Cara Mempromosikan Produk yang Efektif untuk Perusahaan

ADVERTISEMENT

Cara Mempromosikan Produk yang Efektif untuk Perusahaan

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 05:30 WIB
Ilustrasi cara mempromosikan produk.
Foto: Hello I'm Nik/Unsplash
Jakarta -

Sebagai pelaku usaha, tentu kamu ingin produk yang kamu tawarkan mempunyai tingkat penjualan yang tinggi. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara mempromosikan produk dengan efektif.

Promosi produk adalah proses untuk memasarkan sebuah produk kepada calon konsumen. Mempromosikan produk adalah hal yang sangat penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan serta mendapat keuntungan yang tinggi.

Promosi produk yang menarik membuat konsumen menjadi tertarik untuk mengetahui dan membeli produk yang ditawarkan. Bagi kamu yang sedang mencari cara mempromosikan produk, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Promosi Produk?

Dikutip dari Jurnal Universitas Pasundan, promosi produk adalah aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan pesan tertentu tentang produk kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Menurut Anton Tejakusuma dalam buku Mega Super Salesman, promosi adalah sebuah tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, juga sebagai strategi untuk mengajak prospek melalui transaksi.

Dari dua pengertian tersebut, promosi tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Promosi juga berfungsi sebagai alat untuk mempengaruhi kegiatan pembelian sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Cara Mempromosikan Produk

Dilansir dari Word Stream, berikut adalah 10 tips dalam cara mempromosikan produk yang efektif untuk kamu coba.

1. Memberikan Diskon

Pertimbangan harga merupakan salah satu pertimbangan utama ketika melakukan transaksi pembelian. Oleh sebab itu, diskon merupakan sesuatu yang selalu ditunggu oleh pelanggan.

Ada beberapa jenis diskon yang bisa kamu gunakan seperti beli satu gratis satu, pengurangan harga, atau diskon menggunakan persentase. Dijamin, konsumen akan tergiur dengan potongan harga tersebut.

2. Loyalty Program

Cara mempromosikan produk selanjutnya adalah dengan menerapkan loyalty program. Program ini dilakukan dengan memberikan kegiatan promo menarik khusus bagi pelanggan setia.

Kamu bisa mengajak pelanggan untuk mengumpulkan poin/reward sebanyak-banyaknya untuk bisa melakukan klaim. Cara ini efektif untuk meningkatkan penjualan sekaligus menemukan pelanggan setia.

3. Gunakan Website

Website atau blog juga bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi. Website bisa menjadi tempat yang bagus untuk memberikan informasi produk kepada pelanggan.

Konten atau tulisan yang kamu buat di website bisa menjadi sumber informasi yang kredibel bagi konsumen. Dengan begitu, kepercayaan akan produk akan meningkat yang akan berdampak langsung kepada kenaikan penjualan.

4. Postingan Media Sosial

Saat ini pengguna media sosial yang aktif sudah berada di angka yang sangat besar. Hal ini menjadikan media sosial sebagai salah satu cara mempromosikan produk yang efektif.

Kamu harus menciptakan konten yang menarik untuk konsumen supaya mereka tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Selain bermanfaat untuk promosi, media sosial juga bermanfaat untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.

5. Email Marketing

Metode ini juga merupakan salah satu cara mempromosikan produk secara online. Kamu bisa memanfaatkan email sebagai sarana promosi karena kebanyakan orang mengecek emailnya setiap hari.

Dalam email tersebut, kamu bisa memberikan informasi produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa memberi informasi tentang potongan harga, voucher, atau informasi lainnya.

6. Facebook Ads

Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Hal tersebut membuat Facebook merupakan platform yang bisa dimanfaatkan dalam cara mempromosikan produk.

Facebook menawarkan layanan Facebook Ads yang akan membantumu untuk menjangkau banyak pengguna Facebook. Dengan begitu, brand awareness akan meningkat yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

7. Manfaatkan Influencer

Menggunakan jasa influencer juga salah satu cara promosi produk yang efektif. Influencer adalah orang yang memiliki pengikut yang banyak di media sosial dan menawarkan jasanya untuk promosi produk.

Kamu bisa memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk. Influencer bisa membantumu meningkatkan awareness karena mereka memiliki jumlah pengikut yang besar.

8. Membuat Event

Menyelenggarakan suatu event juga bisa menjadi cara untuk mempromosikan produk. Dengan membuat event, kesempatan produk itu untuk dikenal masyarakat menjadi meningkat.

Selain menggelar event sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan event lain dengan menjadi sponsor. Cara ini juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk.

9. Giveaway

Selain potongan harga, konsumen juga pasti menyukai hadiah gratis. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan giveaway sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk karena biasanya ada banyak orang yang akan mengikuti kegiatan tersebut sehingga meningkatkan kesempatan untuk dikenal masyarakat.

Selain itu, giveaway juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan jumlah follower di media sosial. Dengan begitu, engagement akan akan naik dan brand lebih dikenal dalam waktu yang cepat.

10. Testimoni Pelanggan

Terakhir, testimoni pelanggan juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mempromosikan produk. Kamu bisa meminta testimoni kepada pelanggan lalu mempublikasikannya di berbagai platform.

Dengan testimoni pelanggan, kepercayaan calon pelanggan lain kepada brand kamu akan naik. Kepercayaan yang baik tentu akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah penjualan.

Itulah pembahasan mengenai cara mempromosikan produk. Dengan promosi yang tepat, pelanggan akan lebih mengenal dan tertarik untuk mencoba produk yang kamu tawarkan.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT