25 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

ADVERTISEMENT

25 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Stefani Ditamei - detikFinance
Minggu, 23 Okt 2022 07:00 WIB
Tips Atur Uang Rp 50 Ribu Untuk Makan Sebulan Ini Bikin Ngakak
Ilustrasi uang jajan. Foto: Ilust iStock/visual
Jakarta -

Ada banyak cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Cara ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda yang berkeinginan untuk memulai hidup hemat. Simak tips dan caranya di bawah ini!

Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Tips mengatur keuangan cenderung mengarahkan kita untuk bijak saat menghabiskan pengeluaran dan merujuk pada sikap hidup hemat. Konsep berhemat adalah pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan pendapatan atau pemasukan.

Menabung memiliki manfaat yang sangat baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Supaya dapat menabung, ada baiknya untuk menerapkan 25 cara hemat dalam membelanjakan uang jajan dilansir dari laman resmi Disperkimta Kabupaten Buleleng.

Stop Penggunaan Kartu Kredit

Saran untuk berhenti menggunakan kartu kredit bukanlah tanpa alasan. Sebab, kartu kredit memotong biaya administrasi bulanan dan berpotensi menggerakkan seseorang untuk hidup lebih konsumtif. Terlebih saat ini perkembangan zaman memungkinkan seseorang untuk menghabiskan uang dengan sangat mudah, terutama melalui layanan digital.

Memanfaatkan Rekening Tabungan dengan Biaya Administrasi yang Murah

Menabung di bank adalah keputusan yang bijak, mengingat bank memiliki fitur dan keamanan yang lebih baik. Namun, supaya terhindar dari biaya bulanan yang tinggi, Anda dapat memilih rekening tabungan dengan biaya administrasi bulanan yang rendah. Jauh lebih baik lagi jika mendapatkan layanan menabung di rekening tanpa potongan biaya alias gratis.

Belanja Online

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sarana jual-beli online. Biasanya pembelian barang di platform online disertai dengan gratis biaya pengiriman, potongan harga, dan lebih hemat. Meski demikian, belanja online harus senantiasa berhati-hati dan teliti.

Berhenti Menghabiskan Uang untuk Kebiasaan Buruk

Merokok dan minum alkohol adalah kebiasaan buruk yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Daripada menghabiskan uang untuk merokok dan minum alkohol, ada baiknya mengalokasikan uang tersebut untuk membeli makanan dan minuman yang sehat. Kesehatan adalah investasi masa depan yang sangat berguna.

Masak Bekal Sendiri

Memasak bekal adalah salah satu cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Anda dapat membawa bekal sendiri saat ke kantor maupun kuliah, dan membuat makanan yang kualitas dan kebersihannya terjaga.

Membawa Minuman Sendiri

Tahukah Anda bahwa membawa minuman sendiri adalah cara berhemat yang paling mudah untuk dilakukan? Anggap saja setiap kali berkegiatan di luar rumah, membutuhkan air minum 1-3 botol. Per botol harganya Rp. 3.000 - Rp. 5.000, dengan membawa minum sendiri Anda sudah berhemat hingga Rp. 15.000.

Membuat Anggaran dengan Teliti

Setiap kali menerima pemasukan atau pendapatan per bulan, sebaiknya dicatat dengan cara membuat anggaran. Mulailah untuk mencatat pengeluaran penting, seperti membayar sewa kos, makan sehari-hari, transportasi, internet, dan lain-lain.

Manfaatkan Fasilitas Umum

Bepergian dengan fasilitas umum dijamin lebih hemat daripada menggunakan kendaraan pribadi. Terlebih jika Anda di kota besar yang fasilitas umumnya mumpuni, ada kemungkinan Anda dapat menghemat biaya transportasi hingga Rp.100.000 per harinya.

Menyediakan Uang Pas di Dompet

Selanjutnya, cara hemat berbelanja uang jajan adalah menyediakan uang pas di dompet. Jangan menyimpan uang tunai terlalu banyak dan simpan secukupnya untuk membeli keperluan penting.

Mengumpulkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh yang tercecer di meja kamar. Jika dikumpulkan, Anda memiliki kesempatan untuk menukarnya dengan uang kertas untuk ditabung kembali.

Cuci Pakaian Sendiri

Cara membiasakan diri untuk hidup hemat dapat dimulai dengan mencuci pakaian sendiri. Hal ini lebih hemat dibandingkan harus mengeluarkan untuk layanan laundry.

Cari Harga Termurah

DIlansir laman Nerd Wallet, cara hemat dalam membelanjakan uang jajan dapat dilakukan dengan mencari makanan dengan harga termurah. Cara ini bisa dilakukan melalui promo atau membandingkan harga makanan dari satu resto ke resto lainnya. Mencari harga termurah juga berlaku untuk pembelian keperluan bulanan lainnya.

Menyimpan Makanan Supaya Awet

Ada beberapa cara tertentu untuk menyimpan makanan supaya lebih awet. Misalnya, membeli makanan sekaligus untuk sarapan dan makan siang, atau mulailah belajar menyimpan bahan makanan dengan tepat.

Manfaatkan Promo

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan adalah memanfaatkan promo atau potongan harga. Salah satunya adalah memanfaatkan belanja di platform jual-beli online yang rutin memberikan promo atau cashback.

Membuat Catatan Belanja Makanan

Selain anggaran untuk keperluan umum, sebaiknya Anda juga mencatat apa saja yang harus dibeli untuk kebutuhan makan. Misalnya, Anda mencatat bahan makanan yang harus dibeli untuk dimasak tiap minggunya.

Ikuti Media Sosial Brand Kesayangan Anda

Tidak ada salahnya untuk mengikuti media sosial brand kesayangan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru. Siapa tahu dengan rutin mendapatkan informasi, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo atau potongan harga.

Menanam Sayur Sendiri

Cara ini mungkin saja tidak sempat terpikirkan. Namun, tahukah Anda bahwa menanam sayur-mayur seperti cabai, terong, kangkung, daun bawang, dan lain-lain itu mudah dilakukan? Dengan menanam sayur sendiri, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli sayur.

Menyediakan Makanan jenis Frozen Food

Frozen Food adalah makanan yang disimpan dalam freezer atau lemari dingin dan tergolong makanan yang bertahan dalam jangka waktu lama. Selain itu, frozen food tersedia dalam berbagai jenis makanan.

Jangan Membeli Tas Plastik saat Belanja

Sebagian supermarket memberlakukan pemotongan biaya untuk tas plastik. Upayakan membawa tas sendiri saat berbelanja di supermarket. Selain hemat, mengurangi penggunaan plastik juga baik untuk lingkungan

Manfaatkan Aplikasi

Mulailah untuk mengunduh aplikasi toko online untuk belanja dan mendapatkan promo, potongan harga, serta gratis biaya pengiriman.

Manfaatkan Promo Cashback

Cashback adalah potongan harga yang biasanya diberikan setelah selesai melakukan pembelian dan pembayaran. Pihak toko akan memberikan sejumlah uang sesuai ketentuan cashback.

Bekerja Paruh Waktu

Menambah pemasukan dapat mempermudah Anda untuk mengalokasikan dana tabungan. Mulailah untuk mencari pekerjaan paruh waktu di tempat yang membutuhkan tenaga tambahan untuk bekerja.

Biasakan Menyimpan Stok Makanan Bulanan

Kebiasaan membeli dan menyimpan stok makanan bulanan, seperti: mie instan, telur, dan lain-lain.

Mencatat List Belanja

Sebelum berangkat berbelanja, usahakan untuk mencatat apa saja yang hendak dibeli. Hal ini membantu Anda untuk menentukan kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Hindari membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

Makan di Restoran All-you-can-eat

All-you-can-eat adalah konsep restoran dimana Anda membayar satu kali untuk menikmati keseluruhan makanan yang Anda ambil. Restoran ini dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk berhemat saat makan di luar.

Apa Manfaat Gaya Hidup Sehat?

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Buleleng, manfaat gaya hidup sehat di antaranya adalah:

Baik untuk Lingkungan

Apa kaitannya berhemat dengan lingkungan? Hal ini dikarenakan orang yang berhemat pandai memanfaatkan barang di sekitarnya tanpa harus membeli yang baru.

Hidup Lebih Bahagia

Berhemat menghindarkan Anda dari sifat boros dan menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting. Sehingga Anda menjadi lebih bahagia karena uang tidak terbuang sia-sia.

Hidup Cukup di Masa Depan

Berhemat mempermudah Anda menyisihkan uang untuk masa depan. Sehingga masa depan dapat terjamin kesejahteraannya.

Menggunakan Uang untuk Skala Prioritas

Menggunakan uang untuk skala prioritas artinya Anda dapat mengelola uang dengan tepat. Mengeluarkan biaya untuk keperluan yang lebih penting dan menghindari perilaku hidup boros.

Demikian informasi tentang cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk menerapkan hidup hemat. Selamat mencoba!



Simak Video "Ngobrol Pintar Brilianpreneur 2022 Episode 4"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT