ADVERTISEMENT

20 Cara Promosi yang Menarik Agar Bisnis Semakin Laris

Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang - detikFinance
Rabu, 28 Sep 2022 11:52 WIB
Ilustrasi promosi menarik.
Foto: Artem Beliaikin/Unsplash
Jakarta -

Promosi merupakan tahapan yang mustahil dilewatkan dalam menjalankan bisnis. Pelanggan tidak datang dengan sendirinya. Pelanggan baru akan menggunakan produk dan layanan kita setelah mereka mengetahui informasi tentang produk dan layanan tersebut. Itulah salah satu pentingnya promosi.

Promosi juga punya andil besar membuat jualan kita laris manis. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara promosi yang menarik agar usaha kita semakin laris. Simak penjelasan berikut ini.

Pentingnya Memiliki Promosi Menarik

Mengutip Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran FKIP Uhamka dalam repository.uhamka.ac.id, promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan.

Fungsi kegiatan promosi adalah sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, untuk mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian atau penggunaan jasa, serta menjadi faktor penentu keberhasilan perusahaan dalam memasarkan suatu produk.

Promosi sangat penting untuk kelangsungan bisnis karena memiliki berbagai keuntungan. Yakni meningkatkan brand awareness, menyediakan informasi yang lengkap tentang produk dan layanan, meningkatkan traffic pelanggan, serta meningkatkan penjualan dan keuntungan. Berikut ulasan selengkapnya mengutip situs resellerclub.com.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah pengetahuan audiens terhadap produk kita. Semakin produk kita dikenal oleh khalayak, berarti brand awareness produk kita tinggi. Promosi yang tepat dapat meningkatkan brand awareness khususnya bagi audiens baru yang sebelumnya tidak mengenal produk kita.

2. Membantu Identifikasi Segmen

Setiap produk atau layanan memiliki audiensnya masing-masing, atau biasa disebut dengan segmentasi. Melakukan promosi dapat membantu pelaku usaha mengidentifikasi segmen pasar yang sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Setelah memahami segmentasi pasar kita, kita juga bisa menyusun kampanye atau promosi yang lebih tepat sasaran.

3. Menaikkan Traffic Pelanggan

Dalam konteks website dan marketplace, promosi yang baik dan tepat dapat menaikkan traffic pelanggan atau pengunjung. Semakin sering dan tepat berpromosi, semakin banyak pelanggan yang tertarik berkunjung ke website atau marketplace kita dan membuka peluang lebih besar terjadinya transaksi jual beli.

4. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Menyambung manfaat nomor 3, promosi juga penting untuk meningkatkan penjualan dan membuat perusahaan meraih keuntungan. Meraih keuntungan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan, sehingga segala cara yang tepat perlu dilakukan demi mencapai tujuan tersebut.

Cara Promosi yang Menarik

Setelah memahami mengapa promosi sangat penting untuk bisnis, sekarang kita akan membahas cara promosi yang menarik. Anda bisa memilih beberapa cara promosi ini untuk usaha Anda, mengutip situs wisepops.com dan optinmonster.com.

1. Diskon untuk Pelanggan Baru

Salah satu cara promosi untuk menggaet pelanggan baru adalah dengan menawarkan diskon atau potongan harga. Menurut wisepops.com, 41 persen pengguna internet membeli produk karena ada diskon. Selain pada pelanggan baru, diskon juga bisa diberikan untuk pelanggan lama sebagai bagian dari loyalty program. Pertimbangkan juga seberapa besar diskon yang kita berikan supaya tidak malah menimbulkan kerugian.

2. Diskon End-of-Season

Hampir sama dengan cara nomor 1, bedanya cara ini adalah diskon yang dilakukan di periode waktu tertentu. Misalnya di akhir musim liburan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Diskon di akhir periode tertentu ini dapat meningkatkan penjualan secara efektif apabila dipromosikan secara benar.

3. Buy One Get One

Cara promosi berikutnya adalah dengan memberlakukan program buy one get one atau beli satu gratis satu (atau beli dua gratis satu, tergantung ketersediaan stok dan kebijakan pelaku usaha). Promosi dengan cara ini juga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan karena pelanggan terdorong untuk membeli lebih banyak produk demi mendapatkan diskon.

4. Clearance Sale atau Cuci Gudang

Promosi jenis ini dilakukan dengan menampilkan produk-produk yang stoknya tinggal sedikit atau hampir habis. Biasanya pelaku usaha mengadakan clearance sale atau cuci gudang agar mereka dapat menyetok barang-barang baru yang lebih gres. Clearance sale juga diminati oleh pelanggan karena mereka bisa mendapatkan produk dengan harga lebih murah.

5. Flash Sale

Promosi ini dilakukan dengan menawarkan atau menjual barang dalam waktu yang sangat terbatas. Flash sale biasanya diterapkan dalam penjualan online dan hanya dalam hitungan jam. Promosi ini biasanya berhasil menggaet pelanggan yang ingin mendapatkan produk dengan harga sangat miring.

6. Sampel Gratis

Sebagai upaya promosi, kita bisa memberikan sampel gratis atau free sample bagi calon pelanggan. Cara ini kerap dilakukan oleh produk seperti parfum, kosmetik, atau makanan. Free sample menguntungkan sebagai promosi karena calon pelanggan bisa langsung mencoba produk di tempat dan memutuskan untuk membeli produk tersebut jika mereka puas dengan produknya.

7. Promosi Membership Reward

Untuk pelanggan lama yang sudah menjadi anggota atau member tetap, kita bisa memberlakukan promosi berupa membership reward. Promosi ini merupakan salah satu bentuk loyalty program, yang juga bertujuan untuk mempertahankan pelanggan lama. Mengutip wisepops.com, cara ini disukai oleh pelanggan terutama mereka yang mengutamakan value for money.

8. Kampanye Pre-launch

Promosi ini dilakukan sebelum kita meluncurkan sebuah produk, dikenal juga dengan istilah kampanye pre-launch. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan brand awareness di kalangan pelanggan terhadap produk atau layanan baru kita. Buatlah kampanye pre-launch semenarik mungkin dan membangun rasa penasaran pelanggan.

9. Gratis Ongkir

Untuk penjualan yang dilakukan secara online, kita bisa menerapkan promosi berupa gratis ongkos kirim (ongkir). Ongkos kirim biasanya cukup mahal, terutama untuk daerah yang jauh. Dengan menerapkan promosi gratis ongkir, pelaku usaha bisa menarik pelanggan dari jauh. Mereka akan melakukan pembelian karena tidak khawatir akan ongkir yang mahal.

10. Diskon Daftar Newsletter

Promosi berikutnya yang bisa dilakukan adalah diskon untuk pendaftar newsletter baru. Salah satu cara menggapai pelanggan adalah melalui email atau newsletter. Nah, sediakan tombol untuk mendaftar sebagai member pada email tersebut. Untuk pelanggan yang akhirnya mendaftarkan diri sebagai member akan mendapatkan diskon spesial member baru.

11. Spin-The-Wheel

Promosi ini terbilang menyenangkan karena melibatkan pelanggan untuk bermain game. Pelanggan cukup memutar 'roda keberuntungan' yang berisi daftar reward yang mungkin didapatkan setelah pembelian. Spin-the-wheel bisa dilakukan dalam bentuk offline maupun permainan online.

12. Birthday Sale

Pada momen tertentu, misalnya ulang tahun pelanggan atau ulang tahun brand, kita bisa memberikan diskon spesial bertajuk birthday sale. Cara ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan karena ulang tahun mereka diingat dan mereka merasa diperhatikan.

13. Bundle Offer

Bundle atau bundel adalah jenis promosi yang dilakukan dengan menawarkan beberapa produk sekaligus dalam satu paket. Promosi ini menguntungkan pelanggan karena mereka bisa mendapatkan beberapa varian produk sekaligus dengan harga lebih hemat. Pelanggan bisa merasakan pengalaman menggunakan beberapa produk berbeda, yang nantinya akan mempengaruhi pembelian mereka ke depan.

14. User-Generated Content

Jika cara-cara di atas berfokus pada penjualan dan diskon, cara berikut ini merupakan promosi jangka panjang dengan meningkatkan brand awareness. Kita bisa melibatkan pelanggan untuk menghasilkan user-generated content atau konten-konten yang dibuat oleh pelanggan sebagai pengguna produk. Kontennya bisa berupa testimoni, ajakan untuk menggunakan produk, atau penyampaian nilai-nilai yang diusung oleh brand.

15. Promosi Melalui Media Sosial

Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah hampir semua orang menggunakan media sosial. Karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk berpromosi melalui media sosial. Optimalkan media sosial sebagai sarana promosi agar produk atau layanan kita semakin dikenal oleh khalayak ramai.

16. Multichannel Marketing

Cara promosi berikutnya adalah melakukan pemasaran melalui berbagai channel yang ada. Misalnya dengan membuat media sosial kita menjadi shoppable atau memungkinkan pengguna memesan langsung produk kita tanpa harus berpindah ke website toko.

17. Kerja Sama dengan Influencer dan Brand Ambassador

Promosi akan semakin efektif dan optimal jika kita memanfaatkan popularitas influencer atau brand ambassador yang sesuai dengan produk kita. Pada era media sosial ini, kerja sama dengan influencer atau pemengaruh dan brand ambassador atau duta brand sudah lumrah dilakukan oleh banyak brand dan terbukti efektif meningkatkan brand awareness.

18. Membuat Tagar Khusus

Masih berkaitan dengan media sosial, promosi juga bisa kita lakukan dengan menciptakan tagar khusus yang mengarah pada produk kita. Tagar ini akan cepat menyebar dan ditemukan oleh banyak sekali pengguna internet. Jika pengguna mengklik tagar tersebut, maka mereka akan diarahkan ke produk kita.

19. Unggahan yang Interaktif

Selain unggahan yang bersifat memberikan informasi, kita juga perlu mengunggah postingan yang interaktif di media sosial. Jadi, pengguna atau pelanggan akan merasa diajak berdialog dan dilibatkan langsung dalam promosi yang kita lakukan.

20. Sesuaikan dengan Momen

Kita perlu memperhatikan apa yang sedang tren atau hype di media sosial maupun masyarakat. Nah, kita bisa menyesuaikan promosi dengan tren yang sedang terjadi itu. Promosi cara ini biasanya dikenal dengan istilah 'riding the wave' atau menaiki ombak. Misalnya, buatlah promosi yang berkaitan dengan agama pada momen menjelang Ramadan.

Nah, jadi cara promosi mana yang akan Anda lakukan untuk usaha Anda, detikers? Pilihlah promosi yang sesuai dengan jenis usaha dan perencanaan usaha Anda, ya. Semoga sukses!



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT