Interview Adalah: Pengertian dan 20 Contoh Pertanyaannya

ADVERTISEMENT

Interview Adalah: Pengertian dan 20 Contoh Pertanyaannya

Rully Desthian Pahlephi - detikFinance
Kamis, 20 Okt 2022 14:36 WIB
Interview Kerja
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Interview adalah salah satu tahapan dalam seleksi penerimaan pegawai baru pada suatu perusahaan. Hal ini menjadi kesempatan bagi kandidat untuk menunjukkan bahwa dia merupakan orang yang tepat untuk mengisi suatu posisi dalam perusahaan tersebut.

Bagi sebagian orang, sesi interview adalah sesi yang menegangkan karena harus berhadapan secara langsung dengan HRD atau user. Namun, ketegangan itu bisa kamu atasi dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui apa itu interview dan menemukan beberapa contoh pertanyaan. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Interview Adalah

Interview adalah salah satu proses rekrutmen di mana pelamar akan berinteraksi secara langsung dengan seseorang dari pihak perusahaan, baik itu HRD maupun user. Dilansir buku Sukses Wawancara Kerja yang ditulis oleh Stefhani Ridha Rahmawati, kamu perlu berlatih agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Salah satu cara berlatihnya adalah dengan memahami pertanyaan interview kerja yang sering diajukan. Hal ini akan membantu kamu dalam menghadapi sesi interview yang menegangkan.

20 Contoh Pertanyaan Interview

Berikut ini adalah contoh pertanyaan interview yang sering ditanyakan:

1. Coba Ceritakan Dirimu!

Dalam menjawab pertanyaan interview ini, kamu bisa mengawalinya dengan menjelaskan nama, usia, kota tempat tinggal, dan juga latar belakang pendidikanmu. Setelah itu, kamu juga bisa jelaskan tentang pengalaman kerja, magang, volunteer, lomba, dan pengalaman relevan lainnya.

Pertanyaan interview ini adalah saat yang tepat untuk menjelaskan siapa dirimu dan mengapa kamu pantas untuk mengisi suatu posisi yang kamu inginkan. Jangan lupa juga untuk memberikan kesan kalau kamu merasa antusias untuk bergabung dengan perusahaan.

2. Tahu Informasi Lowongan Kerja Ini dari Mana?

Jika kamu mengetahuinya dari seorang teman, sebutlah nama temanmu itu. Jika mengetahuinya dari iklan, artikel, job fair, atau hal lainnya, ceritakanlah dengan jujur sesuai situasi yang kamu alami.

3. Mengapa Tertarik Bekerja untuk Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini akan mengukur seberapa besar passion kamu untuk bekerja di suatu perusahaan dan di posisi yang kamu lamar. Maka dari itu,, lakukanlah riset tentang perusahaan serta posisi yang akan dilamar dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin mengisi posisi tersebut.

4. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini merupakan kesempatanmu untuk menunjukkan bahwa kamu mengenal perusahaan dengan baik. Melalui pertanyaan ini, pihak perusahaan akan mengukur keseriusanmu untuk bergabung dengan perusahaan.

Kamu bisa mencari tahu profil perusahaan di internet/media sosialnya. Selain itu, pelajari juga tentang visi-misi, nilai, serta kultur yang dipegang oleh perusahaan.

5. Apa Rencanamu dalam 3-5 Tahun ke Depan?

Kamu tidak boleh menjawab pertanyaan ini dengan "Saya tidak tahu". Sebab, perusahaan pasti mengharapkan jawaban yang pasti dan jelas. Jawaban dari pertanyaan ini bisa menggambarkan apakah seorang kandidat memiliki tujuan untuk kariernya atau tidak.

6. Apa Kelebihan yang Kamu Miliki?

Dalam menjawab pertanyaan interview ini, pilihlah beberapa kelebihan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Berikanlah gambaran tentang bagaimana kamu mengaplikasikan kelebihan itu dalam bekerja.

Ini adalah kesempatanmu untuk menunjukkan keunggulan yang kamu miliki, tetapi tetap jangan berlebihan, apalagi kalau sampai berbohong. Interviewer pasti sudah mempelajari gerak-gerik kandidat yang berkata tidak jujur.

7. Apa Kelemahan yang Kamu Miliki?

Jangan jawab pertanyaan ini dengan kata-kata "Saya tidak punya kelemahan" atau "Saya tidak tahu". Tentu saja interviewer tidak akan mempercayai jawaban seperti itu, bahkan interviewer akan menganggap kandidat adalah orang yang arogan.

Untuk menjawabnya, pikirkanlah kelemahan yang kamu miliki. Selain itu, siapkan juga jawaban tentang bagaimana cara kamu mengatasi kelemahan tersebut.

8. Apa Prestasi Besar yang Pernah Kamu Raih?

Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikanlah salah satu pencapaian terbaik yang pernah kamu raih, baik di pekerjaan sebelumnya atau semasa kuliah. Tips untuk menjawab pertanyaan semacam ini adalah dengan memberikan angka atau statistik agar jawabanmu terdengar lebih konkret.

9. Kenapa Kami Harus Merekrut Kamu?

Pertanyaan interview ini memang sedikit tricky, tetapi ini adalah kesempatan bagi kamu untuk menjelaskan kemampuan yang kamu miliki. Buatlah jawaban yang menunjukkan kalau kamu memenuhi kriteria yang sesuai dan bisa memberikan dampak positif bagi perusahaan.

10. Coba Ceritakan Tentang Masa Ketika Kamu Berada di Situasi yang Sulit!

Ceritakanlah tentang kesulitan yang pernah kamu hadapi ketika bekerja di tempat sebelumnya atau semasa kuliah. Kamu bisa memulainya dengan menceritakan kejadian yang relevan dan upaya untuk menyelesaikan kesulitan tersebut.

Jelaskan juga keterampilan yang kamu miliki untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan begitu, pewawancara akan mengetahui kemampuanmu, baik hard skill maupun soft skill.

11. Coba Ceritakan Momen Ketika Kamu Membuat Kesalahan!

Pertanyaan interview ini akan menunjukkan apakah seorang kandidat adalah seseorang yang bersedia mengakui kesalahan atau tidak. Ceritakan momen ketika kamu berbuat salah dan jelaskan cara kamu memperbaikinya.

Pertanyaan ini tidak boleh dijawab dengan pernyataan bahwa kamu tidak pernah melakukan kesalahan karena semua orang pasti pernah berbuat salah. Jika hal ini terjadi, interviewer akan menganggap pelamar sebagai orang yang naif jika menjawab tidak pernah melakukan kesalahan.

12. Apakah Kamu Seorang Pemimpin?

Kamu bisa menjawabnya dengan mengatakan "Ya, saya adalah seorang pemimpin". Hal ini penting karena jiwa kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, paling tidak kamu harus bisa menjadi pemimpin dari dirimu sendiri.

Akan jadi lebih baik lagi jika kamu memiliki kemampuan untuk memimpin sebuah kelompok. Jiwa kepemimpinan yang kamu miliki akan sangat membantu untuk meraih posisi yang kamu idamkan.

13. Kalau Harus Bertugas ke Luar Kota, Apakah Kamu Siap?

Pertanyaan ini kemungkinan besar akan muncul jika pekerjaan yang kamu lamar memungkinkan untuk tugas ke luar kota, seperti bidang pembangunan, pertambangan, dan pariwisata. Maka dari itu, sebelum melamar kerja untuk posisi yang memungkinkan tugas ke luar kota, sebaiknya kamu sudah siap dengan hal tersebut.

14. Coba Ceritakan Pengalaman Saat Kamu Tidak Setuju dengan Pendapat Lain!

Ceritakanlah bagaimana kamu mengatasi perbedaan pendapat dalam suatu pekerjaan dengan profesional. Bisa juga dengan menjelaskan tentang sesuatu yang kamu pelajari tentang perbedaan pendapat yang terjadi.

15. Mengapa Kamu Berhenti dari Pekerjaan Sebelumnya?

Kamu perlu menjawab pertanyaan ini dengan profesional dan tanpa menjatuhkan pihak mana pun. Sampaikan alasanmu berhenti dengan jelas atau bisa juga dengan menjelaskan bahwa kamu ingin mengembangkan kemampuanmu di tempat lain, yaitu di perusahaan yang sedang kamu lamar.

16. Seperti Apa Gaya Kerjamu?

Pertanyaan interview ini adalah cara perusahaan untuk mengetahui apakah pelamar cocok untuk bekerja di posisi yang mereka lamar. Perusahaan ingin mengetahui apakah pelamar tipe pekerja yang lebih senang bekerja sendiri atau bekerja dalam tim. Dengan hal tersebut, kamu bisa menceritakan tentang caramu berkomunikasi dengan rekan kerja, membuat laporan, atau cerita lainnya yang berhubungan dengan gaya kerjamu.

17. Berapa Ekspektasi Gaji yang Ingin Didapatkan?

Untuk menjawab pertanyaan interview ini dengan tepat, kamu bisa melakukan riset tentang upah minimum di daerahmu. Selain itu, kamu juga harus mencari tahu berapa upah yang biasanya diberikan sesuai dengan posisi dan jenis industri.

Jangan lupa bandingkan keterampilan yang kamu miliki dengan bayaran yang pas. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan tentang benefit kesehatan, tunjangan, dan hal lainnya.

18. Apakah Kamu Sedang Melamar di Perusahaan lain?

Jika kamu memang sedang melamar di perusahaan lain, maka jawablah pertanyaan ini dengan jujur, begitu juga sebaliknya. Kamu juga bisa menjelaskan bahwa kamu memprioritaskan perusahaan yang sedang melakukan interview.

19. Kapan Bisa Mulai Bekerja?

Kalau kamu sedang berada dalam posisi tidak memiliki pekerjaan, kamu bisa menjawab secepatnya bisa bekerja. Akan tetapi, jika sedang dalam posisi bekerja di tempat sebelumnya dan berniat serius untuk pindah kerja, kamu bisa jawab dengan durasi yang diperlukan untuk pemberitahuan pengunduran diri dan mempersiapkan berbagai dokumen.

20. Apakah Punya Pertanyaan?

Pertanyaan interview ini memberikan kesempatan kepada kandidat untuk lebih mengenal perusahaan. Sebaiknya, kamu ajukan pertanyaan karena hal ini bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Kesimpulannya, interview adalah kesempatan bagi kandidat untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki. Demikianlah pembahasan mengenai interview dan contoh pertanyaannya, semoga bisa membantu.



Simak Video "Klarifikasi Terkait Kabar Kepulauan Widi Akan Dilelang"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT