Top! Kopi UMKM Tasikmalaya Ini Sudah Pernah Mejeng di Rusia

ADVERTISEMENT

Top! Kopi UMKM Tasikmalaya Ini Sudah Pernah Mejeng di Rusia

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 16 Des 2022 15:22 WIB
Kopi Jebreed08
Foto: detikcom/Angga Laraspati
Jakarta -

Indonesia memang menyimpan banyak sekali biji kopi pilihan yang punya citarasa beragam. Salah satunya adalah kopi yang dihasilkan oleh Kopi Jebreed08 yang dinakhodai oleh Ajat Sudrajat, seorang pria asal Tasikmalaya.

Memiliki upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar, Kopi Jebreed08 kemudian bermitra dengan para petani di Tasikmalaya. Kopi Jebreed08 menawarkan semua varian kopi yaitu arabika, robusta, liberika, dan excelsa, yang telah berhasil dipamerkan pada berbagai pameran di dalam maupun luar negeri.

"Saat ini ada ibu-ibu untuk mensortir (biji kopi) yang bagus dan jelek. Ada 40 warga yang menjadi pegawai," kata Ajat saat ditemui di acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di JCC, Jumat (16/12/2022).

Usaha ini didirikan tahun 2017 berawal dari Ajat yang ingin memanfaatkan resep leluhur akan teknik sangrai kopi secara manual yang menggunakan gerabah dan dipanaskan di tungku atau yang disebut dengan tembikar.

"Istimewanya ada banyak, seperti aromanya yang lebih enak karena pakai kayu bakar. Jadi mungkin ada aroma tertentulah yang lebih flavourfull, ciri khasnya," tutur Ajat.

Adapun saat ini Ajat masih terkendala dengan pemasaran produknya yang masih di sekitar keluarga maupun warga sekitar saja. Ajat juga belum mendapatkan penghasilan hingga Rp 20 jutaan, tapi produksi dari Ajat bisa dibilang cukup banyak yaitu 200 ton per tahun.

Hasil itu didapatkan dari 1.500 hektare tanaman kopi yang dimiliki oleh gabungan beberapa petani. Akan tetapi produk dari Kopi Jebreed08 sudah melanglang buana ke berbagai negara, salah satunya Rusia.

"Kita promosi juga ke Rusia bersama Dekranasda Jabar tahun 2020. Kemudian kita ikut pameran budaya kultur Indonesia bersama mahasiswa Bandung dan Tasikmalaya tahun 2020," katanya.

Kopi Jebreed08 merupakan UMKM binaan BRI dan menjadi salah satu UMKM yang berkesempatan untuk memamerkan produknya di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Ajat menuturkan semenjak bergabung dengan BRI diberikan berbagai fasilitas yang ada di rumah BUMN Tasikmalaya.

"Kita dilatih digital marketing dan semua legalitas halal secara gratis. Ada juga business matching," imbuhnya.

Sebagai informasi, seluruh rangkaian acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR melibatkan UMKM peserta untuk memberikan kesempatan meningkatkan publikasi kepada masyarakat, sehingga berdampak pada peningkatan penjualan, serta semakin menunjukkan keunikan dan kualitas produk UMKM lokal.

Rangkaian acara dan informasi terkait dapat diakses melalui www.brilianpreneur.com dan YouTube Bank BRI. Pada website tersebut seluruh masyarakat dapat menikmati virtual expo hingga area Indonesian Finest.



Simak Video "Bawa UMKM Indonesia Mendunia, BRI Selenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT