Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan

ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Senin, 17 Okt 2022 20:17 WIB
Ilustrasi kartu ATM tertelan.
Foto: Fernando Gutierrez-Juarez via Getty Images
Jakarta -

Saat memanfaatkan fasilitas mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mungkin kita pernah mengalami masalah kartu debit atau kartu ATM yang tertelan di dalam mesin. Tentu situasi ini membuat kita jengkel. Lalu apakah bisa kartu ATM dikeluarkan dari mesin ketika tertelan?

Nah di sini kita akan mengulas mengenai hal tersebut, mulai dari apa yang menyebabkan kartu ATM tertelan, cara mengatasi hingga tips mengatasi masalah ATM tertelan.

Apa yang Menyebabkan ATM Tertelan?

Dilansir di laman digital library Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dijelaskan bahwa penyebab kartu ATM tertelan ada dua faktor, yaitu internal dan eksternal

1. Faktor Internal

Yang dimaksud faktor internal ialah penyebab yang terjadi karena masalah di internal bank.
• Terjadi masalah di mesin ATM sehingga kartu tidak dapat keluar pada saat atau setelah melakukan suatu transaksi.
• Penjelasan dari pihak bank yang kurang lengkap sehingga nasabah kesulitan menggunakan mesin ATM dengan benar.

2. Faktor Eksternal

Sedangkan faktor eksternal ialah permasalahan yang terjadi karena tindakan dari nasabah sendiri, misalnya:

• Nasabah tidak mengerti cara menggunakan fasilitas ATM.
• Nasabah yang meninggalkan kartu ATM di mesin ATM setelah bertransaksi membuat kartu otomatis tertelan.
• Nasabah lupa PIN kemudian kartu terblokir, namun nasabah tetap terus memaksakan menggunakan kartu ATM ke dalam mesin ATM.

Cara Mengatasi Kartu ATM yang Tertelan dengan Mudah

Dilansir oleh laman beberapa bank BUMN, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ATM tertelan.

1. Segera Blokir

Ketika mengalami kendala kartu ATM tertelan di mesin ATM, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memblokirnya. Memblokir kartu bisa dilakukan melalui telepon, mendatangi kantor pada jam kerja, dan beberapa bank sudah memfasilitasi melalui aplikasi mobile.

a. Lapor via Telepon

Hubungi nomor call center yang disediakan oleh masing-masing bank. Biasanya nomor telepon ini tertera di mesin ATM atau di ruangan ATM. Bank biasanya memiliki nomor telepon yang mudah dihafalkan.

Misalnya Bank Mega 1500010, Bank BRI 14017, Bank BCA 1500888, Bank Mandiri 14000, Bank BNI 1500046, Bank BTN 1500286. Katakan kepada customer service bahwa kartu ATM Anda tertelan, maka petugas akan memverifikasi data diri sebelum memblokir kartu Anda.

b. Datangi Kantor

Anda juga bisa mendatangi kantor bank terdekat untuk melakukan pemblokiran. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan dan KTP. Sampaikan ke customer service bahwa kartu Anda tertelan di mesin ATM.

Data Anda akan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian kartu Anda akan diblokir untuk sementara. Anda juga bisa langsung mengurus untuk bisa mendapatkan fasilitas kartu ATM lagi.

c. Aplikasi

Beberapa bank sudah memiliki fitur pemblokiran kartu ATM melalui aplikasi mobile. Namun untuk kembali mendapatkan fasilitas kartu ATM, Anda tetap harus mendatangi kantor bank.

2. Urus Kartu

• Setelah memblokir kartu, datanglah ke kantor bank terdekat untuk menanyakan cara agar Anda bisa menggunakan fasilitas kartu ATM kembali.
• Bawalah buku tabungan, KTP, dan surat kehilangan dari kepolisian yang sering kali diminta oleh bank.
• Bank akan memverifikasi identitas Anda, termasuk apa transaksi terakhir dan dilakukan kapan. Anda juga bisa sekaligus mencetak buku tabungan untuk memastikan tidak ada dana yang hilang.
• Jika kartu di mesin ATM sudah diambil petugas dan diserahkan ke kantor bank, mungkin customer service akan menyerahkannya kembali kepada Anda.
• Namun jika tidak, bank akan mengganti kartu ATM Anda dengan yang baru.

3. Berapa Biayanya?

Biaya penggantian kartu ATM biasanya berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing bank. Meski demikian, ada juga bank yang tak mengenakan biaya penggantian kartu ATM.

Tips Agar Kartu ATM Tidak Tertelan

Berdasarkan buku Waspadalah! 45 Modus Kejahatan Paling Populer di Indonesia oleh Farizi, dijelaskan bahwa ATM tertelan menjadi salah satu modus yang dilakukan penjahat untuk menguras isi rekening nasabah. Berikut ini beberapa tips untuk Anda, termasuk cara mengeluarkan sendiri ATM yang tertelan..

1. Pahami Cara Penggunaan ATM

Terutama bagi Anda yang baru mengenal layanan kartu ATM, jangan malu bertanya kepada pihak bank cara menggunakan ATM. Biasanya, di mesin ATM juga terdapat keterangan cara penggunaan mesin ATM.

2. Pastikan Kondisi Mesin ATM

Sebelum menggunakan mesin ATM, pastikan kondisinya bisa dipakai. Mesin ATM yang rusak biasanya terlihat dari layarnya yang tidak bergerak atau tertulis pesan bahwa ATM sedang tidak dapat digunakan.

3. Ingat Nomor PIN

Ingat selalu nomor rahasia PIN Anda. Jika salah memasukkan PIN tiga kali, maka kartu Anda akan diblokir. Selain itu, gantilah PIN Anda secara berkala.

4. Segera Ambil Kartu

Setelah transaksi selesai, kartu ATM akan keluar dari mesin. Segera ambil kartunya. Jika Anda lupa, kartu akan otomatis ditelan dalam beberapa menit kemudian.

5. Catat Nomor Call Center

Catat nomor call center bank Anda. Hal ini dibutuhkan ketika Anda mengalami kondisi seperti ATM tertelan. Hubungi nomor tersebut dan Anda akan dipandu untuk memblokir kartu.

6. Mungkin Hanya Tersangkut

Setelah transaksi, kartu ATM Anda tidak keluar dari mesin? Jika Anda tidak salah memasukkan PIN, bisa saja kartu itu hanya stuck atau tersangkut. Masukkan kartu ATM lainnya ke tempat kartu untuk menyodoknya.

7. Jangan Percaya

Jangan percaya siapa pun yang memberi tahu Anda langkah untuk mengurus kartu ATM yang tertelan. Biasanya pelaku kejahatan berpura-pura menjadi pengantre ATM dan menawarkan bantuan. Kadang mereka juga memberi tahu nomor call center palsu.

8. Jaga PIN

Jagalah kerahasiaan PIN Anda. Jangan beri tahu orang yang ingin membantu Anda di ATM, bahkan kepada pihak bank. Sebab bank tidak pernah menanyakan PIN ATM Anda.

Demikian tadi sejumlah cara mengatasi kartu ATM yang tertelan di mesin ATM dan terjawab pula bagaimana cara mengeluarkan kartu ATM yang tertelan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa detikers harus selalu waspada.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT