Pengertian dan Ciri-ciri Perindustrian di Indonesia

ADVERTISEMENT

Pengertian dan Ciri-ciri Perindustrian di Indonesia

Adelaide Wreta - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 04:30 WIB
Ilustrasi Workshop Las Industri
Foto: dok. Kemnaker
Jakarta -

Perindustrian merupakan suatu hal yang tak luput atau terlepaskan dari dunia yang modern ini. Bahkan, perindustrian pada zaman sekarang sudah berkembang sangat pesat dengan teknologi-teknologi majunya sehingga menghasilkan produk atau layanan yang semakin maju, memudahkan kehidupan manusia, dan berkualitas baik.

Di Indonesia, perindustrian banyak ditemukan di kota-kota besar yang menjadi pusat industri, misalnya Jakarta. Tanpa perindustrian, manusia dapat mengalami berbagai hambatan atau kesulitan dalam menjalani hidupnya di tengah masa modern ini. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui perindustrian dan ciri-cirinya!

Pengertian Perindustrian

Mengutip Tim Tunas Karya Guru dalam buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V, perindustrian adalah kegiatan mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dengan menggunakan sarana dan peralatan tertentu. Umumnya, bahan mentah industri diperoleh dari sumber daya alam.

Ada dua jenis perindustrian yang dibedakan berdasarkan jenis kegiatan atau hasilnya, yaitu industri barang dan industri jasa. Perindustrian barang berarti industri yang menghasilkan suatu barang atau produk, sedangkan perindustrian jasa adalah industri yang menghasilkan pelayanan.

Usaha perindustrian dapat dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok, baik dari pemerintah maupun swasta. Kegiatan industri tidak hanya bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan manusia dalam kesehariannya, tetapi juga untuk membuka lapangan kerja yang meningkatkan pendapatan masyarakat dan negara.

Kegiatan industri dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan ukurannya, yaitu:

1. Industri Rumah Tangga/Kecil

Industri rumah tangga/kecil merupakan industri yang tenaga kerjanya terdiri dari 5-19 orang saja. Industri satu ini membutuhkan modal yang lebih kecil karena biasanya hanya dilakukan sebagai usaha sampingan. Oleh karena itu, tak heran bila peralatan yang digunakan pun cenderung masih sederhana.

2. Industri Sedang

Industri berikutnya adalah industri sedang, yaitu industri yang jumlah tenaga kerjanya terdiri dari 20-99 orang. Dalam industri sedang, modal yang dibutuhkan biasanya sudah masuk ke golongan besar. Modal tersebut digunakan untuk membiayai peralatan yang lebih modern hingga membayar tenaga ahli dan teknisi yang terampil.

3. Industri Besar

Industri besar merupakan kegiatan industri yang tenaga kerjanya melebihi 100 orang. Modal yang digunakan dalam industri ini tentunya jauh lebih besar dan peralatan yang digunakannya berteknologi modern atau tinggi. Biasanya, industri besar mempekerjakan tenaga ahli dengan keterampilan yang sangat tinggi. Industri besar juga memiliki ciri pembagian tugas yang jelas serta proses produksi yang berjalan sepanjang hari tanpa henti.

Contoh Kegiatan Perindustrian

Ada banyak kegiatan perindustrian yang hadir di dunia. Berbagai kegiatan perindustrian ini hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kesehariannya. Tanpa kehadiran kegiatan industri, manusia mungkin akan sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut adalah contoh kegiatan perindustrian yang ada:

1. Industri Barang

Berbagai industri yang termasuk ke dalam industri barang yaitu:

  • Industri tekstil
  • Industri pengalengan ikan
  • Industri pengolahan makanan
  • Industri pengolahan kopi
  • Industri perabot rumah tangga
  • Industri gerabah
  • Industri tas, sepatu, dan jaket kulit
  • Industri pakaian
  • Industri mainan
  • Industri batu bata

2. Industri Jasa

Berikut adalah berbagai industri yang termasuk ke dalam industri jasa:

  • Industri perhotelan
  • Industri transportasi
  • Industri perbankan

Ciri-ciri Perindustrian Sebagai Berikut

Kegiatan perindustrian meliputi sejumlah ciri atau syarat yang menjadikannya layak disebut sebagai kegiatan perindustrian. Tanpa ciri atau syarat-syarat berikut ini, suatu usaha tidak dapat memenuhi kriteria perindustrian. Cir-ciri perindustrian yaitu:

  1. Tersedianya bahan mentah sebagai bahan dasar dan sumber tenaga
  2. Tersedianya tenaga kerja yang terdidik dan profesional untuk bekerja mengolah sumber-sumber daya alam yang ada
  3. Tersedianya modal dan transportasi yang baik untuk kelangsungan perindustrian
  4. Manajemen yang baik untuk mendukung jalannya pemasaran industri

Perindustrian akan selalu ada di dunia, bahkan Indonesia, karena barang dan layanan atau jasa yang dihasilkannya membantu masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya, tanpa industri pakaian, masyarakat tidak memiliki baju untuk dikenakan saat bepergian. Tanpa industri perbankan, manusia akan kesulitan mengatur keuangan atau perekonomiannya dengan baik.

Untuk memenuhi kriteria perindustrian, suatu usaha harus memiliki bahan dasar, tenaga kerja yang mengolah bahan dasar, modal dan transportasi untuk kelangsungan industri, hingga manajemen yang baik demi kelancaran pemasaran industri.



Simak Video "d'Mentor: Primbon Bisnis Cuan 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT