Keren! Wanita Ini Bikin Bisnis Pakaian Anak Sampai Tembus Pasar Eropa

ADVERTISEMENT

Saatnya Jadi Bos

Keren! Wanita Ini Bikin Bisnis Pakaian Anak Sampai Tembus Pasar Eropa

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 17:07 WIB
Founder Bohopanna Devy Natalia dan Co Funder dan COO Bohopanna Irene Kristi
Foto: Founder Bohopanna Devy Natalia dan Co Funder dan COO Bohopanna Irene Kristi (Dok. Bohopanna)
Jakarta -

Seperti tak ada matinya, bisnis pakaian untuk anak sebenarnya terus berkembang pesat. Bahkan ada merek lokal yang berhasil tembus ke pasar Eropa.

Adalah Bohopanna yang kini merek pakaian anak sangat tenar di seluruh Indonesia. Menariknya merek ini juga sudah dikenal beberapa negara lain seperti Eropa sampai negara di Asia.

Merek ini didirikan oleh Devy Natalia yang saat ini menjadi Founder dan Irene Kristi sebagai Co Funder dan COO Bohopanna.

Awalnya Bohopanna ini didirikan saat Devy memiliki anak pertama, sekitar 5 tahun yang lalu. Saat itu dia merasa pakaian anak di Indonesia tidak ada yang sesuai dengan seleranya. Selain itu harga yang ada juga sangat mahal.

Kemudian Devy membeli pakaian dari luar negeri untuk anaknya. Nah dari sinilah dia terpikir untuk membuat merek fesyen sendiri bersama sahabatnya, Irene.

"Harga pakaian anak di toko-toko itu mahal banget. Jadi saya kepikiran untuk bikin aja sama Irene. Respon Irene waktu itu bagus juga, yuk bikin brand sendiri," kata dia kepada detikcom, di Tri Brata Dharmawangsa, Kamis (13/10/2022).

Irene Kristi menyebutkan, merek fesyen Bohopanna ini bisa bersaing dengan merek-merek pakaian lain dengan kualitas yang sama baiknya. "Harga kita jauh lebih murah daripada pakaian yang ada di toko-toko. Kita bisa hanya 20% saja dengan kualitas bahan yang premium," ujar dia.

Dia menjelaskan untuk harga paling murah mulai dari Rp 10 ribuan sampai ratusan ribu. Tergantung dari jenis produk seperti pita atau pakaian.

Modal awal yang digunakan Irene dan Devy sekitar Rp 15 juta. Modal ini digunakan untuk proses pengembangan produk sampai pemasaran. Di awal mereka mengeluarkan produk kimono dan mendapatkan respon pasar yang sangat bagus.

Bohopanna diharapkan bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terus menjadi sahabat anak-anak Indonesia. "Saya senang ketika mendengar pelanggan bilang ini keren dan suka dengan pakaian Bohopanna. Itu membuat saya semangat," ujar dia.

Kini pakaian-pakaian Bohopanna sudah dikirim ke Eropa, Inggris, Singapura sampai Malaysia. Selain itu Bohopanna juga memiliki toko offline di Jakarta dan Bali.

(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT