Peluang Bisnis Food and Beverage, Tugas, dan Tips Memulainya

ADVERTISEMENT

Peluang Bisnis Food and Beverage, Tugas, dan Tips Memulainya

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 07:40 WIB
Ilustrasi food and beverage.
Foto: Spencer Davis/Unsplash
Jakarta -

Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang menjanjikan. Siapa yang tak suka wisata kuliner? Bisnis ini pasti dicari banyak orang. Simak berikut ini penjelasan mengenai bisnis food and beverage untuk dicoba.

Mengenal Bisnis Food and Beverage

Disitat dari buku Manajemen Food & Beverage Service Hotel oleh Soekresno, food and beverage adalah sebuah bidang yang bertanggung jawab terhadap penyediaan makanan dan minuman untuk para pelanggan. Food and beverage mengusahakan segala hal maksimal dalam bidang makanan dan minuman seperti koreksi rasa, memikirkan konsep dan warna, aroma makanan, harga, dan lainnya.

Definisi Food & Beverage Service dalam jurnal Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Waiter dan Waitress di Tamingsari Turi Beach Resort Batam oleh Irnawati Suryani Bakara, merupakan sebuah bidang yang bertugas dalam layanan makanan dan minuman.

Pelayanan ini dapat dilakukan restoran, bar, kamar tamu, dan di luar hotel (catering). Bidang ini merupakan bidang penting yang dapat mendatangkan keuntungan dari service yang diberikan yaitu berupa penjualan makanan dan minuman. Baik pelanggan restoran maupun penyaji makanan di hotel.

Tips Memulai Bisnis Food and Beverage

Bisnis F&B memang tidaklah mudah, namun terdapat beberapa tips yang bisa jadi solusi untuk memulai bisnis makanan dan minuman.

1. Target Pasar

Pikirkan target pasar agar Anda tahu pasar seperti apa agar produk laku. Target pasar menjadi acuan untuk merancang strategi pasar. Dengan pasar yang telah Anda tentukan berdasarkan produk yang akan Anda jual, tidak akan sulit bagi Anda untuk menjual produk kuliner Anda. Seperti segmentasi kaum milenial atau jenis kelamin.

2. Inovasi

Inovasi diperlukan agar usaha tidak mati. Jika produk hanya itu-itu melulu, konsumen akan merasa bosan. Inovasi meliputi rasa, penampilan, konsep, dan cara penyajiannya. Inovasi harus disesuaikan dengan target pasar.

3. Pemasok

Bahan dasar yang cocok dan mencari vendor yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Kualitas bahan dasar harus teruji agar mampu menyajikan produk makanan atau minuman yang terbaik bagi konsumen.

4. Pengetahuan dan Keahlian

Seorang pengusaha F&B juga harus memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang kuliner. Sebab dalam periode tertentu diperlukan ide dan inovasi baru. Sehingga membuat menu makanan dan minuman yang Anda sajikan berbeda dari yang lain. Sentuhan khas pada produk Anda yang membuatnya berbeda dapat menjadi nilai jual.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebuah bisnis kuliner bisa bertahan lama, sebab pelayanannya. Jika sebuah restoran mampu memberikan kesan positif di mata konsumen, maka pasti pembelian berulang akan terjadi. Tentunya cita rasa dan kebersihan makanan juga jadi penilaian utama. Menjaga standar rasa makanan dan pelayanan harus diatur dengan standar operasional yang ketat.

Bidang Pelayanan Food and Beverage

1. Restoran

Irmawati Suryani Bakara juga menjelaskan bahwa restoran adalah suatu usaha komersial yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman dan dikelola secara profesional. Bisnis ini identik dengan jajaran-jajaran meja yang tersusun rapi dan pelanggan yang berkumpul untuk membeli menu tertentu.

2. Bar

Bar adalah tempat di mana tamu dapat memesan dan menikmati minuman baik alkohol maupun non-alkohol. Public bar menjadi tempat untuk menikmati minuman yang dipesannya di tempat itu juga, sedangkan service bar dirancang hanya untuk keperluan pemesanan dari room service.

3. Banquet

Banquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam acara-acara besar yang diselenggarakan di hotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya diselenggarakan di ballroom atau garden.

4. Room Service

Room Service merupakan penyajian pemesanan makanan dan minuman ke kamar tamu. Biasanya room service ada di penginapan atau hotel.

Posisi dan tugas Food and Beverage

1. Food and Beverage Bagian Depan (Front Service)

Bagian yang langsung berhubungan dengan tamu. Biasanya waiters untuk bar, restoran, banquet, dan room service.

2. Food and Beverage Bagian Belakang (Back Service)

Bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu. Biasanya mereka bekerja di bagian kitchen sebagai pramusaji atau chef.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan mengenai bisnis food and beverages. Sekarang kamu sudah memahaminya kan? Apakah kamu tertarik bisnis makanan dan minuman?



Simak Video "Google Pangkas 6% Karyawan Secara Global"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT