Apa itu Staff Marketing? Ini Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

ADVERTISEMENT

Apa itu Staff Marketing? Ini Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki

Adelaide Wreta - detikFinance
Minggu, 02 Okt 2022 09:45 WIB
Ilustrasi staff marketing.
Foto: charlesdeluvio/Unsplash
Jakarta -

Staff marketing merupakan karyawan atau bagian dari perusahaan yang harus dimiliki demi kelancaran usaha atau bisnis. Staff marketing berperan besar dalam meningkatkan penjualan perusahaan dengan tugas, tanggung jawab, dan skill-skill tertentu.

Tanpa staff marketing, suatu produk, layanan, atau jasa yang dihasilkan perusahaan tidak akan tersebar dengan luas atau diketahui banyak masyarakat. Bila produk tidak tersebarluaskan dengan baik, sulit bagi perusahaan untuk memperoleh pelanggan atau audience baru yang tertarik dengan produk atau layanan jasanya.

Ingin mengenal staff marketing lebih dalam? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tugas dan skill yang harus dimilikinya!

Pengertian Staff Marketing

Mengutip lawinsider.com, ada dua definisi yang menjelaskan staff marketing. Pertama, staff marketing berarti pelayan, konsultan, kontraktor independen atau agen yang secara langsung terlibat dalam penjualan, penyediaan penjualan atau periklanan.

Staff marketing juga bisa didefinisikan sebagai karyawan yang secara langsung terlibat dalam penjualan, promosi, atau periklanan barang atau jasa apa pun yang disediakan oleh perusahaan kepada pelanggan.

Sementara itu, betterteam.com menjelaskan staff marketing sebagai pengawas kampanye marketing organisasi dan memainkan peran penting dalam mengembangkan dan melaksanakan konsep komunikasi dan strategi pemasaran untuk perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Marketing

Staff marketing tentunya berperan besar dalam sebuah bisnis, usaha, atau perusahaan. Tanpa staff marketing, tidak ada orang yang menjalankan pemasaran atau marketing terkait suatu produk dan mereknya. Padahal, marketing sangat berpotensi dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa, yang berarti meningkatkan pendapatan dan keuntungan suatu perusahaan juga.

Sebenarnya, apa saja tugas dan tanggung jawab staff marketing? Berikut adalah daftar tugas dan tanggung jawabnya:

  1. Mengelola dan mengembangkan kampanye pemasaran.
  2. Meneliti dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan audiens.
  3. Melakukan aktivitas promosi.
  4. Mengatur dan mendistribusikan informasi keuangan dan statistik.
  5. Mengawasi kampanye di media sosial.
  6. Mengevaluasi efektivitas kampanye.
  7. Melaporkan tren dan statistik di semua platform media digital.
  8. Mampu mempertahankan predikat baik perusahaan.
  9. Memenuhi target yang ditetapkan perusahaan.
  10. Mampu memperkenalkan aneka produk dari perusahaan tempatnya bekerja.
  11. Memberikan layanan dan kenyamanan untuk konsumen.
  12. Memberikan informasi seputar perkembangan terbaru di bidangnya.
  13. Mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.
  14. Siap untuk menyediakan waktu untuk konsumen.

Skill Marketing Executive yang Harus Dimiliki

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa keberadaan staff marketing berperan besar dalam meningkatkan penjualan, pendapatan, dan keuntungan suatu merek atau perusahaan. Namun, staff marketing yang tepat akan memerlukan beberapa skill atau kemampuan yang dikuasainya.

Tanpa penguasaan skill yang tepat untuk marketing, maka staff marketing tidak akan berdampak besar, atau justru merugikan perusahaan atas kurangnya kemampuan yang dimiliki.

Oleh karena itu, ada sejumlah skill yang harus dimiliki marketing executive agar dapat meraih tujuan-tujuan perusahaan dengan baik dan lancar. Tanpa kemampuan-kemampuan ini, besar kemungkinan seorang marketing executive atau staff marketing tidak dapat mencapai target perusahaan. Berikut adalah lima skill-nya seperti dikutip dari repository.maranatha.edu:

  1. Mampu bekerja keras dan tahan banting dalam menjalankan tugasnya.
  2. Tidak mudah putus asa dan selalu optimistis dalam bekerja termasuk menghadapi target kerja, regulasi ekonomi, atau hal-hal yang bisa menimbulkan tekanan atau stressfull.
  3. Mampu menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja
  4. Memiliki keluasan relasi dan pengaruh di segala segmentasi pasar.
  5. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik konsumen agar mampu melakukan pendekatan pada konsumen.

Itulah penjelasan mengenai staff marketing, yaitu karyawan yang secara langsung terlibat dalam penjualan, promosi, atau periklanan barang atau jasa apa pun yang disediakan oleh perusahaan kepada pelanggan.

Staff marketing memainkan peran penting dalam mengembangkan dan melaksanakan konsep komunikasi dan strategi pemasaran untuk perusahaan. Tanpa staff marketing, strategi pemasaran yang mampu mendongkrak penjualan dan pendapatan perusahaan tidak akan terealisasikan dengan baik.

Namun, untuk menjadi staff marketing yang mewujudkan tujuan tersebut, seorang staff marketing perlu memiliki setidaknya lima skill yang berkaitan. Lima skill yang perlu dimiliki adalah mampu bekerja keras dalam menjalankan tugas, pantang menyerah dalam menghadapi target kerja, menjalin hubungan yang baik, memperluas relasi, dan mengetahui karakteristik konsumen.



Simak Video "d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT