Publisitas Adalah: Manfaat, Jenis, dan Perbedaan dengan Marketing

ADVERTISEMENT

Publisitas Adalah: Manfaat, Jenis, dan Perbedaan dengan Marketing

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Jumat, 07 Okt 2022 14:23 WIB
Ilustrasi publisitas.
Foto: Brands&People/Unsplash
Jakarta -

Salah satu tujuan dari perusahaan adalah untuk terlihat kredibel dan produknya bisa dikenal oleh masyarakat. Publisitas adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Publisitas adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan karena bisa mempengaruhi pertumbuhan sebuah perusahaan. Jika perusahaan mampu melakukan ini dengan baik, maka brand awareness dari produk yang ditawarkan pun bisa meningkat di kalangan masyarakat.

Lantas, apa itu publisitas? Kamu akan mendapatkan penjelasan lengkapnya pada artikel ini, simak sampai habis, ya!

Publisitas Adalah

Publisitas adalah suatu aktivitas untuk meningkatkan kesadaran dari seseorang, produk, atau layanan supaya mendapat perhatian dari banyak orang. Untuk bisnis, publisitas adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan karena membuat produk yang ditawarkan jadi bisa diingat oleh publik.

Dilansir dari Indeed, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan publisitas lebih sedikit dibandingkan dengan biaya untuk strategi pemasaran. Meskipun mengeluarkan biaya yang lebih sedikit, tetapi publisitas juga bisa memberikan dampak yang positif bagi perusahaan.

Berbeda dengan strategi pemasaran, efektivitas publisitas dilakukan dengan menjangkau audiens yang lebih luas dan tidak ada target audiens yang khusus. Hal ini tentu akan bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awareness jika bisa melakukannya dengan benar.

Manfaat Publisitas

Walaupun publisitas tidak menghabiskan banyak biaya dalam pelaksanaannya, tetapi ternyata hal ini mampu memberikan manfaat untuk perusahaan. Berikut ini adalah manfaat publisitas yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat dari publisitas yang pertama adalah bisa meningkatkan brand awareness di kalangan publik. Publisitas yang dilakukan melalui berbagai media akan membuat bisnis lebih cepat dikenal, apalagi jika dikemas dengan konten yang menarik.

Brand tentu akan menjadi perhatian masyarakat jika perusahaan mampu melakukannya dengan benar. Brand awareness yang meningkat pastinya juga akan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah kenaikan angka penjualan.

2. Membangun Kredibilitas

Membangun kredibilitas juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan perusahaan. Dengan kredibilitas yang baik, tentu akan berdampak kemudahan dalam penarikan pelanggan.

Perusahaan perlu melakukan publisitas mengenai produknya agar dikenali oleh publik. Produk yang sering terlihat oleh publik tentu akan makin diingat dan makin terlihat kredibel.

Menurut Wahyuni Pudjiastuti dalam buku Publisitas Bagi Perusahaan, publisitas dianggap lebih kredibel dibandingkan iklan karena diperoleh dari kemasan berita atau artikel yang dibuat oleh media. Hal ini bisa terjadi karena salah satu jenis publisitas adalah dengan melakukan press release yang memanfaatkan media.

3. Mempromosikan Brand Value

Dalam bisnis apa pun, kesuksesan dapat diraih ketika publik memiliki kepercayaan terhadap bisnis tersebut. Dengan bantuan publisitas, perusahaan dapat menyampaikan berbagai pesan positif kepada publik dengan ide-ide yang menarik. Makin sering perusahaan melakukan publisitas terhadap produknya, maka brand value pun akan makin kuat, dan mendapat kepercayaan lebih dari publik.

Jenis-jenis Publisitas

Setelah kamu memahami pengertian dan manfaatnya, sekarang kamu bisa masuk ke pembahasan mengenai berbagai jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis publisitas yang harus kamu pahami.

1. Media Sosial

Dengan perkembangan media sosial yang sangat pesat, maka kamu bisa menggunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan publisitas. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, hingga YouTube untuk mengenalkan produk dari bisnis yang kamu jalankan.

Kamu bisa memposting produk melalui media sosial supaya dikenal oleh masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan konten yang menarik dan edukatif untuk meningkatkan kepercayaan dari publik.

2. Press Release

Jenis selanjutnya dari publisitas adalah dengan cara melakukan press release atau siaran pers. Perusahaan bisa melakukan press release yang berupa peluncuran produk atau suatu event yang dilakukan.

Perusahaan bisa membuat press release yang berisikan informasi-informasi yang penting. Kemudian, hasil press release tersebut didistribusikan ke berbagai media.

3. Product Placement

Product placement juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat. Product placement bisa dilakukan dengan mengirim produk kepada influencer, blogger, atau media untuk melakukan review terhadap produk tersebut.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap suatu produk. Pasalnya, publik akan lebih mudah percaya terhadap suatu produk jika telah dilakukan review produk oleh seseorang.

4. Partnership

Melakukan partnership dengan berkolaborasi dengan brand lain juga bisa mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan produk untuk dikenal oleh audiens yang lebih luas. Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menciptakan produk hasil kolaborasi.

Perbedaan Publisitas dan Marketing

Meski kedua hal ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan brand awareness. Namun, ternyata publisitas dan marketing adalah dua hal yang berbeda, berikut adalah poin-poin yang membedakan kedua hal ini.

Publisitas:

  • Umumnya tidak memerlukan biaya yang tinggi, bahkan bisa saja gratis.
  • Bersifat informatif.
  • Lebih fokus terhadap peningkatan kesadaran publik terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Diarahkan untuk menjangkau audiens secara umum dan luas.

Marketing:

  • Mengeluarkan biaya untuk melakukan berbagai cara promosi seperti iklan atau brosur.
  • Bersifat promosi
  • Selain meningkatkan brand awareness, marketing juga bertujuan untuk mempengaruhi publik untuk melakukan pembelian terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Diarahkan untuk menjangkau audiens tertentu yang disesuaikan oleh target pasar yang sebelumnya sudah ditentukan oleh perusahaan melalui serangkaian riset pemasaran.

Demikianlah pembahasan mengenai publisitas,mulai dari pengertian, manfaat, jenis, dan perbedaannya dengan marketing. Publisitas adalah salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap suatu produk atau layanan.



Simak Video "KuTips: Jaga Keamanan Rekening Biar Nggak Dibobol Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT