Follow detikFinance
Selasa, 10 Sep 2013 12:02 WIB

Mau Tahu Orang Paling Tajir di China? Ini Sosoknya

- detikFinance
Foto: Wang (Reuters) Foto: Wang (Reuters)
Shanghai - Seorang multimiliuner pemilik jaringan bioskop kedua terbesar di AS yaitu AMC Entertainment, dan baru saja membeli perusahaan galangan kapal yacht mewah di Inggris, dinobatkan sebagai orang paling kaya di China. Siapa dia?

Dia adalah Wang Jianlin, pemiliki grup konglomerasi Wanda Group, yang bergerak di berbagai sektor, mulai properti sampai ritel. Menurut Forbes, jumlah kekayaan Wang saat ini adalah US$ 14 miliar atau sekitar Rp 140 triliun.

Harta kekayaan Wang naik US$ 8 miliar atau sekitar Rp 80 triliun dalam setahun. Pemulihan sektor properti di China membuat kekayaan Wang melejit.

"Urbanisasi membuat permintaan properti di kota-kota di China meningkat," ujar Kepala Biro Forbes di Shanghai Russel Flannery dikutip dari AFP, Selasa (10/9/2013).

Russel mengatakan, urbanisasi dan peningkatan harga properti telah membuat kekayaan orang-orang di Asia meningkat, tak hanya di China saja.

Kekayaan Wang, utamanya datang dari properti komersial, yang tidak terdampak dari kebijakan pemerintah China menahan laju harga properti. Dalam 3 tahun terakhir ini, pemerintah China memang tengah mengontrol ketat kenaikan harga properti.

Pemerintah di Beijing mendorong perusahan-perusahaan China untuk kmembeli aset dan perusahaan di luar negeri, dan Wanda Group membeli AMC Entertainment tahun lalu dengan nilai US$ 2,6 miliar.

Wanda juga mengakuisisi perusahaan pembangun yacht asal Inggris bernama Sunseeker -- pembuat salah satu kapal untuk film James Bond -- pada bulan lalu. Belum sampai di situ, Wanda juga berencana membangun gedung tertinggi di London.

Di dunia, Wang menempati posisi 63 orang terkaya di dunia. Wanda didirikan Wang pada 1988 dengan total aset US$ 49 miliar. Laba perusahaan ini mencapai 10 miliar yuan tahun lalu.

Saat ini orang terkaya di dunia masih dipegang pengusaha Meksiko Carlos Slim dengan kekayaan US$ 73 miliar atau Rp 730 triliun, dan diikuti pendiri Microsoft Bill Gates dengan kekayaan US$ 67 miliar atau Rp 670 triliun.



(dnl/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed