Contoh Soft Skill, Arti dan Cara Meningkatkan Kemampuan

ADVERTISEMENT

Contoh Soft Skill, Arti dan Cara Meningkatkan Kemampuan

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 04 Okt 2022 04:15 WIB
500 Mahasiswa di Surabaya Berebut Beasiswa Pelatihan Soft Skill
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Jakarta -

Soft skill merupakan salah satu jenis keterampilan yang penting untuk dimiliki setiap orang. Keterampilan atau kemampuan (skill) terbagi menjadi 2, yaitu soft skill dan hard skill.

Apa bedanya hard skill dan soft skill? Hard skill yaitu kemampuan yang merupakan hasil dari proses pembelajaran baik itu melalui pendidikan atau pelatihan, sedangkan soft skill yaitu kemampuan yang bersumber dari sifat dan perilaku dalam kepribadian seseorang.

Kenapa kita harus punya skill? Skill sendiri yaitu seperangkat cara atau teknik yang digunakan seseorang, dalam menyelesaikan atau mengatasi segala urusan pekerjaan. Singkatnya, ketika seorang punya skill maka dia akan lebih mudah dalam melakukan sesuatunya.

Dalam artikel ini, kita akan mendalami tentang apa itu soft skill. Ada banyak contoh soft skill yang penting untuk dimiliki seseorang. Contoh soft skill yaitu kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kepemimpinan dan lain-lain.

Jadi, soft skill itu seperti apa? Simak penjelasan tentang pengertian soft skill, jenis motif lengkap dengan contohnya di bawah ini!

Soft Skill Adalah

Dikutip dari e-book Manajemen Kerja oleh Wahdiyat Moko, dkk, arti dari soft skill adalah kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, memecahkan masalah serta menyesuaikan diri dengan perubahan saat terjadi dalam lingkungan kerja. Tidak hanya di lingkungan kerja, soft skill juga dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Mengutip laman indeed career, soft skill artinya keterampilan interpersonal dan perilaku yang membantu seseorang untuk bekerja dengan baik dengan orang lain dan mengembangkan karier.

Soft skill disebut juga sebagai keterampilan pribadi/interpersonal, keterampilan non-teknis, keterampilan esensial, keterampilan yang bisa ditransfer. Makanya, soft skill itu termasuk kemampuan yang lebih bersifat subjektif.

Soft skill itu sangat penting, karena dengan soft skill dibutuhkan pada semua deskripsi pekerjaan dan juga bisa ditransfer ke seluruh pekerjaan maupun industri manapun. Dalam hal ini, soft skill berperan penting dalam penulisan poin di CV atau resume, saat wawancara sampai ke kinerja pekerjaan.

Jadi, punya banyak soft skill itu akan mempermudah kita dalam mendapatkan suatu pekerjaan. soft skill bisa diasah maupun dilatih agar bisa lebih baik.
d bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain. Soft skill juga memberi jalan seseorang dalam meraih kesuksesan dalam berkomunikasi dengan orang-orang di tempat kerja maupun di masyarakat.

10 Contoh Soft Skill

Dirangkum dari e-book Bussines Communication karya Abigail K.Dewi, dkk, dan laman indeed career yang ditulis Jennifer Herrity, adapun yang termasuk contoh soft skill adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Pertama, contoh soft skill yang perlu dimiliki manusia adalah kemampuan komunikasi. Berkomunikasi menjadi soft skill penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Apabila kita bisa berkomunikasi dengan baik, maka skill tersebut akan sangat membantu kita.

Beberapa manfaat skill komunikasi antara lain:

  • Lebih mudah menyampaikan opini
  • Bisa membangun percakapan dengan baik
  • Mampu bernegosiasi
  • Kelancaran dalam melakukan presentasi dan masih banyak lagi.

2. Integritas

Integritas di tempat kerja merupakan seperangkat nilai serta atribut inti yang memandu kita untuk melakukan tanggung jawab dengan baik. Skill integritas sangat penting, karena membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Jadi, setiap orang bisa berkomunikasi secara terbuka dan bisa berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Menunjukkan integritas di tempat kerja akan membantu kita mendapatkan rasa hormat dan kepercayaan.

3. Kejujuran

Kejujuran juga termasuk soft skill. Dengan kejujuran, kita akan lebih bisa dipercaya dan bisa diandalkan.

Mempraktikkan kejujuran dan transparansi di tempat kerja juga akan mengatasi ketidaksepakatan. Tanpa adanya transparansi, akan sulit bagi tim untuk mengembangkan kepercayaan dan karenanya bekerja sama secara efisien.

4. Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan soft skill yang akan membawa seseorang untuk menjadi pemimpin. Aspek skill ini menitik beratkan pada kemampuan pengambilan keputusan di masa sulit hingga bagaimana menangani sesuatu.

Selain itu, skill ini berperan untuk mengatur orang banyak di situasi tertentu. Manfaat memiliki skill kepemimpinan dalam bekerja artinya kamu dapat melakukan mentoring dan manajemen konflik.

5. Kerja Sama dalam Tim

Skill kerja tim merupakan suatu kualitas dan kemampuan yang memungkinkan seseorang bisa bekerja dengan baik, dengan orang lain selama percakapan, proyek, rapat, atau dalam kolaborasi lainnya.

Pasalnya, salah satu tanggung jawab yang paling besar dalam menempuh sebuah pekerjaan adalah bekerja sama dengan orang lain. Oleh karena itu, skill kerja sama dalam tim ini menjadi skill yang perlu dimiliki manusia.

6. Skill Beradaptasi

Seberapa mudah kamu bisa beradaptasi dengan perubahan? Detikers, karyawan atau orang yang mampu beradaptasi dengan situasi dan cara kerja baru, itu akan sangat dibutuhkan di segala industri lho.

Misal, bekerja di startup yang digerakkan oleh teknologi. Kemampuan beradaptasi sangat penting dalam perubahan proses, alat, atau klien yang bekerja sama denganmu.

7. Kreativitas

Kreativitas merupakan skill yang luas yang menggabungkan banyak keahlian. Seseorang dengan kreativitas akan mudah menemukan cara baru untuk melakukan tugas, meningkatkan proses hingga bahkan mengembangkan cara baru yang menarik. Kreativitas ini bisa digunakan dalam peran apa pun dan di tingkat mana pun.

8. Berpikir Kritis

Apapun bidang pekerjaannya, soft skill berpikir kritis berperan penting dalam solusi suatu masalah. Skill ini akan mengharuskan kamu untuk mampu menganalisis situasi dan mengambil keputusan dengan tepat.

Adapun manfaat dan kelebihan memiliki skill berpikir kritis yaitu:

  • Mampu meningkatkan rasa ingin tahu dan belajar sesuatu
  • Meningkatkan kreativitas
  • Pola pikir logis
  • Memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.

9. Etos Kerja

Etos kerja merupakan kemampuan untuk menindaklanjuti tugas secara tepat waktu dan berkualitas. Etos kerja yang kuat akan membantu kita mengembangkan hubungan positif dengan atasan maupun rekan kerja.

10. Manajemen Waktu

Skill manajemen waktu yaitu mencakup berbagai keterampilan, yang akan membantu kamu dalam mengatur waktu dengan baik. Beberapa skill manajemen waktu yang paling penting, antara lain:

  • Penentuan prioritas
  • Penetapan tujuan
  • Perencanaan
  • Delegasi, dan lain-lain.

Cara Meningkatkan Soft Skill

Berikut merupakan beberapa langkah dan cara untuk meningkatkan soft skill:

  1. Pilih skill yang ingin kamu tingkatkan
  2. Melatih soft skill secara konsisten
  3. Amati dan tiru soft skill positif dari orang lain
  4. Tingkatkan tujuan dan acuan kamu dalam meningkatkan soft skill
  5. Temukan sumber daya untuk membuat kamu belajar.

Itu tadi penjelasan arti dan contoh soft skill yang perlu dimiliki manusia di tempat kerja. Detikers jadi tahu bukan, apa saja yang termasuk dalam soft skill?



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT