5 Cara Terbaik Membangun Brand Toko Agar Mudah Dikenal

ADVERTISEMENT

5 Cara Terbaik Membangun Brand Toko Agar Mudah Dikenal

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 11:42 WIB
Ilustrasi brand image.
Ilustrasi brand image. Foto: Miquel Parera/Unsplash
Jakarta -

Branding adalah proses merancang identitas pada perusahaan untuk menunjang keberhasilan penjualan. Hermawan Kartajaya dalam buku Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global menjelaskan brand atau merek dapat diartikan sebagai simbol atau desain yang dibuat untuk mengenalkan produk.

Setiap merek memiliki brand equity (ekuitas merek) yakni aset tak berwujud berdasar value yang diberikannya. Seperti halnya logo yang menjadi identitas utama suatu usaha. Dalam pemasaran suatu produk, dibutuhkan media promosi yang tepat untuk disampaikan kepada target sasaran.

Dilansir dari jurnal Branding Usaha Mikro Kecil dan Menengah Toko Anyaman Hikmah Cijanteun di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Produk oleh Neng Siti dan Hendy Yuliansyah, dijelaskan bahwa logo menjadi salah satu aspek pendukung dalam meningkatkan citra atau branding produk maupun toko.

Untuk membangun branding sebuah toko, berikut ini ada lima cara yang bisa kamu gunakan saat mengenalkan usaha Anda.

Cara Membangun Brand Toko

1. Teliti Audiens Target dan Pesaing

Sebelum Anda mulai membuat keputusan tentang cara membuat merek bisnis, Anda perlu memahami pasar saat ini, yaitu siapa pelanggan potensial dan pesaing Anda saat ini. Bicaralah dengan calon konsumen yang menjadi target pasar Anda dan tanyakan kepada mereka merek apa yang biasa mereka beli.

Saat Anda melakukan penelitian, buat catatan tentang siapa target market Anda, siapa pesaing utama Anda, apa merek yang sudah mapan dan dikenal di pasar, serta apa minat pelanggan saat ini. Sangat penting untuk mengetahui hal ini, karena akan menginformasikan apa yang harus menjadi fokus merek dan bagaimana memposisikan diri menghadapi pesaing.

Selain itu coba evaluasi pesaing. Dengan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan pesaing, Anda dapat mulai merumuskan bagaimana memberikan keuntungan bagi usaha Anda.

2. Pilih Fokus dan Kepribadian

Sangat penting untuk menemukan fokus merek. Ciptakan kepribadian khusus untuk merek yang Anda bangun. Misalnya tonjolkan ciri khas seperti perusahaan ini menawarkan botol air agar tetap terhidrasi, sekaligus mengurangi jejak karbon. Tidak seperti merek botol air lainnya, kami menanam pohon untuk setiap botol yang Anda beli.

Bayangkan tiga hingga lima kata sifat yang menggambarkan jenis merek yang mungkin beresonansi dengan audiens Anda. Pikirkan identitas merek Anda untuk mengidentifikasi kualitas yang ingin ditonjolkan.

3. Pilih Nama Bisnis

Sebuah merek lebih dari sekedar nama. Butuh membangun kepercayaan audiens untuk memberi arti sebuah nama di pasar. Tetapi sebagai pemilik usaha kecil, nama perusahaan mungkin merupakan salah satu komitmen pertama yang harus Anda buat. Buatlah nama toko yang sulit untuk ditiru, mudah diingat, dan saat dipasarkan akan membuat orang penasaran.

4. Tulis Slogan

Slogan yang menarik adalah aset yang bagus. Sebuah kata yang singkat dan deskriptif dapat digunakan sebagai tagline di bio media sosial, situs web, kartu nama, iklan, atau manapun. Slogan yang pendek, menarik, dan memberikan kesan kuat mampu mendongkrak brand awareness. Coba untuk hasilkan satu kalimat yang menggambarkan bisnis Anda.

5. Pilih Tampilan Merek Anda

Setelah memiliki nama, Anda harus memikirkan desain merek Anda. Bagaimana tampilan visualnya, warnanya, fontnya, hingga logonya. Warna tidak hanya menentukan tampilan merek Anda, tetapi juga menyampaikan perasaan yang ingin Anda komunikasikan.

Anda sebaiknya memilih warna yang membedakan Anda dari pesaing agar tak membingungkan konsumen. Font juga penting. Coba untuk pertimbangkan bagaimana teks putih dan hitam akan terbaca di atas palet warna, pertimbangkan bagaimana teks berwarna mungkin terlihat di atas latar belakang putih dan hitam.

Coba utak-atik logo sesuai kreasimu yang sekiranya mampu merepresentasikan brand usahamu dengan sempurna. Buatlah merek atau logo tetap sederhana. Pilih dua font paling banyak agar tak membingungkan. Satu untuk logo nama dan satu untuk slogan.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tahapan-tahapan membangun brand toko agar mudah dikenal. Memperkenalkan sebuah brand ke pasaran memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan strategi yang tepat pasti kamu mampu melakukannya. Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Ngobrol Pintar Brilianpreneur 2022 Episode 1"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT