ADVERTISEMENT

Apa Itu Jurnal Pembelian? Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Stefani Ditamei - detikFinance
Rabu, 05 Okt 2022 05:35 WIB
Ilustrasi jurnal pembelian.
Foto: Kelly Sikkema/Unsplash
Jakarta -

Jurnal pembelian adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua kegiatan pembelian kredit barang dagangan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pengertian, fungsi, dan jenis-jenis jurnal penelitian.

Apa itu Jurnal Pembelian?

Menurut materi tentang Jurnal Khusus dan Buku Tambahan oleh Politeknik Negeri Samarinda, jurnal pembelian adalah jurnal khusus untuk mencatat seluruh aktivitas pembelian kredit barang dagangan. Pencatatan yang dilakukan dalam jurnal pembelian merupakan debit ke akun persediaan barang dagang dan kredit ke bagian akun utang usaha.

Selain itu, jurnal pembelian juga dimaknai sebagai pencatatan transaksi pembelian barang dagang dan barang lainnya yang dilakukan secara kredit (faktur).

Meski sebenarnya dalam proses pencatatan transaksi di perusahaan kecil, jurnal yang diterapkan adalah jurnal umum. Namun, perusahaan skala besar dengan transaksi keuangan yang intens dan banyak kemudian pada umumnya merancang sistem pencatatan transaksi khusus, yakni jurnal khusus. Itulah sebabnya, jurnal khusus adalah jurnal yang dibuat untuk mencatat kegiatan transaksi yang terjadi terus-menerus dengan tujuan supaya pencatatan berjalan secara efisien.

Jenis transaksi yang kerap terjadi dalam perusahaan turut menentukan jurnal khusus seperti apa yang akan digunakan oleh perusahaan tersebut. Supaya lebih jelas, simak ulasan di bawah ini tentang fungsi dan jenis jurnal pembelian.

Fungsi Jurnal Pembelian

Dilansir Jurnal Academia yang berjudul Jurnal Khusus Perusahaan Dagang, terdapat beberapa fungsi dari adanya jurnal pembelian. Fungsi tersebut di antara lain adalah:

  • Mencatat seluruh aktivitas transaksi secara harian sesuai dengan waktunya, yaitu tahun dan tanggal terjadinya transaksi di setiap periode laporan.
  • Catatan dalam jurnal pembelian biasanya akan diringkas dan diposting dalam buku besar.
  • Fungsi jurnal pembelian selanjutnya adalah untuk menyederhanakan pencatatan dan mempermudah pembukuan yang transaksinya sangat tinggi ke dalam buku besar.
  • Selain fungsi, jurnal pembelian juga terdiri dari beberapa jenis. Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Jurnal Pembelian

Menurut materi dari Universitas Bina Darma tentang Jurnal, jenis jurnal pembelian adalah transaksi yang ditulis sebagai kredit. Kemudian pembelian tunai dicatat dalam jurnal pengeluaran kas. Untuk cara pembukuan tertentu (voucher system), fungsi jurnal pembelian diganti dengan voucher register. Hanya ada satu jenis jurnal pembelian yang formatnya ditulis seperti berikut:

1. Gambar Jenis Jurnal Pembelian

Contoh jurnal pembelian.Foto: Jurnal Khusus dan Buku Tambahan/Armini Ningsih

2. Gambar Jenis Jurnal Pembelian

Contoh jurnal pembelian.Foto: Jurnal Academia

3. Gambar Jenis Jurnal Pembelian

Contoh jurnal pembelian.Foto: E-modul Catat dan Laporkan Transaksi Dagang/Kemdikbud

4. Contoh Jurnal Pembelian

Berikut adalah contoh jurnal pembelian dilansir dari E-modul Catat dan Laporkan Transaksi Dagang oleh Kemdikbud:

Sebagian transaksi toko miliki Tuan Indra di bulan Desember tahun 2018 dijelaskan sebagai berikut:

  • Tanggal 1: membeli 10 peti telur ayam dengan harga Rp 350.000/peti dan dibeli dari Agen Makmur, syaratnya adalah 5/7 n/30.
  • Tanggal 9: Membeli 10 peti telur bebek dengan harga Rp. 500.000/peti dari Agen Jaya, syaratnya adalah 10/5 n/30
  • Tanggal 10: Membeli peti dan timbangan dengan harga Rp. 200.000 dari Toko Akhtar dan akan dibayarkan minggu depan.
  • Tanggal 11: membeli tali rapia, kantong plastik, dan kardus dengan total harga Rp. 400.000 dari Toko Danish, syaratnya adalah EOM.

Berdasarkan aktivitas di atas, maka pencatatan ke dalam jurnal pembelian adalah sebagai berikut:

Contoh jurnal pembelian.Foto: E-modul Catat dan Laporkan Transaksi Dagang/Kemdikbud

Demikian informasi tentang jurnal pembelian beserta dengan pengertian, jenis, fungsi, dan contoh pencatatannya. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam mencatat transaksi usaha dalam skala besar. Selamat mencoba!



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT