Follow detikFinance
Jumat, 24 Jan 2014 10:57 WIB

Orang Terkaya China: Lebih Enak Berbisnis di Inggris daripada AS

- detikFinance
Davos - Wang Jianlin adalah orang terkaya di negeri China dengan harta US$ 22 miliar atau sekitar Rp 220 triliun. Pria ini lebih suka berbisnis di Inggris ketimbang di Amerika Serikat (AS). Apa alasannya?

Kemudahan perizinan dan syarat, jadi alasan utama Wang lebih memilih untuk berbisnis di Inggris.

Selama ini, Wang memang tercatat melakukan transaksi bisnis besar di Inggris, melalui perusahaannya yaitu Dalian wanda Group. Juni 2013 lalu, Wang membeli perusahaan pembuat yacht asal Inggris yaitu Sunseeker dengan harga US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 16 triliun. Sunseeker merupakan pembuat kapal untuk film-film James Bond.

Kemudian, Wang juga berencana membangun hotel bintang 5 dan kompleks apartemen di London.

Pada 2012 lalu, Wang pernah membeli sebuah perusahaan sinema besar asal AS yaitu AMC Entertainment Holdings (AMC) senilai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 26 triliun. Lewat AMC, Wang mulai merambah bisnis perfilman.

"Bila kita bandingkan (AS dengan Uni Eropa), AS memang lebih terbuka dibangun Uni Eropa. Tapi Inggris lah yang paling terbuka," kata Wang dikutip dari CNN, Jumat (24/1/2014).

Wang mengatakan, dirinya akan terus meningkatkan investasi di Inggris. Rencana ini muncul setelah para politisi Inggris berencana untuk meningkatkan hubungan perdagangan dengan China yang memiliki 1,4 miliar jiwa penduduk.

Pada akhir 2013 lalu, Perdana Menteri Inggris David Cameron mendatangi China untuk misi bisnis, untuk meningkatkan hubungan dagang.

September 2013 lalu, Wang melalui Wanda Group mengumumkan rencana investasi US$ 8,2 miliar atau Rp 82 triliun untuk membangun kompleks hiburan di Qingdao, China. Proyek ini meliputi studio film, taman hiburan, dan hotel.



(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed