15 Kunci Kesuksesan dalam Wirausaha dan Cara Menghadapi Kegagalan

ADVERTISEMENT

15 Kunci Kesuksesan dalam Wirausaha dan Cara Menghadapi Kegagalan

Stefani Ditamei - detikFinance
Senin, 24 Okt 2022 07:00 WIB
Ilustrasi membangun bisnis.
Ilustrasi kesuksesan bisnis, Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pasti ada jalan dan kunci kesuksesan untuk meningkatkan bisnis yang sedang dibangun. Sebab, menjadi pengusaha tidak jarang berhadapan dengan risiko kegagalan dan kesulitan saat berwirausaha. Tidak ada salahnya untuk mencoba 15 kunci kesuksesan dalam berwirausaha dan cara menghadapi kegagalan. Berikut solusi yang bisa Anda terapkan!

Kunci Kesuksesan dalam Dunia Bisnis

Mencapai kesuksesan tidaklah mudah, jalan yang dilalui pasti berliku dan membutuhkan perjuangan yang berat. Itulah sebabnya, seseorang harus memiliki kunci kesuksesan untuk mencapai tujuan hidupnya. Silakan mempelajari apa saja yang menjadi kunci kesuksesan di bawah ini.

1. Keterampilan

Menurut laman resmi CIMB Niaga, keterampilan adalah kunci kesuksesan pertama yang tidak dapat muncul begitu saja. Seseorang harus melewati berbagai hal untuk mengasah keterampilan yang dimilikinya. Macam-macam keterampilan seseorang diantaranya adalah keterampilan komunikasi, evaluasi, manajemen, tampil di depan orang banyak dan mampu bernegosiasi dengan kemampuan yang terus ditingkatkan.

2. Tekad

Kedua, seseorang yang ingin mencapai kesuksesan harus memiliki tekad yang kuat. Tekad adalah keinginan dan kemauan untuk melakukan sesuatu. Salah satunya untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Kunci kesuksesan dijalani dalam waktu yang cukup lama, sehingga dibutuhkan tekad yang maksimal supaya tidak mudah menyerah.

3. Disiplin

Kedisiplinan adalah karakter sikap seseorang yang bekerja menurut sistem dan mematuhi peraturan yang berlaku. Apabila kita terbiasa dengan disiplin, maka kita tidak akan menunda-nunda pekerjaan dan manajemen waktu tertata dengan sangat baik. Perlu diingat bahwa kesuksesan yang kita raih nantinya ditentukan oleh apa yang kita kerjakan hari ini.

4. Berani Mengambil Risiko

Seorang pengusaha yang bergelut di dunia bisnis setidaknya harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko. Mengambil risiko belum dipastikan dapat berhasil atau tidak. Namun, akan jauh lebih baik jika berani mengambil keputusan tanpa terus-menerus berada di zona nyaman.

5. Pengetahuan tentang Kewirausahaan

Kunci kesuksesan dalam membangun wirausaha harus disertai dengan pengetahuan yang cukup tentang bisnis. Artinya, seseorang harus mengetahui apa saja kegiatan bisnis seperti mengenali produk baru, menentukan cara produksi, menyusun operasi dan mengadakan produk baru, beserta dengan pemasaran dan cara mengatur permodalan operasinya.

6. Berani Mengambil Tindakan

Selain berani mengambil risiko, kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah berani mengambil tindakan yang berhubungan dengan nasib bisnis. Dengan berani mengambil langkah terkait produk dan usaha yang dijalankan, ada kemungkinan produk tersebut dikenal luas oleh masyarakat.

7. Kegigihan dan Kesabaran

Kegigihan dan kesabaran adalah sikap yang menunjukkan pantang menyerah. Tetap bersabar menghadapi berbagai permasalahan dan terus mencoba hingga berhasil. Kegigihan dan kesuksesan menjadi dua faktor keberhasilan wirausaha yang dibutuhkan untuk menghadapi klien, konsumen, bahkan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan finansial seperti pengeluaran.

8. Self Starter dan Komitmen

Menjadi pelaku usaha dibutuhkan karakter yang proaktif, dapat memulai dan melakukan sendiri serta penuh semangat dalam menjalankan bisnis. Kemampuan untuk memulai sendiri disebut sebagai self starter dan komitmen adalah niat tegas untuk terus berjuang dan berusaha hingga mencapai kesuksesan.

9. Belajar dari Kegagalan

Apakah menjadi wirausaha perjalanan usahanya selalu mulus dan berhasil? Tentu saja belum tentu. Hal ini dijelaskan dalam laman resmi Binus.sc.id tentang kunci sukses menjadi wirausaha. Sebab, sebagian orang menyadari bahwa menjalankan usaha harus sepaket dengan kesiapan bertemu kegagalan. Namun, kunci kesuksesan untuk terus bertahan dalam dunia wirausaha salah satunya adalah belajar dari kegagalan.

10. Hidup Seimbang

Apa yang kaitannya kesuksesan dengan hidup seimbang? Dalam hal ini hidup seimbang artinya jeli dalam membagi waktu dan aktivitas. Anda tahu kapan harus bekerja, kapan waktu istirahat, kapan waktu untuk berolahraga, dan lain-lain. Jangan sampai kita terlalu sibuk bekerja dan mengejar kesuksesan namun lupa untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri.

11. Berpikiran Positif

Kunci kesuksesan dalam berwirausaha selanjutnya adalah mengetahui cara mengelola emosi diri sendiri untuk selalu berpikir positif. Misalnya, apabila Anda menempatkan diri untuk bersikap sabar, maka sikap tersebut dapat membantu Anda mencapai segala hal yang ingin diwujudkan. Anda tidak memandang sepele pekerjaan dan terhindar dari rasa takut berlebihan.

12. Kompetitif

Kompetitif artinya memiliki kemampuan untuk bersaing secara sehat tanpa harus menjatuhkan pihak kompetitor. Misalnya, apabila kompetitor menjual produk yang serupa dengan milik Anda, sebaiknya teliti dan temukan perbedaannya. Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan produk dengan ciri khas yang unik.

13. Kerja Keras

Mencapai tujuan dan cita-cita membutuhkan perjuangan dan pengorbanan waktu, tenaga, dan lain sebagainya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bekerja dengan keras. Pastikan juga untuk fokus dan menghindari sikap menunda-nunda pekerjaan.m

14. Lingkar Pergaulan yang Luas

Dalam hal ini lingkar pergaulan adalah relasi yang menghubungkan Anda dengan partner kerjasama yang mendukung perkembangan usaha. Bisnis akan sulit jika tidak diimbangi dengan rekasi dan komunitas. Bahkan saat ini terdapat grup dan komunitas wirausaha yang memungkinkan Anda untuk mendapat teman dan partner bisnis untuk belajar wirausaha.

15. Memiliki Sikap Terbuka

Setelah sebelumnya belajar untuk berpikiran positif, sudahkah Anda belajar untuk memiliki sikap terbuka? Terbuka dalam hal ini dimaksudkan sebagai sikap mendengarkan masukan dan kritikan dari orang lain serta berusaha untuk menjadi lebih baik. Hindari menanggapi kritikan sebagai hal yang membuat Anda terpuruk. Justru jadikan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan usaha lebih baik lagi.

Cara Menghadapi Kegagalan dalam Berwirausaha

Seseorang yang fokus berwirausaha selain menerapkan kunci kesuksesan juga harus siap menghadapi kegagalan. Berikut adalah cara menghadapi kegagalan dalam berwirausaha dilansir dari laman Universitas Medan Area.

1. Bersiaplah

Bersediakah Anda untuk menghadapi berbagai jenis kegagalan? Mempersiapkan diri jauh lebih baik dibandingkan harus menaruh ekspektasi segala sesuatunya akan berjalan dengan sempurna.

2. Menemukan Apa yang Dapat Membangun Kembali Energi Anda

Anda membutuhkan energi untuk mengupayakan perkembangan bisnis. Mulailah untuk mencari dan menghabiskan waktu untuk mengembalikan energi Anda. Baik itu berkumpul dengan keluarga, berolahraga, atau berlibur.

3. Hindari Membuat Keputusan Emosional

Artinya, jangan sampai Anda memutuskan sesuatu hal karena terburu-buru dan terbawa emosi. Buatlah pilihan yang rasional dibandingkan menuruti keputusan berdasarkan emosi semata.

4. Jaringan Pendukung yang Kuat

Cari dan temukan relasi seperti teman, keluarga, dan mentor yang mendukung Anda dalam berwirausaha. Mereka adalah jaringan pendukung kuat yang mencegah Anda merasakan perasaan isolasi saat menghadapi kesulitan.

5. Evaluasi Situasi

Apabila mengalami kegagalan, lakukan evaluasi terhadap situasi yang Anda rasakan. Apa yang menyebabkan Anda gagal dan solusi seperti apa yang bisa dilakukan untuk bangkit Kembali.

6. Jangan Menganggap Diri Terlalu Serius

Jangan merasa dunia seolah-olah berakhir hanya karena kita gagal. Jangan terlalu serius dengan diri sendiri dan pandanglah kegagalan sebagai bagian dari hidup.

7. Memisahkan Kegagalan dari Diri Sendiri

Jangan biarkan diri Anda terlalu larut dalam kegagalan. Hal tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk mengatasi permasalahan. Jangan terlalu terikat dengan kegagalan dan pisahkan dari kehidupan pribadi.

8. Jangan Memikirkannya

Sebagai contoh, JK Rowling penulis series Harry Potter harus mengalami penolakan berkali-kali hingga akhirnya sukses. Jangan terlalu memikirkan kegagalan sebagai akhir dari segalanya, pasti ada jalan untuk menuju sukses.

9. Pertanyakan Kepada Diri Sendiri Mengapa Gagal

Cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri mengapa mengalami kegagalan. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi supaya lebih baik kedepannya.

10. Pahami Apa yang Akan Dihadapi

Seorang pengusaha akan menghadapi banyak kesulitan dan kegagalan. Pahami secara tepat seperti apa medan yang akan Anda hadapi kedepannya. Seorang pebisnis harus siap dengan segala keadaan.

Semoga informasi tentang kunci sukses menjadi wirausaha serta cara menghadapi kegagalan dapat bermanfaat. Jangan menyerah dan tetap berusaha untuk menjadi wirausaha yang sukses!



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(des/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT