ADVERTISEMENT

Apa Itu Repeat Order dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 08:20 WIB
Ilustrasi repeat order.
Foto: CardMapr.nl/Unsplash
Jakarta -

Dalam bisnis, repeat order atau pembelian ulang adalah sesuatu yang diharapkan dari pengusaha. Pembelian ulang menunjukkan loyalitas pelanggan terhadap produk suatu perusahaan.

Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat hingga tips ampuh bagaimana agar pelanggan mau melakukan pembelian ulang.

Pengertian Repeat Order

Dilansir dari cambridge.org, repeat order atau pembelian ulang adalah pesanan lain dari pelanggan yang pernah memesan barang atau jasa yang sama sebelumnya. Pembelian ulang ini menandakan pengakuan pelanggan bahwa produk tersebut memiliki nilai investasi yang tinggi.

Nurhayati dan Wahyu Wijaya Murti dalam Jurnal Value Added Vol 8, No 2, Maret-Agustus 2012 Universitas Muhammadiyah Semarang, menjelaskan minat konsumen untuk membeli ulang suatu produk, di antaranya karena kepuasan dan pencapaian ekspektasi dari suatu produk. Merek yang sudah melekat di hati pelanggan menyebabkan pelanggan melakukan pembelian ulang.

Dalam penelitian Kuntjara dari Universitas Diponegoro, disebutkan ada tiga jenis pembelian.

1. Pembelian Ulang Langsung

Pembelian ulang langsung ini terjadi ketika pelanggan membeli ulang secara rutin. Contohnya sebuah kantor yang rutin membeli perlengkapan alat tulis dari satu penyedia. Selain karena kualitas, pembelian ulang ini juga dilakukan untuk menghemat waktu dan biasanya mendapatkan harga lebih murah.

2. Pembelian Ulang yang Dimodifikasi

Pembelian ulang yang dimodifikasi ialah ketika pembeli tertarik untuk melakukan pembelian ulang, namun dengan memberikan syarat tertentu. Syarat tersebut misalnya perubahan spesifikasi, perubahan harga, model pengiriman.

3. Tugas Baru

Jenis pembelian ini ialah ketika seorang konsumen membeli produk atau jasa untuk pertama kalinya. Misalnya membeli gedung baru atau sistem pengamanan baru.

Manfaat dari Repeat Order

Pembelian ulang memiliki sejumlah manfaat. Penulis Tabansi Henry dalam artikel Linkedin menyebut ada enam manfaat dari pembelian ulang.

1. Pelanggan Semakin Banyak Menghabiskan Uang

Kesuksesan Anda membuat pelanggan untuk membeli lagi produk Anda akan semakin besar potensi mereka untuk terus membeli di perusahaanmu. Berilah penawaran hebat untuk mengikat mereka. Semakin mereka tergantung pada produk Anda, akan semakin banyak uang yang mereka keluarkan untukmu.

2. Diandalkan Ketika Krisis

Bahkan ketika terjadi krisis ekonomi, pembelian ulang dari pelanggan loyal bisa diandalkan. Bahkan menurut Tabansi, persentase pendapatan dari pelanggan loyal ini bisa lebih tinggi meski sedang terjadi resesi.

3. Lebih Mudah Menjual

Pelanggan yang melakukan pembelian ulang berpotensi menjadi pelanggan loyal. Pelanggan jenis inilah yang harus Anda jaga. Peluang mereka membeli produk barumu lebih tinggi daripada jika Anda harus mencari pelanggan baru.

4. Biaya Besar untuk Menggaet Pelanggan Baru

Pembelian ulang menunjukkan pelangganmu tertarik dengan produkmu. Yakinkan mereka untuk terus berlangganan di tempatmu. Sebab perusahaan akan lebih banyak menghabiskan energi, waktu dan uang jika harus mencari pelanggan baru.

5. Pelanggan Loyal Mempromosikan Produk Anda

Dengan mengandalkan pelanggan loyal, Anda tak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk promosi. Pelanggan loyal inilah yang bakal mempromosikan produkmu secara cuma-cuma. Mereka biasanya menyampaikan kelebihan produkmu melalui media sosial atau mulut ke mulut.

6. Bisnis Dibangun dari Pelanggan Loyal

Pelanggan loyal dibutuhkan untuk membantu menjaga bisnis tetap berjalan. Mereka tak hanya membeli ulang produk Anda, tetapi juga memberi rujukan kepada keluarga, teman, serta mereka menghabiskan uang untuk produk Anda.

Contoh Repeat Order

Contoh repeat order atau pembelian ulang ialah ketika seseorang membeli produk kosmetik pada bulan April, kemudian dia kembali lagi untuk membeli produk yang sama di bulan Mei.

Contoh lain, seseorang mengirim paket melalui jasa ekspedisi A, kemudian dia kembali menggunakan jasa yang sama pada kesempatan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Masih dari penelitian Nurhayati dan Wahyu Wijaya Murti, pembelian ulang ini bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain kepuasan terhadap kualitas, pengaruh kompetisi harga, brand image sebuah produk yang sudah kuat, dan pengaruh pengalaman pribadi pelanggan.

Tips Ampuh Meningkatkan Repeat Order

Dirangkum dari Wiredplus, ada enam tips ampuh supaya pelanggan melakukan pembelian ulang.

1. Segmentasikan Konsumen

Segmentasikan konsumen Anda ke dalam kelompok-kelompok, misalnya berdasarkan usia, tempat tinggal, jenis kelamin, atau riwayat pembelian. Promosikan kembali kepada pelanggan Anda dengan pesan yang berbeda sesuai segmentasinya.

2. Hubungi Lagi Pelanggan yang Tak Bertransaksi

Jangan ragu hubungi kembali pelanggan Anda yang sudah lama tidak bertransaksi. Katakan bahwa saat ini keranjang belanja pelanggan Anda kosong dan persilakan untuk kembali berbelanja.

3. Personalisasikan Produk

Rekomendasikan lagi produk yang mereka sukai berdasarkan pembelian yang terdahulu atau riwayat pencarian. Semakin sesuai produk dengan kondisi pelanggan, maka akan besar potensinya untuk melakukan pembelian ulang.

4. Pamerkan Ulasan Pelanggan

Tanggapan positif dari pelangganmu adalah hal yang perlu diketahui konsumen lain. Pamerkan tanggapan-tanggapan positif pelanggan supaya mereka terus melakukan pembelian ulang.

5. Program Hadiah

Buatlah program hadiah atau berikan manfaat kepada pelanggan loyal. Hal ini sebagai apresiasi kepada pelanggan loyal Anda agar semakin setia.

6. Lakukan Survei dan Tingkatkan Kepuasan

Lakukan survei kepada pelanggan untuk mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari produk Anda. Selain sebagai bentuk komunikasi dengan pelanggan, hasil survei juga bisa menjadi bahan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Demikian tadi penjelasan buat detikers terkait pengertian repeat order, manfaat beserta tips agar pelanggan bersedia melakukan pembelian ulang.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT