12 Contoh Media Pemasaran Online untuk Mengembangkan Bisnis

ADVERTISEMENT

12 Contoh Media Pemasaran Online untuk Mengembangkan Bisnis

Adelaide Wreta - detikFinance
Sabtu, 01 Okt 2022 11:55 WIB
Ilustrasi media promosi online.
Ilustrasi promosi online. Foto: Austin Distel/Unsplash
Jakarta -

Promosi merupakan suatu hal yang tak luput dari pengembangan bisnis. Tanpa promosi, suatu bisnis atau merek mungkin tidak akan berkembang besar karena tidak ada penambahan konsumen baru yang berminat dengan produknya. Ingin tahu promosi apa saja yang mampu menarik perhatian audience? Yuk, simak artikel berikut ini!

Mengapa Promosi Itu Penting?

Promosi menjadi suatu hal yang penting dalam pengembangan bisnis karena promosi bertujuan atau dapat memastikan bahwa pelanggan menyadari keberadaan dan positioning suatu produk. Promosi juga digunakan untuk membujuk pelanggan bahwa produk tersebut lebih baik daripada produk pesaing. Selain itu, promosi dapat mengingatkan pelanggan tentang alasan mereka harus, perlu, atau terdorong menjadi ingin membeli suatu produk.

Contoh Media Promosi Online yang Efektif

Berikut adalah 12 contoh media pemasaran online atau promosi untuk pengembangan bisnis yang diambil dari searchenginejournal.com:

1. Alat Cukur Pria

Suatu merek alat cukur pria membuat film pendek yang mengisahkan tentang perjuangan pria dalam melawan maskulinitas tradisional yang diagungkan oleh merek itu sendiri. Kampanye ini terinspirasi dari gerakan #MeToo dan mereka juga berjanji menyumbangkan $1 juta per tahun selama tiga tahun ke depan kepada organisasi nirlaba yang menjalankan program paling menarik dan berdampak yang dirancang untuk membantu pria dari segala usia mencapai yang terbaik. Akhirnya, kampanye ini ditonton lebih dari 30 juta kali dan mencapai 150 juta orang dalam satu bulan hingga menjadikan merek tersebut sebagai branding yang baru dan menunjukkan kemauan untuk berubah di mata masyarakat.

2. Roti Gulung Sosis Vegan

Sebuah merek toko roti memperkenalkan produk baru mereka, yaitu roti gulung sosis vegan dengan iklan video yang memparodikan iklan smartphone ternama. Yang membuat iklan ini menarik bukanlah videonya, melainkan karena seorang tokoh masyarakat kontroversial menyatakan kekesalannya atas keberadaan roti tersebut. Hal ini menimbulkan pertempuran antara mereka yang menyukai roti tersebut dan mereka yang tidak di media sosial Twitter hingga menjadikan sosis gulung vegan sebagai salah satu produk terpopuler di tahun itu. Dari kampanye ini, dapat disimpulkan bahwa menjadi jenaka di media sosial dapat membawa keuntungan.

3. Aplikasi Pemutar Musik

Sebuah aplikasi pemutar musik ternama meluncurkan kampanye di mana penggunanya dapat melihat sorotan musik paling penting di situs web mereka. Halaman tersebut menunjukkan artis, genre, lagu, dan penemuan data menyenangkan lainnya yang paling sering didengarkan penggunanya.

Kampanye ini setidaknya disebutkan dalam 1,2 juta postingan pada bulan peluncurannya dan melibatkan lebih dari 60 juta pengguna. Menurut searchenginejournal.com, aplikasi ini menggabungkan dua pemicu psikologis yang cukup besar, yaitu personalisasi dan FOMO (Fear of Missing Out) sehingga orang berbondong-bondong mengikuti trennya.

4. Kacang Kemasan

Merek kacang kemasan ternama terinspirasi dari kematian karakter di film terkenal Marvel, yaitu Avengers: Endgame sehingga membuat sebuah kampanye yang menunjukkan bahwa maskot mereka mengorbankan nyawanya. Maskot tersebut kemudian kembali lahir sebagai bayi kacang. Kampanye ini menghasilkan 50.000 retweet di Twitter karena humornya yang menarik kalangan masyarakat.

5. Kedai Minuman

Sebuah kedai minuman ternama bermitra dengan Mermaids, organisasi yang mendukung transgender dan keberagaman gender dengan hashtag #WhatsYourName. Dari kampanye ini, merek tersebut menjual kukis berbentuk ekor putri duyung untuk mengumpulkan dana bagi Mermaids. Kampanye ini meraih lebih dari 605.000 penonton dan dianggap menarik karena mereka menunjukkan nilai keberagaman dan pengaruh emosionalnya kepada pelanggan.

6. Organisasi Pelindung Hewan

Suatu organisasi perlindungan hewan membuat sistem donasi dengan 17 emoji hewan yang mengalami kepunahan. Setiap pemakaian satu emoji bernilai 0,10 Euro. Kampanye ini meraih lebih dari 36.000 retweet dengan 11.000 suka dan dianggap sukses karena sistem donasinya yang seru dan tidak terasa seperti pemaksaan.

7. Channel Masak

Sebuah channel masak seringkali menampilkan resepnya dalam waktu kurang dari dua menit saja. Namun, video tersebut mampu meraih 500 juta pengguna di Facebook. Konten ini dianggap sukses dan menarik karena video-video tersebut dioptimalkan untuk fitur putar otomatis Facebook yang mulai memutar video tanpa suara. Pengguna tidak perlu suara untuk melihat panduan 45 detik pembuatan masakan.

8. Hari Kanker Sedunia

Badan amal Worldwide Breast Cancer meluncurkan promosi inovatif yang bertagar #KnowYourLemons. Kampanye ini dirancang untuk mempromosikan kesadaran akan berbagai tanda kanker payudara dan mengingatkan perempuan bahwa benjolan bukanlah satu-satunya gejala.

Dengan menggunakan lemon untuk menggambarkan 12 tanda yang berbeda, gambar tersebut secara cerdik menyiasati aturan penyensoran berbasis puting susu dan bertujuan untuk membantu perempuan mengatasi ketakutan tentang memeriksa payudara mereka.

9. Fashion Brand

Terdapat promosi berbentuk sinetron palsu yang disebut "Keeping Up With The Bakers" yang bagaikan komedi bagi penontonnya. Tentunya, jenis promosi seperti ini akan menarik perhatian penonton lebih jauh karena secara umum masyarakat menyukai hiburan.

10. Beauty Brand

Suatu merek kecantikan mempromosikan mereknya dengan lima YouTuber kecantikan yang menginspirasi di Inggris. Alih-alih hanya menugaskan konten bersponsor, promosi satu ini menunjukkan hubungan antara merek dengan influencernya secara lebih dalam untuk menunjukkan bahwa suatu brand memiliki ikatan yang erat dengan audience dan influencer-nya.

11. Ajang Penghargaan

Ajang penghargaan asal Inggris menggunakan berbagai platform media sosial secara penuh untuk menyiarkan ajang penghargaan tersebut secara global. mulai dari YouTube, Facebook, Instagram, hingga Snapchat. Hasilnya, jumlah penonton meraih jutaan orang dari berbagai platform.

12. Maskara

Suatu merek ternama mempromosikan maskara terbarunya dengan cara menanyakan 3 pertanyaan untuk pengguna terkait gaya kecantikannya. Kemudian, jawaban-jawaban ini digunakan untuk membuat personalized boards di Pinterest yang disesuaikan masing-masing pengguna. Promosi ini diminati banyak orang karena menunjukkan inovasi baru.

Itulah berbagai contoh promosi yang diterapkan oleh banyak perusahaan. Promosi yang mereka buat cenderung berbeda-beda dan disesuaikan dengan mereknya masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa strategi atau penentuan promosi dalam suatu usaha berperan besar untuk meningkatkan keuntungan atau menambah minat audience.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT