Flash Sale Artinya: Keuntungan, Kekurangan, dan Cara Melakukannya

ADVERTISEMENT

Flash Sale Artinya: Keuntungan, Kekurangan, dan Cara Melakukannya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 04:35 WIB
Ilustrasi flash sale.
Foto: rupixen.com/Unsplash
Jakarta -

Detikers pasti sering dengar kata flash sale kan? Tapi, kamu tahu nggak apa yang dimaksud dengan flash sale?

Sederhananya, flash sale artinya dalam bahasa Indonesia adalah penjualan kilat (singkat dan cepat). Flash sale sering disebut juga "daily deal".

Supaya lebih mudah memahami maksud dari flash sale, berikut merupakan karakteristik dari flash sale:

  • Adanya harga yang lebih murah
  • Diskon atau promosi lebih tinggi dari biasanya
  • Pilihan produk yang terbatas
  • Periode pembelian memiliki batas waktu yang singkat.

Jadi, flash sale artinya bentuk promosi berupa diskon yang ditawarkan dalam waktu yang singkat. Secara umum, tujuan flash sale adalah untuk menciptakan dan memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian dengan cepat (impulsif).

Sehingga, bisa dikatakan flash sale bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan produk. Dikutip dari repository.unisma.ac.id oleh Liza Umami Nazuroh, hasil penelitian tahun 2021 yang dilakukan Herlina, dkk, mengungkapkan bahwa adanya pengaruh signifikan dari model promosi flash sale terhadap keputusan dalam melakukan pembeli konsumen lho.

Maka tak heran jika saat ini banyak toko online atau e-commerce, sering melakukan flash sale untuk mendorong penjualan dengan cepat. Bahkan, banyak e-commerce juga yang sering mengadakan flash sale rutin, pada setiap tanggal atau bulan tertentu.

Keuntungan Mengadakan Flash Sale

Dilansir laman indeed career, beberapa manfaat atau keuntungan mengadakan flash sale adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Omzet Penjualan

Pertama, keuntungan mengadakan flash sale yaitu bisa menjadi cara cepat untuk meningkatkan omzet penjualan. Pasalnya, penjualan dengan cara ini sering menciptakan rasa urgensi di benak calon pembeli.

Dengan model promosi flash sale, konsumen akan berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Mengapa? karena muncul rasa takut kehabisan stok barang.

Pembelian impulsif seperti ini, mungkin akan membuat calon pembeli takut kehilangan kesepakatan bagus yang ditawarkan. Maka dari itu, flash sale bertujuan untuk memotivasi pelanggan untuk membeli produk maupun membelanjakan lebih banyak uang daripada biasanya.

2. Meningkatkan Transaksi dari Beragam Konsumen

Hal utama yang menjadi perhatian flash sale bagi banyak orang yaitu karena konsepnya memberikan harga yang rendah dengan waktu terbatas. Selain itu, manfaat flash sale juga bisa mendatangkan pelanggan baru ke toko fisik atau toko online kamu.

Alasan datangnya konsumen baru karena mereka mungkin menyukai produk atau penawaran yang kita tawarkan. Hal tersebut akan membantu meningkatkan loyalitas merek dari pelanggan.

3. Merek dan Toko Online Bisa Semakin Dikenal

Keuntungan dari adanya flash sale juga bisa untuk meningkatkan kesadaran merek produk atau toko online kamu, supaya bisa dikenal banyak orang.

Ada banyak kok berbagai situs hingga media sosial yang didedikasikan untuk berbagi penawaran bagus. Sehingga, hal itu bisa jadi pertimbangan kamu untuk menampilkan flash sale yang kita lakukan.

4. Sarana untuk Menjual Kelebihan Persediaan atau Produk yang Rendah Peminat

Flash sale bermanfaat untuk membantu menghasilkan permintaan baru untuk produk, dalam rangka mengurangi inventaris (daftar keseluruhan barang milik perusahaan). Misalnya, menjual produk lama dan menambahkan produk baru juga akan membantu mengurangi biaya operasi dan persediaan barang.

Flash sale juga berguna untuk menjadi tempat menjual produk atau barang di luar musim yang tidak terjual (seperti yang diharapkan). Oleh sebab itu, flash sake memungkinkan kita untuk bisa tetap menghasilkan uang dari inventaris.

Kekurangan Flash Sale

Selain memiliki banyak keuntungan dan manfaat, sejatinya flash sale juga memiliki kekurangan. Biasanya, kekurangan dilihat ketika pelanggan mengalami kendala saat flash sale sedang berlangsung (khususnya dalam situs e-commerce).

Bagi pelanggan atau calon pembeli, adapun beberapa hal yang bisa disebut kekurangan flash sale yaitu:

  • E-commerce akan sulit diakses, karena banyak orang yang mengakses untuk membeli produk flash sale
  • Mungkin banyak produk yang kondisinya tidak terlalu bagus
  • Transaksi mengalami gangguan
  • Keterangan check out produk yang tiba-tiba hilang, dan lain-lain.

Cara Tepat Melakukan Flash Sale

1. Hanya Pembeli yang Spesifik

Cara tepat melakukan flash sale yaitu fokus pada target pasar tertentu (spesifik). Contoh, department store bisa menjalankan flash sale yang menargetkan para ibu-ibu.

Nah, dalam hal ini produk atau barang yang dijual untuk flash sale bisa berupa aksesoris bayi, popok, makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Kalau targetnya remaja mungkin produk flash sale yang dijual bisa seperti make up, pakaian, dan masih banyak lagi.

2. Menyiapkan Sejumlah Stok

Dalam melakukan flash sale, penting untuk mempersiapkan jumlah atau stok produk penjualan dengan benar. Hal ini termasuk pada persediaan yang cukup.

Di mana stok penjualan bisa memenuhi tenggat waktu dan mendukung potensi peningkatan pembelian online dari flash sale. Dengan demikian, hal ini bisa membantu memastikan pelanggan memiliki pengalaman positif saat berbelanja.

3. Detail Transaksi hingga Pengiriman

Mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan perusahaan logistik untuk melakukan pengiriman dan aplikasi yang bisa memanajemen inventaris, merupakan poin penting dalam melakukan flash sale. Tujuannya untuk memantau tingkat stok selama penjualan, transaksi hingga sampai proses pengiriman.

Perimbangan untuk menawarkan pengiriman gratis juga bisa menjadi cara ampuh untuk menarik konsumen lho. Pasalnya, banyak konsumen yang melihat pengiriman gratis sebagai insentif untuk berbelanja online.

4. Sorot Besar Diskonnya

Ketika melakukan flash sale, pastikan diskon bisa menonjol dari situs atau tokomu. Kamu bisa menentukan berapa banyak uang yang bisa dihemat konsumen, jika membeli barang flash sale kamu. Caranya dengan membandingkan harga flash sale dengan harga reguler atau harga pesaing kamu.

5. Pantau Penjualan dan Sediakan Layanan Pelanggan

Agar flash sale bisa berjalan dengan baik, kita perlu memantau penjualan. Misalnya, dengan selalu mengetahui sampai mana kemajuan penjualan kamu. Hasil pantauan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu kamu merencanakan flash sale di masa mendatang.

Selain itu, menyediakan layanan pelanggan juga termasuk penting. Hal itu bisa membantu pelanggan membentuk kesan positif, tentang perusahaan sehingga bisa mendorong mereka melakukan pembelian ulang.

Poin Penting Program Flash Sale

Beberapa hal dan poin penting yang harus diperhatikan dalam program flash sale yaitu:

  • Buat penjualan flash sale mudah bagi pelanggan
  • Buat penjualan flash sale tetap spesial
  • Mempersiapkan penjualan secara matang
  • Jaga dan usahakan flash sale dalam waktu singkat
  • Tepat waktu
  • Buat persyaratan layanan menyeluruh untuk program flash sale
  • Promosikan penjualan flash sale
  • Jika dilakukan melalui situs atau e-commerce, lindungi agar terhindar dari bot
  • Pantau penjualan.

Jadi, maksudnya flash sale adalah bentuk promosi produk yang dijual dengan batas waktu tertentu. Detikers jadi tahu kan, apa tujuan flash sale dan apa saja keuntungannya?



Simak Video "Sandiaga Uno Sebut KTT G20 Sumbang Rp 7,4 Triliun untuk PDB"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT