Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 22 Feb 2015 10:35 WIB

Orang Terkaya Ketiga Dunia Beli Pabrik Sparepart Motor Rp 5 Triliun

- detikFinance
Warren Buffett (Foto: CNN) Warren Buffett (Foto: CNN)
Jakarta - Orang kaya ketiga di dunia, Warren Buffet, merambah bisnis otomotif. Buffet baru saj‎a membeli perusahaan perlengkapan sepeda motor asal Jerman, Devlet Louis Motorrad, senilai US$ 452 juta (Rp 5,4 triliun).

Devlet memproduksi berbagai keperluan sepeda motor seperti helm, pakaian, suku cadang (sparepart), dan sebagainya. Selain online, perusahaan ini juga menjual produk-produknya di jaringan toko yang tersebar di Jerman dan Austria.

Pada tahun 2013, Davlet meraup keuntungan US$ 306 juta‎ (Rp 3,7 triliun) dan mempekerjakan lebih dari 1.500 orang.

Dikutip dari CNN, Minggu (22/2/2015), Buffet ingin mengakuisisi perusahaan di luar Amerika Serikat (AS). Orang dengan kekayaan Rp 871 triliun ini melihat beberapa peluang untuk mengakuisisi perusahaan di Eropa.

"Ada ratusan juta orang di Eropa. Pendapatannya tinggi, orangnya produktif. Jadi ini tempat yang sangat baik," kata bos perusahaan investasi Berkshire Hathaway‎ ini.

"AS adalah cinta pertama saya. Tapi saya melihat peluang yang memukau di Eropa," sambungnya.

Tak hanya Buffet, sejumlah investor asal AS lain pun melihat Eropa sedang jadi tempat favorit. Peraih nobel ekonomi Robert Chiller belakangan mulai berinvestasi di pasar saham italia dan Spanyol

"Saya berpikir untuk keluar dari AS. (Berinvestasi di) Eropa jauh lebih murah," kata Shiller.

(zul/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com