Contoh Inovasi Produk, Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Contoh Inovasi Produk, Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Anindyadevi Aurellia - detikFinance
Sabtu, 22 Okt 2022 09:30 WIB
Inovasi minyak sawit menjadi bensin atau bensin sawit.
Foto: Kartika Sari/detikSumut
Jakarta -

Inovasi produk menjadi salah satu strategi sebuah merek dalam melakukan upaya pemasaran. Ada banyak manfaat dan cara dalam inovasi produk. Agar lebih jelasnya, simak berikut ini penjelasan mengenai inovasi produk beserta manfaatnya.

Inovasi Produk Adalah

Inovasi produk adalah menciptakan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga memancing minat beli pelanggan terhadap produk tersebut.

Lena Elitan dan Lina Anatan menjelaskan dalam buku Manajemen Inovasi, bahwa inovasi produk harus bisa menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam perubahan lingkungan yang cepat dan menuju pasar global. Keberhasilan inovasi produk membutuhkan kesesuaian antara proses dan lingkungan yang mendukung.

Inovasi produk harus direncanakan dengan matang dan hati-hati, tentunya membutuhkan riset mendalam secara intensif.

Apa Tujuan dan Manfaat Inovasi Produk

1. Meningkatkan Kualitas

Dalam buku Knowledge Management oleh Sedarmayanti dijelaskan salah satu tujuan untuk melakukan inovasi yakni demi meningkatkan kualitas. Sehingga produk memiliki fitur dan keunggulan baru. Produk yang diberi inovasi akan memiliki kemajuan daripada produk sebelumnya, sehingga bisa lebih menjual.

2. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Pelanggan punya banyak permintaan pada sebuah produk. Permintaan pasar ini akan terus menuntut pemilik usaha memperbaiki produknya agar bisa lebih baik.

3. Menciptakan Pasar Baru

Sebuah inovasi diciptakan untuk membuat pasar baru di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan agar menarik minat dengan segmentasi tertentu. Inovasi tak hanya dilakukan dengan mengembangkan produk, tapi bisa juga terkait pengurangan beberapa fitur agar harga terjangkau. Hal ini terjadi pada penjualan smartphone.

4. Mengembangkan Wawasan

Inovasi produk diciptakan dengan wawasan yang luas sesuai perkembangan zaman. Semua produk akan berinovasi menyesuaikan dengan permintaan dan aplikasi ilmu pengetahuan yang telah berkembang.

5. Efisiensi Produk

Inovasi juga dilakukan untuk meningkatkan efisiensi produk, sehingga banyak produk memiliki fitur yang lebih baik dan bisa digunakan oleh pelanggan dengan menghemat waktu.

Contoh Inovasi produk

Ada banyak perusahaan yang telah melakukan inovasi produk yang tak mungkin dijabarkan satu persatu. Salah satunya yakni pada ponsel. Kini kartu SIM sudah memiliki beragam ukuran mulai dari standard, micro, nano, ada pula eSIM yang tak memerlukan fisik kartu.

Kemudian dalam hal layanan pun mengalami inovasi. SIM card kini sudah mampu digunakan tidak hanya untuk SMS dan telepon, tetapi juga untuk sambungan internet agar mampu melakukan pencarian informasi tanpa terbatas waktu dan tempat.

Tak hanya itu, inovasi produk juga bisa dilakukan oleh merek yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Seperti inovasi produk pada burger contohnya, mengikuti tuntutan pasar maka kini junk food pun berusaha menggunakan bahan yang ramah untuk para vegetarian.

Cara Melakukan Inovasi Produk

1. Tentukan Segmen Pelanggan

Tentukan pelanggan dengan mengelompokkan karakteristik mereka seperti gender dan usia. Segmentasi memungkinkan membangun strategi pemasaran dan memberi informasi dengan sebuah inovasi produk.

2. Buat Survey

Buat survey acak pada calon pelanggan maupun pelanggan tetap, demi membantu membuat keputusan yang tepat untuk kedepannya.

3. Pikirkan Strategi

Pikirkan strategi untuk meningkatkan penawaran produk sesuai dengan kepribadian pembeli dan kebutuhan segmentasi target.

4. Prioritaskan Peluang

Prioritaskan peluang untuk mempersempit pilihan yang terlalu banyak, selain itu ini juga berfungsi untuk meneliti dampak dan potensi kegagalan.

5. Minta Feedback

Uji inovasi melalui feedback dari pelanggan saat menggunakan produk baru tersebut. Fokus untuk memberikan wawasan tentang keefektifan dan keterbatasannya.

Nah detikers, itulah tadi penjelasan lengkap seputar inovasi produk. Apakah kamu tertarik mencobanya? Semoga artikel ini bisa membantu, ya!



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT