adalah sebutan dalam sebuah postingan, biasanya disertai dengan hashtag tertentu yang mengarahkan followers mereka ke promosi atau halaman orang lain. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengikut halaman yang dipromosikan.

Jika SFS terjadi pada influencer, biasanya semakin banyak followers Instagram influencer tersebut, maka harga untuk bekerjasamanya semakin mahal. Mereka memiliki rate card untuk promosi, seperti berapa harga untuk satu kali unggahan di story, berapa harga untuk satu kali unggahan di feeds, dan lainnya.

Manfaat SFS bagi Bisnis

1. SFS Bisa Menambah Follower

Meskipun mungkin dalam beberapa perjanjian ada harga yang harus dibayar, meminta akun Instagram yang lebih besar untuk mempromosikan tentu saja punya manfaat maksimal menambah followers. Kadang meskipun tidak begitu berdampak pada penambahan followers, ini bisa berdampak baik pada kunjungan akun.

2. Membangun Kepercayaan

SFS juga beriringan dengan nama influencer atau online shop yang mempromosikan. Sebab akun yang dipromosikan olehnya akan dipercaya oleh para followersnya. Contohnya, sebuah akun usaha meminta Rachel Vennya sebagai influencer untuk mempromosikan iklan mereka. Followers Rachel Vennya percaya bahwa akun tersebut merupakan usaha yang memang bagus.

3. Memperluas Segmentasi

Menjalin kerjasama dengan influencer atau online shop juga bisa berpotensi menjalin kerja sama antar online shop lainnya yang saling melakukan Shoutout For Shoutout (SFS). Dengan ini, SFS juga mampu memperluas segmentasi pembeli dan memperluas relasi bisnis.

Cara Menggunakan SFS

  1. Online shop menyiapkan foto yang menarik untuk di posting. Ukuran yang digunakan harus sesuai dengan ukuran foto yang diperbolehkan di Instagram yaitu 500 x 500 pixel.
  2. Online shop menyiapkan keterangan foto yang menarik.
  3. Online shop mencari partner influencer atau online shop lain untuk melakukan Shoutout For Shoutout (SFS).
  4. Setelah menemukan partner yang sesuai, online shop A menghubungi pihak B untuk mengajak B melakukan kerja sama bisnis Shoutout For Shoutout (SFS).
  5. Setelah pihak B menyetujui kesepakatan yang dibuat, maka online shop A dan online shop B saling bertukar foto dan keterangan foto untuk diposting di masing-masing Instagram. Jika pada influencer, foto ditukar dengan harga.
  6. Biasanya dalam persetujuan yang disepakati akan memuat pembahasan jam posting, waktu tayang, dan ijin menghapus iklan.
  7. Setelah waktu posting foto yang disepakati berakhir, masing-masing online shop boleh menghapus foto dan keterangan foto dari online shop partnernya.

Nah detikers, itulah penjelasan lengkap mengenai SFS. Sekarang kamu sudah tahu kan? Apakah kamu tertarik untuk mencoba dengan sesama rekan bisnismu?



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT