Contoh Surat Penawaran Negosiasi, Komponen Penting Jangan Sampai Lupa

ADVERTISEMENT

Contoh Surat Penawaran Negosiasi, Komponen Penting Jangan Sampai Lupa

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 05:00 WIB
surat penawaran barang
Foto: iStock
Jakarta -

Surat penawaran dibuat untuk memperkenalkan atau menawarkan barang atau jasanya kepada relasi hingga calon konsumen. Lalu bagaimana cara membuat surat penawaran? Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai surat penawaran.

Surat Penawaran Adalah

Terdapat beragam jenis surat penawaran, mengingat surat bisnis di perusahaan memang erat kaitannya dengan kegiatan surat menyurat dengan fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Biasanya surat penawaran dibuat untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain dan mengajukan penjualan produk pada konsumen.

Dilansir dari buku Mail Merge: Solusi Praktis untuk Surat-Surat Bisnis, surat penawaran sering disebut juga offering letter. Surat ini memberi informasi untuk meningkatkan minat pembaca terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Surat penawaran ini mampu mempengaruhi calon konsumen untuk segera melakukan pembelian.

Surat penawaran dapat memudahkan penjual untuk memperkenalkan produk mereka kepada calon pembeli, terutama produk yang masih belum terlalu dikenal publik. Sehingga, mungkin pembeli tak langsung melakukan transaksi saat itu juga, namun bisa jadi brand awareness meningkat.

Surat ini biasanya dikirimkan oleh penjual sebagai balasan surat permintaan penawaran dari calon pembeli. Namun, bisa juga dikirimkan kepada calon pembeli yang tidak mengajukan surat permintaan, jika penjual bermaksud mempromosikan produk dagangannya. Biasanya, penjual sudah mengantongi kontak calon pembeli dengan persetujuannya.

6 Komponen Surat Penawaran

1. Template Surat:

  • Kop surat perusahaan lengkap dengan alamat, nomor telepon, alamat email, dan alamat website jika ada.
  • Nama kota dan tanggal surat diterbitkan.
  • Nomor surat, urutan nomor surat keluar dari perusahaan.
  • Jumlah lampiran, biasanya lampiran detail barang atau jasa dan harganya.
  • Perihal, inti dari surat.
  • Tujuan, yaitu pihak atau perusahaan yang dituju.

2. Pembuka

Bisa menggunakan sapaan pembuka yang formal untuk relasi perusahaan maupun semi formal. Sesuaikan bahasa dengan segmentasinya, jika surat ditujukan untuk calon konsumen. Pastikan bahasa sopan dan mudah dipahami.

3. Isi Surat

Inti dari penawaran yang diberikan. Sampaikan isi dengan bahasa yang efektif dan menarik, bisa manfaatkan grafik atau visual. Intinya mengenai penawaran harga barang atau promo sebagai salah satu teknik marketing.

4. Penutup

Berisi penutup dan harapan agar perusahaan dapat menindaklanjuti surat tersebut. Sertakan nama dan tanda tangan dari pimpinan perusahaan atau pejabat yang ditunjuk, dan stempel.

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Berikut contoh surat penawaran dilansir dari berbagai sumber.

1. Contoh Surat Negosiasi

[Kop Surat PT Bermartabat]

Yth
Pihak PT Kaya Raya

Dengan Hormat,
Mewakili PT Bermartabat, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang alat tulis dan peralatan kantor menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan pihak PT Kaya Raya. Terkait detail perjanjian dan penawaran harga telah kami sampaikan pada halaman lampiran.

Dari beberapa jenis sampel yang PT Kaya Raya berikan, kami tertarik untuk melakukan pemesanan kertas secara bertahap. Dikarenakan total pemesanan cukup banyak, sekiranya diperkenankan kami ingin melakukan negosiasi harga seperti yang tertera berikut.

Demikian surat ini saya sampaikan, semoga kerjasama yang baik dapat terjalin bersama.

Bandung, 7 September 2022

Hormat saya,

Manager PT Bermartabat.

2. Contoh Surat Ajuan Kerjasama

Yth Pimpinan PT Citra Utama

Dengan hormat,

Bersamaan surat ini kami ingin memperkenalkan perusahaan kami PT Sinar Mulya. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi khususnya dalam bidang pengembangan jaringan informasi internet/web (web development) dan multimedia.

Maksud kami memperkenalkan layanan perusahaan kepada PT Citra Utama, dengan harapan dapat bekerjasama dalam pengembangan Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan jaringan internet/web (web development) dan multimedia. Jika perusahaan Citra Utama berminat, kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Bandung, 28 Januari 2022

Hormat saya,

Dirut PT Sinar Mulya

Nah detikers, itulah tadi beberapa contoh dan penjelasan seputar surat penawaran negosiasi. Kini kamu sudah memahaminya kan? Kamu bisa mencoba membuat surat penawaran yang memiliki ciri khas dengan usahamu. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT