12 Motivasi Bisnis yang Wajib Dimiliki Oleh Pengusaha

ADVERTISEMENT

12 Motivasi Bisnis yang Wajib Dimiliki Oleh Pengusaha

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Minggu, 09 Okt 2022 05:36 WIB
Portrait business Asian woman smile and use tablet checking information on parcel shipping box before send to customer. Entrepreneur small business working at home. SME business online marketing.
Ilustrasi motivasi bisnis. Foto: Getty Images/iStockphoto/Akacin Phonsawat
Jakarta -

Menjalani bisnis tentu akan banyak menemui kendala dalam perjalanannya. Setiap kendala menjadi pembelajaran pengusaha untuk menuju kesuksesan. Bagi pengusaha baru, mungkin akan menghadapi kesulitan. Simak motivasi bisnis dan kiat-kiat di bawah ini agar bisnismu tak berhenti di tengah jalan.

Motivasi Bisnis dan Kiat Agar Sukses

Dirangkum dari Kewirausahaan: Konsep, Motivasi, dan Etika karya Qaiyim Asy'ari dan beberapa sumber, ada 12 kiat sukses untuk berbisnis.

1. Mulailah dengan yang Anda Sukai

Ilustrasi bisnis minuman kekinian.Ilustrasi bisnis minuman kekinian. Foto: Nathan Dumlao/Unsplash

Selain mencari keuntungan, berwirausaha juga memberikan kepuasan pribadi sehingga orang rela berinvestasi untuk bisnis. Akan sulit jika pengusaha menjalani bisnis tanpa merasakan kepuasan pribadi. Maka mulailah dengan sesuatu yang Anda sukai. Keberhasilan pertama Anda mungkin akan membawa keberhasilan untuk pengembangan bisnis Anda selanjutnya.

2. Ingat Tujuan Awal

Ilustrasi motivasi bisnis.Ilustrasi motivasi bisnis. Foto: Freepik

Bagi pengusaha yang benar-benar memulai usaha dari nol, mungkin pernah mengalami down bahkan putus asa untuk meneruskan bisnis. Ketika hal itu menyerang, ingatlah tujuan awal Anda saat membangun bisnis, apa visi misi Anda, apa motivasi Anda berwirausaha. Ketika mengingat hal tersebut, mungkin Anda akan kembali bersemangat untuk membangun bisnis.

3. Serius

Motivasi bisnis.Motivasi bisnis. Foto: yanalya/freepik.

Sebagai pengusaha, Anda menjadi bos bagi perusahaanmu. Meski demikian, Anda harus serius dalam menjalani bisnis agar mencapai kesuksesan. Berbeda dengan menjadi karyawan, pengusaha membutuhkan keseriusan dan motivasi tinggi untuk terus berkembang. Keseriusan ini mulai dari membuat perencanaan-perencanaan, serius untuk belajar mengelola keuangan, belajar promosi.

4. Buat Perencanaan

Ilustrasi motivasi bisnis.Ilustrasi motivasi bisnis. Foto: Freepik

Biasakan diri melakukan perencanaan, baik perencanaan harian, bulanan, hingga tahunan. Dengan perencanaan, Anda bisa memetakan masalah dan mengantisipasinya. Selain itu, operasional bisnis akan lebih tertata. Perencanaan juga menjadi tolok ukur kesuksesan bisnis. Anda juga akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi.

5. Kelola Uang dengan Bijak

hand showing rupiah money from wallet isolated on white backgroundhand showing rupiah money from wallet isolated on white background Foto: Getty Images/iStockphoto/Dicky Algofari

Bisnis tak hanya sekadar masalah modal. Pengelolaan uang yang baik merupakan hal yang juga penting. Semua pengusaha harus mampu mengelola keuangan agar arus kas terus berjalan dengan baik.

Terkadang pengusaha memang bisa merekrut manajer untuk mengurus keuangan. Namun akan lebih baik pemilik usaha juga memahami bagaimana pengelolaan yang baik.

6. Kreatif

Ilustrasi motivasi bisnis.Ilustrasi motivasi bisnis. Foto: Freepik

Pengusaha harus memiliki kreativitas, terutama dalam hal pemasaran. Sebab berwirausaha adalah seni untuk menjual produk Anda kepada orang lain. Anda harus kreatif agar orang lain tertarik dengan produkmu. Maka tak ada salahnya pengusaha juga merangkap sebagai seorang pemasar.

7. Utamakan Konsumen

Ilustrasi menentukan target konsumen.Ilustrasi menentukan target konsumen. Foto: jcomp/Freepik

Ada benarnya istilah pelanggan adalah raja. Pelanggan adalah faktor utama kesuksesan bisnis. Maka yang perlu pengusaha lakukan dalam bisnis harus berfokus pada konsumen, bak terkait kebijakan, jaminan produk, cara pembayaran, dan lain sebagainya. Berilah konsumen kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

8. Kenali Konsumenmu

Ilustrasi makna pembeli adalah raja.Ilustrasi makna pembeli adalah raja. Foto: Christiann Koepke/Unsplash

Sebagai pengusaha, Anda harus mengenali segmen pasar Anda. Pengusaha harus mengetahui latar belakang konsumen, baik dari segi usia, jenis kelamin, tempat tinggal dan budaya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Buatlah hubungan personal dengan konsumen. Bukalah banyak pintu agar konsumen mudah menghubungimu. Jangan lupa untuk selalu menyapa konsumen, baik secara langsung atau hanya melalui surat.

9. Buat Jejaring

Young man and woman startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room.Young man and woman startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room. Foto: Thinkstock

Berbisnis tak melulu memikirkan perusahaan Anda. Kembangkan jaringan bisnismu dengan pengusaha lain. Anda bisa berkumpul atau bergabung dengan pengusaha lain dalam sebuah komunitas atau suatu pertemuan.

Dengan luasnya jejaring, maka Anda bisa mulai berkolaborasi dengan pengusaha lain untuk bersama-sama mengembangkan bisnis. Keuntungan lainnya, Anda bisa berbagi ilmu

10. Berikan Kenyamanan ke Karyawan

Ilustrasi motivasi bisnis.Ilustrasi motivasi bisnis. Foto: Freepik

Meski harus berfokus pada konsumen, jangan lupakan kenyamanan karyawan Anda. Selain memberi upah yang layak, Anda juga harus menciptakan suasana kerja yang nyaman, mulao dari mendekorasi kantor, menggunakan alat kerja yang baik, hingga memberikan bonus untuk kinerja karyawan yang positif.

11. Berpikiran Terbuka

Portrait business Asian woman smile and use tablet checking information on parcel shipping box before send to customer. Entrepreneur small business working at home. SME business online marketing.Ilustrasi berpikiran terbuka, salah satu motivasi bisnis. Foto: Getty Images/iStockphoto/Akacin Phonsawat

Agar usaha Anda terus berkembang, maka perlu mengikuti perkembangan zaman, bahkan memprediksi perkembangan zaman. Hal ini hanya dapat dicapai dengan pola pikir terbuka. Dengan pikiran terbuka, setiap perubahan kondisi bisa diolah menjadi peluang tiada henti.

Termasuk pula pikiran terbuka ketika ada kritikan dari pelanggan atau ide gagasan baru. Dengan pikiran terbuka, hal tersebut dapat menjadikan usaha Anda lebih berkembang.

12. Doa dan Dukungan Keluarga

keluargaIlustrasi doa dan dukungan keluarga. Foto: Getty Images/Rifka Hayati

Meski bukan hal yang teknis, doa merupakan hal yang penting bagi banyak orang. Doa disertai usaha yang tekun menjadi kekuatan tersendiri untuk bisa terus berusaha.

Selain itu, dukungan dari keluarga juga merupakan bagian penting kesuksesan seseorang. Dengan adanya dukungan, maka Anda akan nyaman dalam menjalani kegiatan usaha.

Demikian tadi 12 motivasi dan kiat-kiat agar usaha Anda terus berjalan. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Google Pangkas 6% Karyawan Secara Global"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT