20 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

ADVERTISEMENT

20 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 09:12 WIB
Ilustrasi bisnis UMKM kuliner.
Ilustrasi bisnis yang menjanjikan di masa depan. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bisnis tentu dimulai dari menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Pada tahap ini, biasanya orang bingung dan khawatir jika usahanya tidak laku. Di sini kita coba berikan beberapa ide usaha yang masih menjanjikan di masa depan.

Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dari Myinvestmentideas dan NextAdvisor, kami merangkum 20 bisnis yang diprediksi akan berkembang di masa depan.

1. Laundry

Laundry atau jasa cuci pakaian menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di masa datang. Mengingat masyarakat akan semakin sibuk bekerja atau berkegiatan lain sehingga tidak sempat mencuci baju.

2. Bisnis Outsourcing

Bisnis outsourcing ialah bisnis yang tidak memerlukan karyawan tetap. Semakin mandiri masyarakat, maka mereka juga lebih memilih tidak mengikatkan diri pada sebuah perusahaan.

Sisi positif bagi perusahaan yakni hanya perlu membayar apa yang mereka kerjakan. Sedangkan sisi positif bagi pekerja lepas ialah bisa mengambil pekerjaan dari manapun yang dia sukai.

3. Industri IoT (Internet of Things)

Kemajuan teknologi membuat semua hal terkoneksi dengan internet. Diperkirakan bisnis ini akan semakin besar karena semua benda dan kegiatan akan terkoneksi dengan internet. Sekarang hal tersebut sudah terlihat seperti kemunculan ojek online, TV pintar, AC dengan koneksi internet, dan rumah pintar.

4. Co-Working Space

Bisnis selanjutnya ialah menyediakan co-working space, yaitu tempat untuk para pekerja lepas yang tidak memiliki kantor. Mereka biasanya bekerja di tempat yang nyaman dengan fasilitas listrik, toilet, internet dan makan minum.

5. Percetakan 3D

Percetakan 3 dimensi sekarang memang sudah bisa ditemukan di beberapa tempat, namun saat ini memang masih belum banyak diminati. Salah satunya karena harganya masih mahal.

Namun seiring berjalannya waktu, diyakini peminatnya akan semakin banyak. Dengan demikian, peralatannya pun akan semakin murah, sehingga jasa percetakaan 3D juga semakin murah.

6. Toko Ritel

Kebutuhan konsumsi masyarakat tidak akan pernah habis. Dan semakin maju kondisi perekonomian masyarakat, maka tingkat konsumsinya pun semakin besar.

Maka bisnis toko ritel dinilai akan terus bertumbuh di masa yang akan datang. Toko ritel ini tidak harus besar. Toko kelontong rumahan pun bisa disulap menjadi toko ritel modern dengan penataan yang baik.

7. Properti

Bisnis properti dinilai masih akan terus diminati masyarakat. Kebutuhan akan tempat tinggal pun akan terus ada. Namun untuk memulai bisnis ini, Anda harus mencari pengalaman di bidang properti sebanyak-banyaknya.

8. Perawatan Kesehatan

Kesehatan kini mulai menjadi gaya hidup. Semakin maju negara, masyarakatnya pun akan semakin merawat kesehatan dirinya. Diperkirakan bisnis perawatan kesehatan ini akan semakin besar peminatnya.

9. Jasa Konsultasi

Bukalah jasa konsultasi, bisa dalam bidang apa saja. Diperkirakan masyarakat akan membutuhkan orang-orang berpengalaman untuk memberikan saran pada pekerjaan atau bisnis mereka. Misalnya Anda bisa menjadi agen untuk konsultasi pendidikan, konsultasi bisnis, konsultasi karier.

10. Energi Baru Terbarukan

Sumber energi fosil akan habis pada waktunya. Maka mau tidak mau harus ada energi penggantinya yang ramah lingkungan. Bisnis energi baru terbarukan akan semakin besar di masa datang.

Bisnis ini bisa dengan menjual panel surya, pemasangan panel surya di atap rumah, kendaraan listrik, kompor listrik, penyedia listrik untuk mengisi daya kendaraan.

11. Solusi untuk Dompet Elektronik

Penggunaan dompet elektronik akan semakin besar di masa kini dan masa datang. Maka segala sesuatu tentang dompet elektronik bisa menjadi peluang bisnis, seperti aplikasi baru dengan fitur kompetitif, atau mungkin hanya membuat jasa pengisian saldo dompet elektronik di rumah.

12. Gudang e-Commerce

Toko online semakin merebak. Ketika toko-toko online semakin maju, maka akan membutuhkan tempat besar untuk menyimpan stok barang mereka. Jika Anda memiliki rumah atau lahan kosong, bisa disewakan untuk gudang toko online ini.

13. Infrastruktur Internet

Penggunaan internet yang semakin besar membuat provider internet semakin banyak bermunculan. Jika Anda memiliki modal besar, maka Anda bisa datang membangun infrastruktur internet dengan fitur kompetitif untuk dijual kepada masyarakat.

14. Keamanan Siber

Penggunaan internet yang masif juga memunculkan kekhawatiran akan adanya peretasan. Untuk mencegahnya, diperlukan sistem keamanan yang baik. Bisnis keamanan siber ini diprediksi akan semakin banyak diminati.

15. Pinjaman P2P

Bisnis peer to peer lending atau pinjaman P2P saat ini sudah bermunculan, meski belum banyak diminati. Namun diyakini, bisnis ini akan semakin maju dalam beberapa tahun ke depan.

Pinjaman P2P mempertemukan secara virtual antara orang yang membutuhkan uang untuk pengerjaan proyek dan orang yang memiliki dana. Pemilik uang bisa memilih sendiri proyek yang akan didanai.

16. Videografer Drone

Bisnis video masih selalu diminati dan terus berkembang. Saat ini videografer tak hanya dituntut untuk bisa mengoperasikan kamera, namun juga drone. Penggunaan drone pun bisa untuk pembuatan berbagai video, mulai dari syuting film, bahkan acara pernikahan.

17. Pertanian Organik

Keterbatasan lahan dan semakin banyaknya permintaan buah dan sayur, mendorong masyarakat untuk mengadakan pertanian organik yang tidak membutuhkan lahan besar seperti sawah. Masyarakat di perkotaan pun dapat memanfaatkan sedikit halaman mereka untuk dipakai pertanian organik.

18. Kursus Online

Jika Anda memiliki kemampuan dalam suatu hal, bukalah kursus. Ke depan, akan banyak muncul kursus yang dibuka secara online.

19. Pembuatan Label

Semakin banyaknya pengusaha baru membuat mereka butuh branding yang baik agar bisa berkompetisi dengan baik. Salah satunya dengan membuat label untuk produk mereka. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendirikan jasa pembuatan label.

20. Bisnis Mesin Penjual Otomatis

Seperti yang telah banyak diprediksi, pekerja manusia akan digantikan dengan mesin-mesin otomatis. Dengan modal yang cukup besar, Anda bisa berinvestasi untuk membuat mesin penjual otomatis.

Tips Usaha Sukses dengan Modal Kecil

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, beikut ini tips agar bisnis Anda sukses.

  1. Pilih usaha yang akan dijalankan. Untuk menentukan, banyak-banyaklah browsing di internet, membaca koran, berkumpul dengan komunitas bisnis.
  2. Bidik pasar yang tepat untuk menyesuaikan strategi bisnismu. Misal Anda sudah menentukan pasar anak sekolah, maka harganya harus murah.
  3. Lihat tren produk di pasar, amati, modifikasi dan kembangkan menjadi sesuatu yang lebih bernilai.
  4. Sesuaikan dengan modal.
  5. Berani memulai bisnis. Jaga mental, terus lakukan dengan perencanaan.
  6. Evaluasi produk.
  7. Ikuti seminar atau pameran bisnis.
  8. Aktif bergabung komunitas bisnis.

Usaha Apa yang Bagus untuk Jangka Panjang?

Dilansir dari NextAdvisor, ada sejumlah usaha yang bagus untuk dijalankan dalam jangka panjang.

1. Menyewakan Aset

Jika Anda memiliki aset, manfaatkan dengan cara menyewakannya. Ini akan menjadi sumber pendapatan bagi Anda dalam jangka panjang. Kini menyewakan aset juga bisa dilakukan melalui berbagai platform. Misalnya Anda bisa menyewakan rumah, lahan kosong, dan lain-lain.

2. Rental Mobil

Bisnis rental mobil dinilai masih menjanjikan untuk dijalankan dalam jangka panjang. Terutama dengan semakin berkembangnya dunia pariwisata, maka bisnis rental mobil akan semakin dibutuhkan. Manfaatkan berbagai platform online yang bisa digunakan untuk mempromosikan usaha rental mobil Anda.

3. E-Commerce

Kehadiran e-commerce memudahkan konsumen untuk membeli kebutuhan. Sebagai pengusaha, manfaatkan keberadaan e-commerce ini untuk memasarkan produk Anda.

4. Toko Ritel

Bisnis toko eceran atau ritel terus berkembang dari masa ke masa karena kebutuhan masyarakat yang juga tidak pernah habis. Anda bisa memulai mendirikan toko ritel kecil dengan sistem modern, cari pemasok dengan harga murah, terus kembangkan.

Nah itulah tadi berbagai ide usaha yang menjanjikan dan diprediksi akan diminati dalam jangka waktu panjang. Detikers sudah putuskan bikin usaha apa?



Simak Video "Soal Lelang Kepulauan Widi, Pengelola Sebut Hanya Cari Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT