Pengertian Affiliator Adalah: Simak Jenis dan Persyaratannya

ADVERTISEMENT

Pengertian Affiliator Adalah: Simak Jenis dan Persyaratannya

Adelaide Wreta - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 15:43 WIB
Ilustrasi media promosi online.
Foto: Austin Distel/Unsplash
Jakarta -

Zaman yang serba modern menimbulkan berbagai istilah pekerjaan baru yang mengikuti perkembangan zaman, salah satunya affiliator. Affiliator seringkali digunakan untuk meramaikan penjualan suatu produk. Berikut ini akan dijelaskan pengertian, jenis, dan persyaratannya!

Apa Itu Affiliator?

Affiliator adalah istilah untuk orang-orang yang mempromosikan suatu produk kepada orang lain. Affiliator berasal dari kata "afiliasi" yang berarti pertalian sebagai anggota atau cabang dalam Kamus besar bahasa Indonesia. Secara umum, afiliasi dapat dikatakan sebagai strategi marketing yang dilakukan secara bersama untuk mencapai keuntungan dari target konsumennya.

Pada dasarnya, affiliator menjadi bagian utama dari strategi affiliate marketing. Dikutip dari Raden Intan Repository-UIN Raden Intan, affiliate marketing adalah proses ketika suatu produk atau layanan yang dikembangkan dalam satu kesatuan seperti bisnis e-commerce, orang per orang, atau kombinasi yang dijual oleh penjual aktif lainnya dengan pembagian keuntungan.

Jenis-Jenis Affiliator

Strategi marketing affiliate memiliki banyak variasi dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap jenisnya. Suatu produk harus memiliki affiliator yang tepat untuk memaksimalkan penjualannya. Dikutip dari affiliatemanagement.com, ada 10 jenis mitra afiliasi yang dapat dipilih, yaitu:

1. Situs Kupon

Situs kupon adalah salah satu jenis afiliasi yang populer saat ini. Pada jenis affiliator ini, pengguna akan ditawarkan kode kupon atau diskon dan affiliator akan mendapatkan komisi atas penjualan apa pun yang dihasilkan dari seseorang yang mengklik salah satu tautan mereka ke situs penjualan.

2. Situs Berita & Media

Jenis affiliator selanjutnya adalah situs berita dan media. Banyak perusahaan media besar memonetisasi konten dan memberikan iklan dalam artikel menggunakan tautan afiliasi.

3. Situs Konten

Jika sebuah situs web sebanding dengan majalah, Anda akan mengetahui bahwa situs konten tersebut merupakan situs yang berat. Situs-situs ini menawarkan artikel dan konten secara teratur, menghasilkan uang melalui spanduk dan tautan afiliasi, hingga konten yang bersponsor. Situs yang semata-mata dibuat oleh pengguna, seperti forum diskusi, bisa masuk ke dalam kategori ini karena seluruh isinya hanyalah konten yang dibuat pengguna.

4. Situs Ulasan

Situs ulasan berarti situs yang berisi ulasan terkait produk tertentu. Situs seperti ini menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun bisnis dan mulai menghasilkan keuntungan. Namun, Anda perlu memiliki URL yang kaya akan kata kunci, konten yang bersih dan rapi tanpa banyak popup atau widget, dan ulasan yang dipertimbangkan dengan cermat yang diarahkan pada kebutuhan pembaca.

5. Situs Loyalitas atau Cashback

Jenis affiliator selanjutnya adalah situs loyalitas atau cashback, yaitu situs yang memberikan kembali uang kepada anggota berdasarkan pembelian yang telah mereka lakukan melalui tautan afiliasi situs. Pada dasarnya, situs cashback akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan, tetapi sekarang mereka memberikan persentase komisi mereka langsung kembali kepada pengguna yang melakukan pembelian aktual. Hal ini dapat berarti keuntungan yang lebih rendah untuk penerbit dengan setiap penjualan, tetapi mereka dapat menebusnya dengan sangat mendorong anggota untuk melakukan pembelian melalui berbagai promosi dan insentif.

6. Blogger

Blogger sebenarnya adalah bagian dari jenis konten, tetapi banyak blog mulai berspesialisasi dalam ceruk tertentu. Ada yang digunakan hobi pribadi hingga ulasan produk konsumen hingga tips dan trik tentang topik kehidupan sehari-hari, seperti cara menghemat uang atau mengasuh anak. Tergantung pada bloggernya, mereka mungkin menggunakan spanduk afiliasi atau menyertakan tautan afiliasi yang dibumbui di seluruh posting blog mereka. Pilihlah blogger yang membicarakan masalah yang relevan dengan produk Anda agar mencapai target audiens yang tepat.

7. Perbandingan Belanja

Situs yang menawarkan perbandingan belanja sangat bergantung pada umpan data yang penuh dengan produk yang terkait tautan afiliasi. Sejumlah situs memungkinkan pengguna mencari jutaan produk dan mengembalikannya hasil yang sesuai. Ketika pengguna mengklik suatu produk untuk membelinya di situs tersebut, pengguna telah menggunakan tautan afiliasi dan membantu situs perbandingan belanja mendapatkan komisi.

8. Email

Meskipun pesan teks menjadi sangat populer, sejumlah orang masih menggunakan email untuk berkomunikasi dan banyak afiliasi menggunakannya untuk menghasilkan uang. Penerbit besar telah membangun daftar email sebagai cara untuk mengurangi ketergantungan pada lalu lintas Google dan penalti dari pembaruan algoritma. Kampanye email yang menargetkan demografi pelanggan tertentu adalah hal yang umum serta peluang bagi email multi-merchant untuk menampilkan penawaran atau promosi khusus.

Namun, bekerja dengan afiliasi email bisa berisiko, terutama jika mereka tidak sesuai dengan CAN-SPAM. Afiliasi penipu terkadang akan mengkategorikan diri mereka sebagai afiliasi "email" di jaringan karena aktivitas promosinya cenderung tidak terlihat oleh pedagang/pengiklan.

9. Mobile

Situs-situs tertentu membangun tautan afiliasi ke aplikasi mereka. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kupon atau situs perbandingan belanja yang memiliki aplikasi, tetapi juga berlaku untuk aplikasi mandiri itu sendiri.

10. Afiliasi Pencarian

Afiliasi pencarian berarti pengusaha yang memanfaatkan mesin pencari, Facebook, dan situs iklan berbayar lainnya.

Keuntungan Menjadi Affiliator

Menjadi affiliator dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik sang affiliator maupun sistem afiliasi yang digunakannya. Berikut adalah berbagai keuntungan menjadi affiliator.

  • Perusahaan akan memberikan komisi kepada affiliator bila produk atau jasa yang dipasarkannya berhasil terjual setelah melalui pemasaran dan pemberian informasi melalui platform media sosial.
  • Proses yang lebih ringkas karena tidak perlu membuat produk terlebih dahulu untuk. Cukup memasarkan produk orang lain kepada para calon konsumen.
  • Tidak memerlukan modal, cukup memanfaatkan media sosial, pengikut, dan konten yang dipublikasikan.
  • Dapat dilakukan secepatnya sehingga menjadi pilihan para pengusaha online sebagai wujud strategi marketing afiliasi.
  • Menekan biaya modal karena tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih. Contohnya, pembuatan situs penawaran produk pun dapat dilakukan secara gratis.
  • Risiko kerugian yang diminimalisasi karena pengeluaran yang kecil.
  • Terbukti meningkatkan volume penjualan, terutama jika komunikasi affiliator dan variasi marketing affiliation lain dilakukan bersamaan.

Syarat dan Tips Menjadi Affiliator yang Sukses

Untuk menjadi affiliator yang sukses, Anda akan memerlukan sejumlah syarat dan tips yang mendorong hal tersebut. Berikut ini berbagai syarat dan tips yang dapat dilakukan untuk menjadi affiliator yang sukses.

  • Buatlah konten yang solid atau kualitas konten yang menjanjikan agar lebih mudah menarik perhatian audience. Kenalilah audiens dan buatlah konten yang sesuai dengan target audiensnya.
  • Gunakan analytics pengunjung untuk mempelajari pengunjung lebih dalam sehingga konten yang dibuat dapat disesuaikan dengan audiensnya.
  • Kenalilah produk yang dipasarkan untuk mengetahui keunggulan atau hal yang membuatnya berbeda dari perusahaan lain.
  • Libatkan pengunjung dalam interaksi sehari-hari untuk menumbuhkan hubungan timbal balik antara pengunjung dan pendengar.
  • Berkonsentrasi pada satu niche. Janganlah terlalu banyak mengubah produk yang dipasarkan agar menumbuhkan hasil yang pasti.
  • Berikan informasi dan bantuan kepada pengguna, bukan sekadar menjual produk. Berikanlah edukasi bagi pembaca agar mereka dapat menemukan ilmu baru.
  • Selalu menguji dan meningkatkan cara pemasaran afiliasinya untuk meningkatkan keuntungan.
  • Dedikasikan waktu yang besar untuk menjadi sukses. Pada dasarnya, affiliate marketing membutuhkan upaya yang panjang untuk memperoleh keuangan secara utuh melalui affiliate saja.
  • Tetapkan harapan yang realistis dan bisa diusahakan agar affiliate marketing meraih keuntungan yang cukup menjanjikan.

Itulah penjelasan mengenai affiliator sebagai bagian dari strategi pemasaran afiliasi, yaitu orang yang mempromosikan suatu produk kepada orang lain. Jenis affiliator dibedakan menjadi 10 jenisnya, mulai dari situs kupon, berita dan media, cashback, email, blogger, dan masih banyak lagi, hingga email.



Simak Video "Klarifikasi Terkait Kabar Kepulauan Widi Akan Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT