Follow detikFinance
Rabu, 27 Jun 2012 12:27 WIB

Ito Warsito, si Jagoan Pasar Modal Lulusan STAN

- detikFinance
Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) sebentar lagi mengesahkan jajaran direksi terpilih periode 2012-2015, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Dhamawangsa. Direksi yang dipimpin oleh Ito Warsito akan memimpin pasar modal dengan segala tantangannya.

Ito dipercaya Bapepam-LK melalui hasil evaluasi tim pemilihan yang dibentuk Nurhaida, selaku bos regulator pasar modal ini. Menarik disimak, kiprah Ito di dunia pasar modal, hingga kini menjadi orang nomor satu di Industri.

Pria yang selalu ramah ini mengaku sudah lama berkiprah di dunia pasar modal. Ito merupakan STAN angkatan 1980. Paska lulus dari sekolah negara ini, Ito langsung berkarir di 'Lapangan Banteng', yakni Kementerian Keuangan.

"Saya angkatan 1980. Kalau dengan Gayus (Tambunan), dia di bawah saya jauh," ujar Ito, Rabu di Jakarta.

Ito berkarir di Kemenkeu sejak tahun 1990. Usai lama berkarir sebagai PNS Lapangan Banteng, ia diperbantukan menjadi staf di PT Danareksa Sekuritas.

Karirnya makin mengkilap sejak masuk Danareksa sejak 1994 hingga 2001. Setelah puas di Danareksa, Ito pindah ke sesama BUMN Sekuritas, PT Bahana Securities.

"Setelah Danareksa saya di Bahana Holding sebagai CFO (Chief Financial Officer). Kemudian menjadi CEO di Bahana Securities," tambahnya.

Jabatan Direktur Utama pernah Ito sandang di Bahana pada periode 2003-2009. Pada pencalonan direksi BEI periode 2009, Ito berhasil mengungguli pesaingnya. Ito kala itu menggantikan posisi Erry Firmansyah yang telah menduduki kursi BEI-1 selama dua periode berturut-turut.

Ito kini memasuki periode kedua atau terakhir kepemimpinan di BEI. Periode 2012 menjadi krusial karena terdapat transisi teknologi sistem perdagangan bursa melalui Straight Through Processing (STP).

Untuk itu, Ito memegang tanggung jawab besar dan harus bekerja maksimal dalam melindungi pasar modal. Ketua Bapepam-LK, Nurhaida juga mengutarakan, direksi baru BEI harus siap menghadapi peralihan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan dalam tubuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Penting bagi BEI juga SRO, Self Regulatory Organizations perlu kerja maksimal. Ada transisi, perubahan. Perlu kuat, kredibel, dan pimpinan yang berpengalaman," jelas Nurhaida waktu itu.

Seperti diketahui, Bapepam-LK telah memilih direksi BEI. Tidak seluruh paket terpilih, melainkan hanya orang-orang yang dianggap Bapepam-LK terbaik. Praktis direksi diambil dari paket Ito Warsito dan Harry Supoyo.

Susunan Direksi BEI hasil pilihan Bapepam-LK adalah

  • Direktur Utama: Ito Warsito
  • Direktur Penilaian Perusahaan: Hoesen
  • Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia: Hamdi Hassyarbaini
  • Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan: Uriep Budhi Prasetyo
  • Direktur IT & Manajemen Risiko: Adikin Basirun
  • Direktur Pengembangan: Friderica Widyasari Dewi


(wep/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed