Laporan Penjualan: Manfaat, Komponen dan Cara Membuatnya

ADVERTISEMENT

Laporan Penjualan: Manfaat, Komponen dan Cara Membuatnya

Stefani Ditameo - detikFinance
Sabtu, 08 Okt 2022 05:15 WIB
Ilustrasi Pembelian Motor, Penjualan Motor, Dealer/diler Motor
Penjualan kendaraan bermotor. Foto: Dok. AHM
Jakarta -

Secara singkat, laporan penjualan adalah jumlah barang atau jasa yang sampai pada konsumen dari produsen. Apa manfaatnya ketika membuat laporan penjualan? Berikut penjelasan lengkapnya beserta dengan cara membuat laporan penjualan.

Apa itu Laporan Penjualan?

Dilansir dari buku Langkah Cepat Menguasai MYOB oleh Duwi Priyatno, laporan penjualan adalah laporan tentang keuangan yang memberi informasi transaksi penjualan dari sebuah bisnis atau perusahaan ke pelanggan.

Mengelola laporan penjualan bulanan tidaklah mudah. Menurut Leadsquared, penggerak bisnis menyadari bahwa laporan penjualan yang rutin dibuat membantu mereka untuk memahami tantangan berikutnya.

Baik itu perbaikan maupun pertimbangan untuk membuat keputusan di langkah selanjutnya. Itulah sebabnya, merancang laporan penjualan sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat Laporan Penjualan

Mengapa laporan penjualan penting untuk kelangsungan sebuah bisnis? Berikut adalah ulasan mengenai manfaat laporan penjualan dilansir dari Leadsquared.

Data Penjualan yang Akurat

Dengan adanya laporan harian penjualan, Anda memiliki kesempatan untuk mengetahui feedback dari adanya penjualan, kualitas, prospek, dan lain-lain. Laporan penjualan juga membantu tim pemasaran untuk mengurangi atau menaikkan anggaran serta memungkinkan data penjualan yang akurat dan lengkap.

Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Data yang didapatkan dari laporan penjualan digunakan sebagai dasar atau pertimbangan untuk mengambil keputusan. Selain itu, laporan penjualan yang akurat dan jelas memberikan gambaran tentang segala sesuatu yang terjadi di kantor maupun di lapangan.

Hal ini mempermudah Anda untuk menilai kinerja bisnis terhadap pelanggan, termasuk keunggulan dan kekurangan yang sedang dialami perusahaan. Sehingga Anda dapat lebih fokus untuk meningkatkan penjualan.

Memantau dan Memberikan Motivasi kepada Tim Penjualan

Laporan penjualan biasanya memuat hasil penjualan oleh tim sales secara detail. Artinya, siapapun dapat melihat dan mengetahui masing-masing kinerja mereka.

Ada yang bekerja dengan sangat keras demi menghasilkan penjualan yang optimal, ada juga tim anggota lainnya yang tertinggal jauh. Dengan adanya data laporan penjualan, diharapkan dapat memotivasi dan memantau kinerja tim penjualan.

Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Waktu dan sumber daya adalah komponen penting bagi pertumbuhan sebuah bisnis. Apabila kedua hal itu tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan mengakibatkan manajemen bisnis yang buruk.

Dengan adanya laporan penjualan, Anda dapat mengetahui prospek mana yang sebaiknya dikejar dan bagian mana yang dapat ditangani dengan waktu sebentar. Selain itu, Anda juga memahami perilaku dan karakter dari pelanggan. Hal ini mempermudah Anda untuk mencari target audiens yang tepat.

Menerapkan Ide-ide Baru demi Kinerja yang Baik

Ada baiknya untuk menerima dan menerapkan ide-ide baru demi kinerja serta pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengambil keputusan terkait data penjualan yang sudah masuk. Cari tahu lebih banyak lagi tentang cara meningkatkan penjualan di kesempatan selanjutnya.

Selain penjelasan di atas, berikut beberapa hal yang perlu diketahui saat menyampaikan laporan penjualan:

  • Waktu rata-rata untuk menyelesaikan target penjualan
  • Laporan penjualan harian
  • Jumlah pertemuan harian yang dilakukan
  • Konversi harian (konversi rate)
  • Angka atau jumlah negosiasi penjualan
  • Jumlah panggilan yang dilakukan saat menawarkan produk
  • Konversi landing page / landing page conversion rate
  • Jumlah pertanyaan yang sering disampaikan oleh pelanggan.

Cara Membuat Data Penjualan yang Simpel

Format tabel laporan penjualan pada umumnya meliputi hal-hal berikut:

  • Nama toko
  • Periode (tanggal, bulan, dan tahun)
  • Tanggal
  • Nomor order
  • Pembeli
  • Sub total
  • Total penjualan
  • Pembayaran
  • Saldo

Berikut adalah contoh laporan penjualan dilansir dari laman Jurnal Entrepreneur:

Laporan Penjualan

Periode 31 Desember 2019

Laporan penjualanLaporan penjualan Foto: Stefani Ditamei/detikcom.

Demikian informasi tentang manfaat, komponen, dan cara membuat laporan penjualan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan perusahaan, terutama dalam hal laporan penjualan.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT